Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error The Driver for this device might be corrupted or System may be low on memory (Code 3)

 


Jika anda tiba-tiba mulai menghadapi perlambatan pada PC Windows anda dan anda mencurigai adanya masalah hardware atau driver, maka anda mungkin ingin membuka Device Manager. Jika anda melihat pesan error pada tab General di jendela properties perangkat dengan error code 3, maka berikut beberapa hal dasar yang dapat anda lakukan untuk memperbaiki masalah ini.


Saat masalah ini terjadi, anda akan melihat pesan error lengkap seperti berikut ini.

The driver for this device might be corrupted, or your system may be running low on memory or other resources. (Code 3)




Memperbaiki Error The Driver for this device might be corrupted or System may be low on memory (Code 3)


Berikut ini, ada beberapa solusiyang dapat membantu anda memperbaiki error Device Manager The Driver for this device might be corrupted or System may be low on memory (Code 3) pada Windows 10 atau Windows 11 anda. Mari kita lihat solusinya secara terperinci.



1. Tutup Beberapa Aplikasi


Masalah khusus ini terutama terjadi ketika anda memiliki RAM yang tersedia rendah dan anda telah membuka banyak aplikasi secara bersamaan. Jika demikian, tutup beberapa aplikasi yang terbuka untuk mengosongkan resource. Satu hal yang dapat anda periksa sebelum menutup aplikasi apapun adalah membuka Task Manager dan memeriksa apakah system anda menggunakan resource yang tinggi atau tidak. Jika ya, maka mulailah menutup beberapa aplikasi berdasarkan penggunaannya. Anda cukup memilih programnya, kemudian klik kanan padanya dan klik End Task.




2. Uninstall dan Install Ulang Driver


Jika menurut anda driver perangkat mungkin rusak, maka uninstall driver tersebut, kemudian scan hardware baru untuk menginstall driver kembali. Untuk melakukan ini, anda harus mengklik menu Action di Device Manager dan klik Scan for hardware changes.

  • Tekan tombol Win + X dan tekan M untuk membuka Device Manager.
  • Di jendela Device Manager, temukan driver perangkat yang rusak, kemudian klik kanan padanya dan pilih Uninstall devices.
  • Kemudian, klik Uninstall pada jendela konfirmasi.
  • Setelah proses uninstall selesai, klik menu Action dan pilih Scan for hardware changes. Anda juga dapat merestart komputer anda. Ini akan menginstall driver yang hilang.




3. Pasang Lebih Banyak RAM


Jika komputer Windows anda tidak memiliki cukup memory untuk menjalankan driver, anda perlu menutup beberapa aplikasi agar memory tersedia. Buka System Information untuk memeriksa memory dan resource system anda. Periksa apakah anda perlu memasang RAM tambahan.




Semoga sesuatu disini membantu anda memperbaiki masalah ini.


Sekian artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error The Driver for this device might be corrupted or System may be low on memory (Code 3) di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti artikel ini. Anda juga dapat merequest tutorial yang anda butuhkan. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error The Driver for this device might be corrupted or System may be low on memory (Code 3)"