Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error DirectX Could not allocate sufficient memory to complete a call

 


Sebagai seorang gamer PC, anda pasti tahu betapa pentingnya menginstall DirectX di komputer anda. Tanpanya, anda tidak akan dapat menginstall sebagian besar game. Namun bagaimana jika DirectX tidak berfungsi dengan benar dan kembali dengan error seperti DirectX Could not allocate sufficient memory to complete a call? Ini bisa menjadi sebuah masalah untuk anda!


Pesan error DirectX Could not allocate sufficient memory to complete a call ini dapat terjadi ketika DirectX mencoba mengalokasikan resource memory ke game tetapi gagal melakukannya. Namun, memperbaiki masalah ini tidaklah serumit kelihatannya. Dan anda dapat mencoba solusi perbaikan yang di jelaskan di artikel ini untuk menghilangkannya.




Memperbaiki Error DirectX Could not allocate sufficient memory to complete a call


Masalah error DirectX Could not allocate sufficient memory to complete a call ini dapat diperbaiki dengan membuat komputer anda mengalokasikan lebih banyak memory untuk DirectX, sehingga anda dapat menjalankan game favorit anda dengan lancar. Untuk itu, ikuti beberapa metode berikut ini untuk melakukannya.



1. Underclock CPU Anda


Banyak pengguna telah mendiskusikan cara menghilangkan error ini dengan sedikit melakukan underclock pada P-core mereka. Misalnya, jika CPU anda berjalan pada 5,5 GHz, maka anda dapat menurunkannya menjadi 5,3 GHz dan ini akan membantu anda memperbaiki masalah tanpa mengganggu performa/kinerja game secara keseluruhan.


Error DirectX spesifik ini cukup umum di antara pengguna Prosesor Intel Core i9-13900, dan sedikit melakukan underclock pada hertz CPU menjadi satu-satunya solusi mengatasi masalah ini.


Bagian terbaiknya adalah anda tidak perlu melakukan perubahan apapun pada BIOS atau format PC anda untuk mengubah hertz CPU. Sebagai gantinya, download Intel Extreme Tuning Utility, kemudian install di PC anda dan gunakan itu untuk melakukan perubahan.



Namun, periksa apakah program utilitas tersebut kompatibel dengan CPU anda atau tidak sebelum anda mendownloadnya. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai Intel Extreme Tuning Utility, artikel ini akan menguraikannya.



2. Tingkatkan Ukuran PageFile


Pagefile di Windows mengacu pada Virtual Memory. Dengan meningkatkan ukuran pagefile, anda dapat mengelabui DirectX dengan berpikir bahwa PC anda memiliki cukup ruang memory untuk dialokasikan sehingga anda tidak akan mendapatkan error ini lagi.




3. Install Ulang DirectX


Masalah ini juga dapat terjadi karena adanya bug atau DirectX yang rusak. Anda dapat menghilangkan error ini dengan cepat dengan menginstall ulang DirectX. Jadi, uninstall program DirectX dari komputer anda. Kemudian download DirectX dari website resmi Microsoft dan install di system anda. Setelah itu restart komputer anda, kemudian luncurkan kembali game dan periksa apakah anda masih mengalami error yang sama atau tidak.




4. Nonaktifkan Overclocking


Overclocking sangat membantu ketika anda ingin mendapatkan performa ekstra. Namun, menonaktifkan overclocking dapat menjadi langkah yang berguna untuk menghilangkan error DirectX Could not allocate sufficient memory to complete a call ini.


Overclocking system anda memungkinkan anda menjalankan komponen hardware PC anda dengan kecepatan lebih tinggi daripada pengaturan defaultnya. Namun, hal ini terkadang dapat menyebabkan masalah alokasi memory.


Jadi lebih baik menonaktifkan pengaturan overclocking dan periksa apakah itu membantu. Anda harus masuk ke UEFI atau BIOS dan melalui pengaturan disana untuk menonaktifkan overclocking. Jika anda tidak mahir dengan pengaturan BIOS, maka anda dapat mereset BIOS anda ke default. Jika anada menggunakan aplikasi overclocking, lakukan hal yang sama untuk menonaktifkannya.



5. Kurangi Pengaturan Graphics Game


Terakhir, pertimbangkan untuk mengurangi pengaturan graphics game. Dengan cara ini, DirectX akan menggunakan lebih sedikit memory dan anda tidak akan mendapatkan error DirectX Could not allocate sufficient memory to complete a call.


Tergantung pada game apa yang anda mainkan, pengaturan graphicsnya akan berbeda. Namun, anda dapat menemukan pengaturan ini di pengaturan game tersebut. Jadi periksalah dan lihat apakah anda dapat menemukan sesuatu.


Jadi cobalah bermain-main dengan pengaturan graphics untuk menurunkan performa/kinerja PC anda dan lihat apakah itu membantu.




Semoga masalah anda teratasi!


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error DirectX Could not allocate sufficient memory to complete a call di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error DirectX Could not allocate sufficient memory to complete a call"