Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki BIOS Tidak Muncul di Monitor Eksternal

 


Jika BIOS tidak muncul di monitor eksternal saat menggunakan laptop atau komputer desktop, maka artikel ini memiliki solusi untuk memperbaiki masalah tersebut. Anda mungkin sering kali perlu mengubah pengaturan di BIOS agar segala sesuatunya berjalan sesuai keinginan anda. Jika anda tidak ingin menampilkan halaman BIOS pada display utama namun ingin menampilkannya pada display eksternal, maka halaman tersebut mungkin tidak berfungsi pada awalnya. Itu sebabnya anda harus mengubah pengaturan tertentu untuk menyelesaikan pekerjaan.


Dengan kata sederhana, komputer anda menampilkan semua yang ada di monitor utama. Tidak peduli berapa banyak monitor yang anda hubungkan ke komputer anda, hanya ada satu monitor utama. Monitor khusus ini menampilkan semua hal penting, seperti BIOS, login screen anda dan lainnya. Selain itu, tidak masalah jika anda menggunakan kabel HDMI, DVI-D atau VGA untuk menghubungkan multi monitor anda, hanya Windows yang menentukan monitor utama anda.


Mungkin ada saatnya anda ingin menampilkan BIOS pada monitor eksternal atau monitor sekunder. Katakanlah anda memiliki monitor utama yang rusak sebagian dan anda ingin membuat beberapa perubahan di BIOS. Dalam situasi seperti itu, anda dapat mengikuti panduan ini untuk menampilkan BIOS pada monitor eksternal.



Mengatasi BIOS Tidak Muncul di Monitor Eksternal


Jika BIOS tidak muncul di monitor eksternal, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk memperbaikinya.

  • Untuk memulai, anda perlu membuka Settings Windows. Meskipun ada banyak cara, anda dapat menggunakan shortcut keyboard dengan menekan tombol Win + I untuk membukanya.
  • Di jendela Settings, pastikan anda berada di tab System di panel kiri. Jika sudah, klik Display yang terlihat di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, anda dapat menemukan semua monitor yang terhubung di satu tempat. Anda perlu memperluas bagian Multiple displays terlebih dahulu.
  • Kemudian, pilih monitor eksternal atau monitor kedua dan beri ceklist pada opsi Make this my main display.



Mulai sekarang, komputer anda akan menampilkan BIOS pada monitor eksternal. Namun, jika tidak berhasil, anda dapat mencoba solusi berikut ini.

  • Ubah urutan kabel: Misalkan anda memiliki dua monitor dimana salah satunya terhubung melalui kabel DVI-D dan satu lagi terhubung melalui kabel HDMI. Saat ini, monitor kabel HDMI diatur sebagai monitor utama dan disinilah BIOS muncul. Jika ya, maka gunakan port HDMI untuk menghubungkan monitor eksternal yang ada dan gunakan port DVI-D untuk menghubungkan monitor utama.



Itu saja! Saya harap ini membantu.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki BIOS tidak muncul di monitor eksternal di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki BIOS Tidak Muncul di Monitor Eksternal"