Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Layar Komputer Menjadi Hitam Putih Saat HDMI Dicolokkan

 


Apakah anda disambut oleh layar hitam putih di komputer anda saat HDMI dicolokkan? Hal ini akan membuat layar komputer anda kehilangan warna dan mengganggu pengalaman visual. Untungnya, anda dapat mengikuti beberapa saran sederhana dalam artikel ini untuk memperbaiki masalah tersebut.



Memperbaiki Layar Komputer Menjadi Hitam Putih Saat HDMI Dicolokkan


Jika layar komputer Windows anda menjadi hitam putih saat HDMI dicolokkan, maka ikuti beberapa saran berikut ini.



1. Install Ulang Driver Display


Mulailah dengan menginstall ulang driver display. Drivernya mungkin sudah out of date atau rusak dan mungkin menjadi penyebab layar komputer anda menjadi hitam putih saat HDMI dicolokkan. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya.

  • Tekan tombol Win + X dan tekan M untuk membuka Device Manager.
  • Di jendela Device Manager, perluas bagian Display adapters.
  • Kemudian, klik kanan pada display adapter anda dan pilih Uninstall device.
  • Selanjutnya, beri ceklist pada opsi Delete the driver software for this device dan klik Uninstall.


  • Setelah itu, restart perangkat anda setelah selesai. Ini akan mendownload dan menginstall ulang versi terbaru driver display adapter.
  • Terakhir, hubungkan kembali HDMI dan lihat apakah error telah teratasi.


Namun, jika itu tidak membantu, uninstall display adapter eksternal jika perangkat anda memilikinya. Ini karena ketika graphics card discrete ditambahkan ke system, itu akan menonaktifkan graphics yang ditawarkan oleh prosesor.



2. Lakukan Kalibrasi Display


Selanjutnya, coba lakukan kalibrasi display. Ini akan menyesuaikan pengaturan warna untuk memastikan representasi warna yang akurat dan konsisten di layar komputer anda. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya.

  • Gunakan Search Windows untuk menemukan dan membuka Color Management. Atau anda dapat membuka Control Panel dan memilih Color Management.
  • Di jendela Color Management, alihkan ke tab Advanced dan klik Calibrate display.


  • Tab Display Color Calibration sekarang akan terbuka, klik Next untuk melanjutkan.
  • Halaman berikutnya akan menunjukkan cara mengatur gamma, yaitu hubungan antara merah, hijau dan biru yang dikirim ke layar. Baca instruksinya dan klik Next.
  • Di sini, sesuaikan gamma menggunakan slider di sebelah kiri untuk meminimalkan visibilitas titik-titik di lingkaran dan klik Next.


  • Layar selanjutnya akan meminta anda untuk mengatur pengaturan brightness dan kontras, untuk melanjutkan klik Next. Namun, jika anda ingin melewati pengaturan ini, maka klik Skip brightness and contrast adjustment.


  • Di layar berikutnya sesuaikan brightness dan contrast. Lanjutkan itu dan klik Next.
  • Selanjutnya, sesuaikan color balance dan klik Next.


  • Kalibrasi display sekarang telah selesai. Klik Finish untuk menyimpannya dan lihat apakah layar komputer menjadi hitam putih saat HDMI dicolokkan dan diperbaiki.




3. Reset Display Control Panel Settings


Pengaturan yang salah dikonfigurasi pada display control panel dapat membuat layar komputer anda menjadi hitam putih saat HDMI dicolokkan. Atur ulang pengaturan ini dan lihat apakah layar kembali normal. Berikut cara melakukannya pada adapter Intel dan Nvidia.


Di Intel Graphics Command Center:

  • Buka Intel Graphics Command Center dan klik Display di panel kiri.
  • Sekarang navigasikan ke tab Color dan klik Restore to original defaults.



Di Nvidia Control Panel:

  • Kemudian, klik Adjust desktop color settings dan klik Restore defaults di panel kanan.




4. Periksa Port dan Kabel HDMI


Terakhir, jika tidak ada saran yang membantu, maka periksa kabel dan port HDMI anda apakah ada kerusakan. Jika tidak apa-apa, coba gunakan kabel lain dan lihat apakah itu membantu.



Saya harap saran diatas membantu anda.


Mengapa port HDMI saya terlihat hitam putih?

Jika port HDMI anda ditampilkan dalam warna hitam putih, bukan berwarna, maka periksa kabel dan port HDMI. Jika itu tidak membantu, pilih resolusi dan pengaturan warna yang benar dan update driver display.


Bisakah kabel HDMI yang buruk menyebabkan tidak ada gambar?

Ya, kabel HDMI yang buruk dapat menyebabkan tidak ada gambar atau tdisplay. Seiring berjalannya waktu, kabel HDMI mengalami keausan dan rusak. Namun, hal ini juga dapat terjadi jika kabel HDMI tidak kompatibel dengan perangkat yang anda hubungkan.


Sekian tutorial saya kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki layar komputer menjadi hitam putih saat HDMI dicolokkan. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Layar Komputer Menjadi Hitam Putih Saat HDMI Dicolokkan"