Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu SuperFetch (SysMain) Windows Dan Bagaimana Menonaktifkannya


Tidak semua fitur yang ada di Windows 10 atau Windows 11 ada hanya untuk mengambil ruang. Ada berbagai fitur yang dimiliki Windows 10 atau Windows 11 yang sangat berguna. SuperFetch (SysMain) misalnya. Ini adalah fitur yang sudah ada sejak Windows Vista dan masih tersedia di Windows 10 dan Windows 11 yang berganti nama menjadi SysMain.

Kegunaan fitur ini adalah membantu dan membuat rutinitas anda lebih mudah dan lebih cepat. Banyak pengguna mungkin tidak tahu fitur ini bahkan ada, tetapi hal ini pasti layak untuk dicari.


Apa itu SuperFetch (SysMain)

SuperFetch (SysMain) dirancang untuk membuat pengalaman komputer anda lebih cepat. Secara default, Superfetch secara otomatis berjalan ketika booting Windows dan selalu bekerja di latar belakang dan mengevaluasi aplikasi yang paling sering anda gunakan dan juga berapa banyak RAM yang anda gunakan.

Saat berikutnya anda memulai PC anda, maka akan preload aplikasi ini di memori. Ketika anda ingin menggunakan aplikasi ini, mereka akan diluncurkan lebih cepat.

SuperFetch (SysMain) menggunakan semua memori yang tidak terpakai dengan aplikasi yang dimuat sebelumnya, tetapi ini tidak berarti akan selalu menggunakan jumlah yang sama. Jika anda mengaktifkan aplikasi yang belum pernah digunakan, itu akan melepaskan memori yang perlu anda siapkan dan menggunakan aplikasi itu dan seterusnya.


Mengapa Anda Mungkin Ingin Menonaktifkan SuperFetch (SysMain)

Meskipun SuperFetch (SysMain) adalah fitur yang berguna, itu juga berarti komputer anda bekerja lebih keras di latar belakang, yang berarti RAM dan penggunaan CPU lebih tinggi.

Jika anda seorang gamer, ada kemungkinan anda tidak ingin mengaktifkan SuperFetch (SysMain). Ini dapat membuat game anda lamban, terutama jika komputer anda hanya memiliki RAM 4GB atau kurang.


Cara Menonaktifkan SuperFetch (SysMain) di Windows 10/11

Anda dapat menggunakan salah satu metode berikut untuk menonaktifkan SuperFetch (SysMain) di Windows 10 atau Windows 11 anda.


1. Nonaktifkan SuperFetch Menggunakan Services Windows

Jika anda merasa bahwa SuperFetch lebih berbahaya daripada baik, menonaktifkannya mungkin membantu.
  • Untuk menonaktifkannya, cari aplikasi Services di Search Windows atau dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik services.msc dan tekan Enter.
  • Di jendela Services, temukan dan klik dobel pada service SuperFetch atau SysMain di panel kanan.


  • Setelah anda mengklik doble di atasnya, jendela SuperFetch (SysMain) Properties akan muncul. Di tengah jendela anda akan melihat opsi Startup type, dan di sampingnya ada menu dropdown. Klik menu dan pilih Disable.
  • Setelah itu klik Apply dan OK untuk menyimpan pengaturan anda.



2. Nonaktifkan SuperFetch (SysMain) Menggunakan Registry Editor

Jika anda lebih suka menonaktifkan SuperFetch (SysMain) dengan menggunakan Registry Editor, anda terlebih dahulu membackup registry atau membuat system restore point. Setelah itu, ikuti langkah-langkah dibawah ini.
  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.


  • Ketika jendela Registry Editor muncul, telusuri jalur berikut dibawah ini.
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Session Manager\Memory Management\PrefetchParameters


  • Di kotak sebelah kanan anda akan melihat opsi EnableSuperfetch. Klik doble di atasnya, dan ubah angka Value data menjadi 0 (nol). Klik OK untuk menyimpan perubahan. Dan sekarang seharusnya SuperFetch (SysMain) sudah dinonaktifkan.


  • Anda perlu merestart komputer anda untuk menerapkan perubahan.

Kesimpulannya adalah, bahwa SuperFetch (SysMain) adalah fitur yang berguna kecuali jika itu membuat komputer anda terganggu untuk digunakan, anda harus tetap mengaktifkannya. Keputusan akhir adalah milik anda, tetapi saya sarankan anda untuk mematikannya dan melihat bagaimana segala sesuatunya berjalan tanpa itu. Jika anda tidak melihat banyak perbedaan, aktifkan kembali.

Menurut anda, apa yang akan anda lakukan dengan fitur ini? Apakah sebaiknya di nonaktifkan atau tidak? Bagikan pemikiran anda di kolom komentar di bawah ini.GBU

Post a Comment for "Apa itu SuperFetch (SysMain) Windows Dan Bagaimana Menonaktifkannya"