Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error SMART status Bad, Backup and Replace


Artikel ini akan memberikan solusi untuk mengatasi error SMART status Bad, Backup and Replace pada perangkat penyimpanan yang menggunakan teknologi SMART. SMART (Self-Monitoring, Analysis, and Reporting Technology) adalah mekanisme pemantauan yang ada di sebagian besar hard drive dan solid-state drive untuk mendeteksi serta melaporkan berbagai atribut yang berhubungan dengan kesehatan drive dan performanya.



Error SMART status bad, Backup and Replace menunjukkan bahwa drive system anda telah mengidentifikasi potensi masalah yang dapat mempengaruhi kesehatan dan performanya. Ini dapat menyebabkan risiko hilangnya data atau bahkan kegagalan total dari drive tersebut. Ada beberapa faktor lain yang juga dapat menjadi penyebab terjadinya error ini. Beberapa dari faktor-faktor tersebut adalah sebagai berikut.

  • Panas yang berlebihan atau overheating.
  • Hard Disk atau Solid State Drive rusak.
  • Fluktuasi power.
  • Masalah Firmware atau Software.


Jika anda mengalami masalah error SMART status Bad, Backup and Replace, maka berikut adalah beberapa lsolusi sederhana yang bisa anda ikuti untuk mengatasi masalah tersebut.



Memperbaiki Error SMART status Bad, Backup and Replace


Sebelum anda memulai upaya perbaikan apapun, prioritas utama anda adalah membackup file dan data terlebih dahulu, khususnya pada drive system atau bahkan pada keseluruhan hard drive yang terinstall system. Anda dapat dengan mudah membackup data ini dengan menyalinnya ke hard drive eksternal. Error SMART status Bad, Backup and Replace sering terjadi ketika HDD atau SSD system anda mengalami masalah. Tindakan ini akan memastikan bahwa informasi penting anda tetap aman, bahkan jika drive mengalami kegagalan.


Setelah anda membackup data anda, sekarang saatnya anda mengikuti metode perbaikan berikut ini untuk mengatasi error SMART status Bad, Backup and Replace di komputer anda.



1. Jalankan Scan CHKDSK


Jalankan scan CHKDSK untuk memeriksa apakah ada bagian hard drive yang rusak, yang dapat menyebabkan masalah ini. Untuk menjalankan Check Disk di Hard Disk anda, buka command prompt dengan hak admin, kemudian masukan perintah berikut dan tekan Enter.

chkdsk /r

Anda mungkin perlu merestart komputer anda.


Catatan:
  • Perintah ChkDsk /f menscan dan mencoba memperbaiki error dalam file system.
  • Perintah ChkDsk /r unu termasuk /f, dimana itu juga akan menscan seluruh permukaan disk untuk error fisik dan mencoba untuk memperbaikinya.


2. Install Ulang OS Windows


Error SMART status bad backup and replace juga dapat terjadi jika Windows yang diinstall pada perangkat anda rusak. Jika demikian, install ulang system operasi Windows menggunakan media instalasi bootable.



3. Upgrade Hard Drive

Terakhir, jika tidak ada saran diatas yang membantu anda, maka pertimbangkan untuk mengupgrade Hard Drive anda. Hard drive mungkin rusak dan anda tidak dapat berbuat apa-apa. Jadi, mengupgrade hard drive anda ke SSD (Solid State Drive) akan lebih baik untuk perangkat anda.



Apa status SMART di BIOS?
SMART atau Self-Monitoring, Analysis and Reporting Technology, adalah antarmuka antara Windows BIOS dan perangkat penyimpanan. Fitur ini diaktifkan secara default di sebagian besar perangkat Windows. Ini memproses informasi penting dari penyimpanan perangkat dan menentukan apakah akan mengirim pesan peringatan tentang potensi kegagalan perangkat penyimpanan.

Semoga membantu anda!

Sekian tutorial saya kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error SMART status Bad, Backup and Replace di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error SMART status Bad, Backup and Replace"