Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error Invalid file handle Saat Delete, Rename, Copy di Windows 10/11


Jika anda mendapatkan pesan error Invalid file handle selama operasi rename, delete, copy atau lainnya di Windows 11/10/8/7, maka berikut adalah beberapa solusi sederhana yang akan membantu anda memperbaiki masalah ini dalam beberapa saat. Masalah ini terjadi ketika system anda mencoba menjalankan operasi pada folder atau file yang menggunakan kata-kata berikut ini.

CON, PRN, AUX, NUL, COM1, COM2, COM3, COM4, COM5, COM6, COM7, COM8, COM9, LPT1, LPT2, LPT3, LPT4, LPT5, LPT6, LPT7, LPT8 dan LPT9.


Jika anda mencoba membuat atau mengganti nama folder atau file dengan kata-kata khusus ini, maka anda akan mendapatkan error The specified device name is invalid. Ini terjadi karena kata-kata tersebut adalah kata-kata yang diperuntukkan bagi system operasi Windows dan anda tidak dapat menggunakannya seperti kata lainnya. Jika anda memiliki file atau folder dengan kata-kata seperti itu di komputer lain yang menjalankan OS non-Windows dan kemudian anda mencoba meng-copy atau mengganti namanya di system operasi Windows, maka anda akan melihat pesan error ini.




Memperbaiki Error Invalid file handle Saat Delete, Rename, Copy di Windows 10/11


Jika anda melihat pesan error Invalid file handle saat menghapus, mengganti nama atau meng-copy file, maka anda dapat menggunakan beberapa solusi berikut ini dan melihat solusi mana yang dapat menyelesaikan masalah anda.


Di bawah ini, saya telah menjelaskan semua perbaikan ini secara mendetail.



1. Cobalah untuk Menghapus File dalam Safe Mode


Safe Mode adalah mode pemecahan masalah di komputer Windows 10 dan Windows 11 yang membantu anda menemukan penyebab masalah yang anda alami di komputer Windows anda. Dalam Safe Mode, Windows akan melakukan booting hanya dengan driver penting. Jika anda tidak dapat menghapus file karena pesan error ini, maka saya menyarankan anda untuk mem-boot komputer anda dalam Safe Mode dan kemudian menghapus file di sana. Lihat apa yang terjadi dalam Safe Mode.



2. Jalankan Beberapa Perintah di Command Prompt


Jika masalah tidak teratasi dalam Safe Mode, maka anda dapat menggunakan Command Prompt. Meskipun anda dapat menggunakan tombol Skip, jika ada beberapa file atau folder seperti itu, maka anda dapat menggunakan Command Prompt. Anda dapat menggunakan Command Prompt untuk mengelola file dan folder termasuk untuk menghapus, mengcopy dan lainnya. Ada perintah Command Prompt sederhana yang akan menghapus folder dan semua file di dalam folder tersebut.


Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.

  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut dan tekan Enter. Ganti file-folder-path dengan jalur file atau folder yang ingin anda hapus.
rd \\.\file-folder-path /S /Q

Penjelasan:
  • Perintah rd akan menghapus direktori atau folder.
  • \\. perintah ini digunakan untuk memilih komputer saat ini.
  • /S membantu anda menghapus semua subdirektori dan file yang ada di folder CON.
  • /Q tidak wajib karena membantu anda menghapus semuanya secara diam-diam. Jika anda memasukkan ini, anda tidak akan mendapatkan pesan konfirmasi apapun.
  • Anda harus memasukkan jalur file/folder lengkap.

Sebagai contoh, jika anda memiliki folder bernama CON di Desktop anda, maka jalurnya akan muncul seperti berikut ini.
C:\Users\<user_name>\Desktop\Mastertipsorialindo\CON

Maka, perintah lengkapnya akan terlihat seperti berikut ini.
rd \\.\C:\Users\<user_name>\Desktop\Mastertipsorialindo\CON /S /Q


Jika error ini terjadi karena alasan lain, maka gunakan perintah yang berikut ini.
FSUTIL reparsepoint delete C:\Users\<user_name>\Desktop\File_Name
DEL C:\Users\<user_name>\Desktop\File_Name

Perintah ini akan menghilangkan fungsionalitas titik reparse yang diperluas.

Anda sekarang dapat menghapus file tersebut.


3. Gunakan Software File Deleter Pihak Ketiga

Jika masalah masih berlanjut, maka anda dapat menggunakan software File Deleter pihak ketiga untuk menghapus paksa file tersebut. Ada banyak tool gratis yang tersedia untuk komputer Windows 10 dan Windows 11 seperti Free File Unlocker, Tizer Unlocker, Emco Unlock It, Delete Doctor, Wise Force Deleter, Unlocker, IObit Unlocker atau lainnya yang memungkinkan anda menghapus paksa file yang tidak dapat anda hapus dari system anda melalui menu konteks klik kanan atau dengan menekan tombol Delete. Anda dapat menginstall software ini untuk membantu anda.



Semoga ini berhasil untuk anda.

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error Invalid file handle saat delete, rename, copy di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!! 

Post a Comment for "Memperbaiki Error Invalid file handle Saat Delete, Rename, Copy di Windows 10/11"