Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Capability Access Manager Service Menggunaan CPU yang tinggi di Windows 10/11

 


Beberapa pengguna atau gamer PC telah melaporkan masalah ketika mereka menjalankan aplikasi atau game tertentu (terutama franchise game Saints Row) di komputer Windows 10 atau Windows 11, mereka melihat penggunaan CPU yang tinggi oleh Service Host: Capability Access Manager Service. Artikel ini menawarkan saran tentang apa yang dapat dilakukan untuk mengurangi masalah ini.


Menurut beberapa pengguna PC yang terkena dampak, ketika masalah ini terjadi, mereka melihat di Task Manager bahwa sementara aplikasi lain menggunakan antara 0 hingga 5% CPU, Service Host: Capability Access Manager Service menggunakan antara 80 hingga 100% CPU.



Apa itu Service Host: Capability Access Manager Service?

Capability Access Manager Service bertugas menentukan apakah aplikasi tertentu diizinkan untuk menggunakan kamera dan mikrofon dan memberi mereka izin yang diperlukan. Ini menyediakan fasilitas untuk mengelola akses aplikasi UWP ke kemampuan aplikasi serta memeriksa akses aplikasi ke kemampuan aplikasi tertentu. Aplikasi UWP tidak akan berfungsi dengan baik jika Capability Access Manager Service tidak beroperasi.



Memperbaiki Capability Access Manager Service Menggunaan CPU yang tinggi di Windows 10/11


Jika anda melihat Service Host: Capability Access Manager Service penggunaan CPU yang tinggi saat anda menjalankan aplikasi atau game tertentu di system Windows 10 atau Windows 11, anda dapat mengikuti saran yang diuraikan dibawah ini dan melihat apakah itu membantu anda menyelesaikan masalah di komputer anda.


Mari kita lihat deskripsi proses yang berkaitan dengan masing-masing solusi yang terdaftar. Sebelum anda melanjutkan dengan langkah-langkah mitigasi, pastikan Windows anda telah diupdate, jalankan System File Checker, jalankan full scan AV system, kemudian restart PC anda dan lihat apakah masalah masih berlanjut.



1. Nonaktifkan Service SysMain (Superfetch) dan Capability Access Manager Service (camsvc)


Solusi ini mengharuskan anda menonaktifkan service SysMain (Superfetch) dan Capability Access Manager Service di Windows Services Manager. Ingatlah bahwa karena sifat atau fungsi umum camsvc, menonaktifkan service khusus ini berpotensi menyebabkan ketidakstabilan system terutama dengan aplikasi lain yang diinstall. Dalam hal ini, anda mungkin ingin mengaktifkan kembali service dan melanjutkan dengan solusi lain yang disajikan dalam artikel ini.


Untuk menonaktifkan dua service yang disebutkan di solusi ini, ikuti langkah-langkah berikut.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik services.msc dan tekan Enter untuk membuka Services Windows.
  • Di jendela Services, temukan dan klik dobel pada masing-masing service SuperFetch atau SysMain dan Capability Access Manager Service.
  • Di jendela properties masing-masing service, ubah Startup type menjadi Disabled, kemudian klik Apply dan OK untuk menyimpannya.



Jika anda menonaktifkan service Service Host: Capability Access Manager Service, pengguna dapat mencegah system lemot yang disebabkan oleh service. Penting untuk diperhatikan bahwa menonaktifkan service dapat menyebabkan fitur tertentu menjadi tidak tersedia.


Jika anda menonaktifkan SuperFetch atau SysMain, maka tidak akan menimbulkan masalah berarti sama sekali pada system anda. Itu saja: Anda akan melihat beberapa aplikasi yang sering digunakan dimulai dengan lambat dan jumlah RAM kosong tersedia akan bertambah.



2. Pecahkan Masalah dalam Clean Boot


Anda dapat memecahkan masalah dalam Clean Boot dan melihat apakah masalah yang dihadapi telah teratasi. Jika tidak, coba solusi berikutnya. Jika software atau game berjalan lancar dalam status Clean Boot, maka anda mungkin perlu mengaktifkan satu per satu proses secara manual dan melihat pelaku mana yang menimbulkan masalah bagi anda. Setelah anda mengidentifikasinya, anda perlu menonaktifkannya atau menguninstall software yang menggunakan proses pelaku.




3. Rollback Upgrade Windows


Karena sebagian besar pengguna PC yang terkena dampak melaporkan bahwa mereka mulai mengalami masalah setelah mengupgrade system mereka ke Windows 11, maka solusi ini mengharuskan anda untuk mengembalikan upgrade Windows anda dan melihat apakah itu membantu.




Mengapa CPU saya berjalan 100%?

Penggunaan CPU yang mencapai 100% dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti harddisk yang rusak, virus/malware, atau software yang terlalu banyak menggunakan CPU. Menjalankan dalam waktu lama di atas 85 derajat dapat merusak CPU anda secara serius. Jika CPU anda mencapai suhu tinggi, anda mungkin mengalami thermal throttling. Ketika suhu CPU mencapai sekitar 90 derajat, CPU secara otomatis akan melakukan self-throttle, memperlambat dirinya sendiri hingga menjadi dingin.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Capability Access Manager Service menggunaan CPU yang tinggi di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Capability Access Manager Service Menggunaan CPU yang tinggi di Windows 10/11"