Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error Code 0x80290300 Saat Clear TPM di BIOS

 


Artikel ini akan menunjukkan cara memperbaiki error Cannot clear the TPM dengan Error Code 0x80290300. Masalah ini terjadi saat anda menghapus informasi TPM pada perangkat Windows 10 atau Windows 11 tertentu. Pesan error lengkapnya berbunyi seperti berikut ini.

Cannot clear the TPM

The TPM may not be in the correct state to perform this action. Try refreshing the TPM Management Console screen to see whether the action is still available.

A general error was detected when attempting to acquire the BIOS’s response to a Physical Presence command.

Error code: 0x80290300



Pesan error tersebut biasanya muncul saat opsi RESET of TPM from OS atau OS Management of TPM dinonaktifkan di BIOS. Untungnya, anda dapat mengikuti beberapa saran sederhana dalam artikel ini untuk memperbaiki error tersebut.



Memperbaiki Cannot clear TPM, Error Code 0x80290300 di BIOS


Ikuti beberapa saran berikut ini jika anda tidak dapat clear TPM di BIOS dan menerima pesan error Cannot clear the TPM dengan error code 0x80290300 di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.



1. Aktifkan Opsi RESET of TPM from OS dan OS Management of TPM


Mulailah dengan mengaktifkan opsi RESET of TPM from OS dan OS Management of TPM di system BIOS. Jadi, boot ke BIOS anda, kemudian navigasikan ke halaman Security - TPM Embedded Security. Di halaman ini, anda akan menemukan opsi ini. Selanjutnya, aktifkan opsi tersebut dan melihat apakah error Cannot clear TPM dengan error code 0x80290300 dapat diperbaiki atau tidak.



2. Clear TPM dari TPM Management Console


Jika dengan mengaktifkan opsi diatas tidak membantu anda, maka coba clear TPM dari TPM management console. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik tpm.msc dan tekan Enter untuk membuka TPM Management Console.
  • Di jendela TPM Management Console, klik Clear TPM di panel kanan.
  • Setelah itu, klik Restart dan ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan prosesnya.



Catatan: Selama restart, anda mungkin akan diminta oleh UEFI untuk menekan tombol tertentu untuk mengonfirmasi bahwa anda ingin meng-clear TPM.



3. Update BIOS


Jika tidak ada langkah di atas yang dapat membantu anda, maka update BIOS motherboard. BIOS yang out of date mungkin menjadi penyebab sebenarnya. Saat anda mengupdate BIOS, anda seharusnya dapat clear TPM dari BIOS.




Bagaimana cara memperbaiki kegagalan TPM?

Aktifkan TPM di system BIOS anda dan update drivernya untuk memperbaiki kegagalan TPM. Namun, jika itu tidak membantu, clear TPM dari Management Console, kemudian ambil kepemilikan folder NGC dan hapus.


Apa yang menyebabkan penguncian TPM?

Pengguna yang terus-menerus memasukkan PIN yang salah beberapa kali dapat menyebabkan penguncian TPM. Berapa kali pengguna dapat memasukkan PIN yang salah sehingga TPM terkunci sendiri bergantung pada produsennya.


Sekian artikel saya kali ini. Semoga salah satu saran diatas membantu anda dalam memperbaiki Error Code 0x80290300 saat clear TPM di BIOS. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error Code 0x80290300 Saat Clear TPM di BIOS"