Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error We couldn’t connect to Microsoft services right now

 


Jika anda mendapatkan error Sorry, we couldn’t connect to Microsoft services right now saat menambahkan pengguna baru ke komputer anda, maka artikel ini memiliki beberapa saran untuk membantu anda mengatasi masalah ini. Meskipun pesan error ini mungkin muncul saat sign in ke Microsoft Account anda, namun artikel ini juga disediankan khusus untuk mereka yang mengalami masalah ini saat menambahkan user account baru di Windows 10 atau Windows 11.


Saat masalah ini terjadi, anda akan melihat pesan error seperti berikut ini.

Add a user

Sorry, we couldn’t connect to Microsoft services right now. If this problem persists, search for “network problems” on the Start screen.



Mungkin ada berbagai alasan mengapa anda mendapatkan error ini. Namun, alasan paling umum adalah tidak adanya koneksi internet yang valid. Karena itu, anda harus memastikan apakah internet anda berfungsi dengan baik di komputer anda atau tidak.



Memperbaiki Error We couldn’t connect to Microsoft services right now


Untuk memperbaiki error We couldn’t connect to Microsoft services right now saat menambahkan user account baru di Windows 10 atau Windows 11 anda, maka ikuti beberapa solusi berikut ini untuk memperbaikinya.



1. Beralih ke Sumber Internet Lain


Ini adalah hal pertama yang harus anda coba ketika anda mengalami masalah dengan sumber internet saat ini. Tidak peduli apakah anda menggunakan hotspot Wi-Fi, Ethernet, tethering mobile atau apapun, anda selalu dapat mencoba solusi ini. Terkadang, anda mungkin tidak menyadarinya, namun layanan internet mungkin terganggu karena beberapa alasan.


Selain itu, anda juga dapat mengecek status ping. Untuk itu, tekan Win + R, kemudian ketik ping 8.8.8.8 -t dan tekan Enter. Anda juga dapat menjalankan perintah di Command Prompt.



Jika anda mendapat balasan positif, maka anda dapat mencoba solusi lain. Namun, jika anda mendapatkan error ping loss, maka anda harus mengubah koneksi internet anda.



2. Jalankan Network and Internet Troubleshooter


Network and Internet Troubleshooter adalah salah satu hal terbaik yang disediakan oleh Microsoft untuk memperbaiki masalah umum terkait koneksi Internet dalam beberapa saat. Untuk menggunakan Network and Internet Troubleshooter, anda memiliki dua opsi dan keduanya melakukan hal yang sama. Untuk itu, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik System di panel kiri dan di panel kanan klik Troubleshoot.
  • Di halaman berikutnya, klik Other troubleshooters.
  • Setelah itu, klik Run disamping Network and Internet di panel kanan.
  • Jendela troubleshooter akan muncul.
  • Ikuti petunjuk yang ditampilakan dan biarkan troubleshooter berjalan hingga selesai.



Perhatikan bahwa troubleshooter ini hanya tersedia di Windows 11. Anda juga dapat menjalankan 5 troubleshooter lainnya untuk perbaikan Network di Windows 10 dan Windows 11. Anda juga dapat menjalankan troubleshooter dari Command Prompt.



3. Jalankan Internet Connections Troubleshooter


Ini adalah pemecah masalah tradisional, yang penting dalam kasus ini. Untuk menjalankan Internet Connections Troubleshooter, anda dapat mengikuti panduan dibawah ini. Perhatikan bahwa troubleshooter ini hanya tersedia di Settings Windows 10, anda perlu membuka troubleshooter ini melalui Command Prompt jika anda pengguna Windows 11.

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih Update & Security di jendela Settings.
  • Di halaman berikutnya, pilih Troubleshoot di panel kiri dan klik Additional troubleshooters di panel kanan.
  • Selanjutnya, klik Internet Connections dan kemudian klik Run the troubleshooter.
  • Jendela troubleshooter akan muncul. Anda perlu mengikuti petunjuk yang di tampilkan.
  • Biarkan troubleshooter meyelesaikan pekerjaannya untuk memperbaiki masalah.




4. Gunakan Administrator Account untuk Membuat User Account


Administrator account diperlukan untuk membuat user account apapun di komputer anda, apapun versi OS anda. Jika anda tidak memiliki Administrator account, anda dapat mengaktifkan super Administrator account menggunakan Command Prompt dan menggunakannya sesuai kebutuhan.




5. Periksa Status Server Microsoft


Semua solusi yang disebutkan di atas hanya akan berfungsi jika tidak ada gangguan dari pihak Microsoft. Itulah sebabnya disarankan untuk memverifikasi status layanan terkini dari berbagai produk Microsoft. Anda dapat mengunjungi website Microsoft untuk memeriksa statusnya.




Semoga itu membantu anda!


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error We couldn’t connect to Microsoft services right now di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error We couldn’t connect to Microsoft services right now"