Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Menu Boot F12 Tidak Berfungsi di Windows 10/11

 


Tombol F12 berfungsi sebagai pintu masuk ke menu boot di Windows, tetapi karena alasan tertentu, banyak pengguna mungkin tidak dapat mengaksesnya. Ini sangat merepotkan ketika anda menginstall beberapa OS pada PC anda dimana anda tidak akan dapat mengakses menu dual boot pada Windows Boot Manager. Pada artikel ini, saya akan membantu anda apa yang harus anda lakukan jika menu boot F12 tidak berfungsi di Windows 10 atau Windows 11 anda.




Memperbaiki Menu Boot F12 Tidak Berfungsi di Windows 10/11


Di bagian ini, kita akan melihat tiga perbaikan yang dapat membantu anda jika menu boot F12 tidak berfungsi di Windows 10 atau Windows 11 anda.



1. Tekan Terus Tombol F12


Beberapa system menjalani proses booting terlalu cepat dan tidak dapat mendaftarkan penekanan tombol F12. Untuk melakukan ini, anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Matikan PC Windows anda dari Start menu.
  • Sekarang, hidupkan PC anda menggunakan tombol Power.
  • Kemudian, tekan terus tombol F12 segera setelah anda menekan tombol Power.


Sekali lagi, anda harus terus menekan tombol F12 segera setelah anda menekan tombol Power.



2. Periksa Apakah Tombol F Diatur ke Enabled atau Multimedia di BIOS


Tombol F dapat diatur untuk digunakan pada kontrol multimedia atau fungsi di BIOS. Jika tombol F diatur ke multimedia, maka ini akan menyebabkan masalah.

  • Tekan dan tahan tombol Shift saat me-restart PC anda dari Start menu Windows.
  • Di jendela Windows Recovery, pergi ke Troubleshoot - Advanced options - UEFI Firmware Settings. (Jika UEFI Firmware Settings hilang, artikel ini akan membantu anda).
  • Sekarang, klik Restart.


  • Di BIOS, klik tab Main dari bar atas.
  • Sekarang, aktifkan F12 Boot Menu ke Enabled dan ubah Function key behavior menjadi Function key.
  • Kemudian, simpan perubahan dan restart komputer anda.




3. Tekan Tombol Fn + F12


Tombol Fn memicu fungsi tambahan dari tombol F12. Jika tombol Fungsi diatur untuk menjalankan fungsi media secara default, maka menekan tombol Fn + F12 akan memicu tindakan alternatif yaitu masuk ke menu boot. Jadi, saat me-reboot PC anda, coba tekan tombol Fn + F12 untuk masuk ke menu boot.



TIPS: Anda dapat membuat menu boot selalu muncul tanpa menekan F12 dengan menjalankan perintah di Command Prompt dengan hak admin. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan tombol Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak administrator. Atau anda juga dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin dan memilih Command Prompt.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut dan tekan Enter.
bcdedit /set {bootmgr} displaybootmenu yes



Saya harap artikel ini bermanfaat bagi anda dan dapat memperbaiki sendiri masalahnya.

Bagaimana cara masuk ke Menu Boot tanpa F12?
Anda dapat mengakses menu boot tanpa F12 menggunakan Windows Recovery. Boot PC ke recovery dengan masuk ke System - Recovery. Setelah dalam recovery, buka Troubleshoot - Advanced Options - UEFI Firmware Settings. Sekarang klik Restart. Ini akan membawa anda ke BIOS dan kemudian anda dapat mengakses menu boot.

Bagaimana cara memperbaiki tidak ada USB boot option?
Anda harus masuk ke BIOS terlebih dahulu untuk memperbaiki masalah tidak ada USB boot option. Untuk itu, masuk ke tab Boot dari bar atas di BIOS. Di sana, aktifkan USB boot support dan nonaktifkan Secure Boot. Ini akan memberi anda opsi untuk melakukan booting melalui USB drive. Pastikan drive dapat di-boot dan dikonfigurasi dengan benar.

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Menu Boot F12 tidak berfungsi di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti artikel ini. Anda juga dapat merequest tutorial yang anda butuhkan. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Menu Boot F12 Tidak Berfungsi di Windows 10/11"