Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Laptop Tidak Hidup Saat di Cas

 


Jika laptop Windows 10 atau Windows 11 anda tidak mau hidup saat di cas, maka berikut beberapa perbaikan yang harus anda coba untuk mengatasinya. Menurut laporan, pengguna tidak dapat menyalakan laptopnya saat tersambung ke charger dan power supply menyala. Biasanya, masalah seperti ini terjadi karena kesalahan hardware.



Memperbaiki Laptop Tidak Hidup Saat di Cas


Jika laptop Windows 10 atau Windows 11 anda tidak mau hidup saat di cas, maka beberapa sarang dibawah ini akan membantu anda.


1. Lakukan Hard reset Laptop Anda


Langkah pertama anda untuk mengatasi masalah ini adalah melakukan hard reset. Masalah seperti ini terjadi karena sisa muatan pada kapasitor. Mereset laptop anda secara paksa akan menghabiskan sisa muatan tersebut. Langkah-langkah untuk melakukannya adalah sebagai berikut.

  • Matikan laptop anda sepenuhnya.
  • Kemudian putuskan sambungan semua periferal pada laptop anda.
  • Setelah itu, lepaskan baterai. Jika laptop anda memiliki baterai yang tidak dapat dilepas, maka anda dapat melewati langkah ini.
  • Sekarang, tekan dan tahan tombol Power selama 30 hingga 45 detik.
  • Setelah itu, masukkan kembali baterai.


Beberapa laptop juga memiliki tombol reset seperti lubang jarum. Jika laptop anda memiliki tombol reset ini, maka masukkan pin ke dalam lubang jarum ini dan tekan untuk melakukan hard reset. Setelah anda melakukan salah satu metode diatas, sambungkan charger dan hidupkan laptop anda.




2. Nyalakan Laptop Anda Tanpa Baterai


Baterai anda mungkin rusak. Saya menyarankan anda untuk melepas baterai laptop anda dan kemudian menghubungkan charger. Sekarang, hidupkan power supply dan hidupkan laptop anda. Jika laptop anda menyala kali ini, maka anda mungkin perlu mengganti baterai laptop anda.




3. Coba Charger Lain (jika tersedia)


Masalahnya mungkin juga terkait dengan charger laptop anda. Untuk mengonfirmasi hal ini, sambungkan charger lain (jika tersedia). Jika laptop anda melakukan booting kali ini, maka anda mungkin perlu mengganti charger anda.


Laptop juga memiliki indikator baterai. Indikator ini menyala setiap kali anda menghubungkan charger dan menghidupkan catu daya. Lihat apakah menyala setelah menghubungkan power supply. Jika indikator tidak menyala berarti laptop anda tidak mendapatkan pasokan listrik untuk mengisi baterai. Jika indikator baterai menyala tetapi laptop anda tidak menyala, mungkin ada kesalahan hardware.


Anda juga perlu memperhatikan suara beep. Jika anda mendengar bunyi beep saat menyambungkan charger, ini menunjukkan adanya kesalahan hardware. Dalam hal ini, anda perlu memecahkan kode beep untuk mengetahui masalah hardware yang sebenarnya pada laptop anda. Laptop dari berbagai merek menunjukkan masalah hargware yang berbeda dengan kode beep yang berbeda.



4. Masalahnya Mungkin Ada Pada Motherboard


Jika tidak ada perbaikan di atas yang berhasil, kemungkinan besar terjadi kesalahan hardware. Jika baterai laptop anda terkuras habis dan tidak mau hidup setelah menghubungkan charger, komponen hardware pada motherboard anda mungkin rusak. Sekarang, masalahnya berada di luar jangkauan anda. Carilah teknisi perbaikan komputer profesional untuk memperbaiki masalah ini.




Itu dia. Semoga membantu.


Bagaimana cara menghidupkan laptop saya jika tidak mau hidup?

Ada banyak alasan mengapa laptop anda tidak mau hidup. Jika laptop anda tidak menyala, anda dapat mencoba berbagai perbaikan, seperti melakukan hard reset, memasang kembali RAM, menyalakan laptop anda tanpa baterai, mereset CMOS dan lainnya.


Bisakah saya menghidupkan laptop yang mati?

Itu tergantung pada kesalahannya. Jika laptop tidak menyala karena baterai rusak, maka mengganti baterai dapat mengatasi masalah tersebut. Jika terjadi kesalahan hardware, anda hanya dapat menghidupkan kembali laptop anda setelah memperbaiki kesalahan hardware tersebut. Jika laptop tidak hidup saat anda menggunakan baterai tetapi hidup saat di cas, maka artikel ini akan membantu anda. Atau jika laptop tidak dapat dihidupkan tetapi lampu power menyala, maka artikel ini akan membantu anda.


Sekian artikel saya kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki laptop tidak hidup saat di cas. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Laptop Tidak Hidup Saat di Cas"