Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Laptop Hidup Kemudian Mati Setelah Beberapa Detik

 


Apakah laptop Windows anda hidup dan kemudian mati setelah beberapa detik? Itu adalah masalah yang buruk karena anda tidak dapat lagi mengakses laptop dan menyelesaikan pekerjaan anda. Namun, masalah seperti ini pada laptop dapat terjadi karena berbagai alasan. Masalah ini ada yang bersifat sementara dan ada pula yang rumit, seperti karena kegagalan hardware. Jika anda juga mengalami hal yang sama, maka beberapa solusi berikut dibawah ini akan membantu anda mengidentifikasi dan mengatasi masalah tersebut.



Memperbaiki Laptop Hidup Kemudian Mati Setelah Beberapa Detik


Jika laptop Windows anda hidup dan kemudian mati setelah beberapa detik, maka berikut beberapa solusi yang disarankan untuk memperbaiki masalah ini.



1. Periksa Apakah Laptop Anda Overheat


Salah satu alasan utama laptop anda mati adalah shutdown termal. Shutdown termal terjadi ketika suhu internal laptop anda sangat kritis. Jadi, untuk melindungi komponen hardware dari kerusakan akibat panas, maka laptop secara otomatis akan mematikan perangkat.



Cara terbaik untuk memeriksa apakah laptop anda overheat adalah dengan meletakkan tangan anda di bawahnya dan melihat apakah laptopnya panas. Jika itu yang dialami, maka cek terlebih dahulu apakah kipas laptop berputar. Jika tidak berputar, maka pertimbangkan untuk mencari bantuan profesional.


Jika laptop anda tidak memiliki kipas pendingin, maka pertimbangkan untuk menyediakan pendinginan yang memadai. Cooling pad laptop dapat membantu anda menjaga suhu secara keseluruhan.



2. Periksa Sumber Listrik


Selanjutnya, periksa sumber listrik dan pastikan laptop anda mendapat daya yang memadai. Seiring waktu, baterai laptop anda mungkin rusak dan tidak dapat menampung cukup daya untuk menghidupkan laptop anda. Anda juga dapat mengisi daya laptop anda selama satu jam dan kemudian mencoba menyalakannya kembali.



Jadi, jika anda menjalankan laptop hanya dengan baterai, maka pertimbangkan untuk mengisi dayanya dengan charger sebelum mencoba menyalakannya di laptop anda.


Selain itu, pastikan charger anda tidak rusak dan sumber listrik anda dapat memberikan output daya yang cukup.



3. Investigasi Hardware


Jika kedua saran diatas tidak menyelesaikan masalah, sekarang saatnya melakukan penyelidikan pada hardware yang mendalam untuk menentukan penyebabnya. Namun, pertimbangkan untuk melewatkan langkah ini jika anda merasa tidak nyaman bermain-main dengan bagian hardware.


Jika anda tetap ingin melakukannya sendiri, maka ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Pertama, cabut charger dan keluarkan baterai dari laptop anda.
  • Kemudian, gunakan obeng untuk membuka panel belakang laptop anda dan mengeluarkan memory, hard drive dan card seperti WiFi.
  • Selanjutnya, hubungkan laptop anda ke listrik menggunakan charger. dan hidupkan laptop anda.
  • Jika laptop anda mati dalam waktu 3 detik, maka kemungkinan ada masalah pada motherboardnya. Jadi, akan lebih baik jika mencari bantuan profesional.
  • Jika laptop anda tidak bisa mati lagi, maka pasang kembali semua komponen yang anda lepaskan satu per satu sambil menyalakan laptop anda. Lihat apakah laptop anda bisa mati atau tidak.




Laptop hidup dan mati setelah beberapa detik lebih merupakan masalah hardware. Jadi, jika anda gagal memperbaiki laptop anda dengan mengubah sumber listrik dan baterai, maka pertimbangkan untuk mendapatkan bantuan profesional. Jika laptop anda masih dalam garansi, hubungi dukungan pelanggan untuk bantuan terbaik.


Bagaimana caranya agar laptop saya tidak dimatikan secara paksa?

Ada beberapa penyebab mengapa laptop anda mati secara paksa. Pastikan kabel power anda terpasang dengan benar ke laptop anda untuk memperbaikinya. Selain itu, pastikan anda tidak menggunakan charger atau baterai yang rusak. Selanjutnya, pastikan laptop anda memiliki ventilasi yang baik dan tidak terlalu panas.


Bagaimana saya tahu jika power supply saya buruk?

Jika power supply mengisi daya lebih lambat dari biasanya, tidak berfungsi dengan baik dengan perangkat lain dan laptop anda tidak mengisi daya dalam waktu lama, maka power supply tersebut buruk.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki laptop hidup kemudian mati setelah beberapa detik. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Laptop Hidup Kemudian Mati Setelah Beberapa Detik"