Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Komputer Windows Tidak Dapat Booting Saat Hard Drive Kedua Terpasang

 


Sebagian besar komputer Windows 10 atau Windows 11 dikonfigurasi untuk melakukan booting dari drive C atau System. Namun, jika system anda terhubung ke hard drive kedua dan anda mendapati system tidak dapat booting dalam keadaan ini, maka artikel ini akan membantu anda mengatasi masalah tersebut.



Memperbaiki Komputer Windows Tidak Dapat Booting Saat Hard Drive Kedua Terpasang


Jika komputer Windows 10 atau Windows 11 anda tidak dapat booting saat hard drive kedua terpasang, maka pertama-tama pastikan drive tersebut berfungsi dengan baik dan tidak ada masalah dengannya. Setelah melakukannya, cobalah saran berikut ini.



1. Periksa Koneksi Secara Fisik


Ada kemungkinan besar anda meninggalkan kabel yang kendor saat memasang hard drive baru. Untuk memeriksanya, matikan PC anda, cabut kabel power dan buka casingnya. Pastikan tidak ada kabel yang kendor. Hard drive pada dasarnya memiliki 2 kabel yaitu kabel SATA dan kabel Power


Jika salah satu dari keduanya tidak terhubung dengan baik atau longgar, maka BIOS tidak akan mengenali drive tersebut dan komputer tidak akan dapat menggunakannya untuk booting.




2. Ubah Urutan Booting


Boot ke BIOS dan periksa urutan booting hard drive. Jika peringkat USB lebih tinggi dalam urutan boot, maka hal ini dapat menyebabkan masalah ini. Anda akan mengalami masalah serupa saat mencoba menyambungkan hard drive USB lain ke PC anda. Jadi, pastikan untuk memindahkan USB-HDD atau USB di bawah Harddisk aslinya. Setelah itu, reboot dan periksa apakah masalah telah teratasi.

  • Restart komputer anda dan masuk ke BIOS anda.
  • Di menu BIOS, alihkan ke tab Boot atau Boot Order atau Boot Configuration menggunakan tombol panah. Opsi ini akan berbeda di setiap perangkat sesuai dengan pabrikan perangkat anda.
  • Setelah anda mencapainya, anda akan melihat daftar perangkat yang dapat dipilih sebagai Boot Option.
  • Sekarang, pilih disk boot Windows anda dan tekan Enter.
  • Sekarang, gunakan tombol panah di keyboard untuk memindahkannya ke bagian atas untuk memprioritaskannya.
  • Setelah itu, simpan dan keluar dari pengaturan BIOS menggunakan tombol F10 dan Y.




3. Hapus File boot.ini


Telah diamati bahwa saat anda mengcopy file antar komputer atau perangkat lain, beberapa file system tersembunyi dapat dicopy ke drive eksternal, sehingga mengakibatkan error ini.


Coba sambungkan hard drive eksternal anda ke system lain, buka File Explorer dan lihat apakah anda dapat menemukan file tersembunyi yang disimpan di direktori root. Misalnya, jika anda melihat file boot.ini, maka Windows akan mengenali USB anda sebagai perangkat boot. Jadi, hapus file tersebut.



4. Update Driver HDD


Solusi selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah mengupdate driver perangkat anda ke versi terbaru yang tersedia. Anda dapat mendownload driver langsung dari website produsen atau melakukannya melalui jendela Setting Windows.



5. Jalankan Hardware and Devices Troubleshooter


Hubungkan hard drive ke komputer Windows 10 atau Windows 11 lain, kemudian jalankan Hardware and Devices Troubleshooter dan lihat. Ini akan secara otomatis memeriksa dan memperbaiki masalah jika ada.




6. Jalankan Startup Repair


Jika Windows anda gagal dimuat atau dijalankan dan macet, maka coba jalankan Automatic Repair. Ini memperbaiki sebagian besar masalah booting Windows 10 dan Windows 11.




Jadi, jika anda telah menghubungkan hard drive kedua ke PC Windows anda dan ingin melakukan booting dari hard drive tersebut, anda perlu mengupdate urutan booting di pengaturan BIOS. Jika anda telah mengupdate urutan booting di pengaturan BIOS dan masih menghadapi masalah, kemungkinan ada masalah dengan drive. Solusi yang disebutkan di atas akan memperbaiki masalah ini.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki komputer Windows tidak dapat booting Saat hard drive kedua terpasang di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Komputer Windows Tidak Dapat Booting Saat Hard Drive Kedua Terpasang"