Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengubah Sample Rate di Windows 10/11

 


Windows memberi penggunanya kendali atas output dan input audio system. Mereka mengizinkan pengguna untuk mengubah pengaturan suara untuk meningkatkan audio komputer. Selain itu, itu juga memungkinkan pengguna mengubah Sample Rate. Dalam artikel kali ini, kita akan mempelajari apa itu Sample Rate di Windows 10 atau Windows 11 dan bagaimana anda dapat mengkonfigurasinya di komputer Windows anda.



Apa itu Sample Rate di Windows 10/11?


Sample Rate tidak lain adalah frekuensi berapa kali suatu bentuk gelombang diukur per detik untuk menghasilkan sinyal digital yang discreet. Dalam hal audio, Sample Rate menentukan rentang frekuensi yang ditangkap. Jika anda seorang penggemar komputer, anda pasti pernah melihat 40 kHz sebagai Sample Rate komputer anda. Dalam hal ini, kHz atau Killo Heartz adalah satuan untuk Sample Rate audio. Karena kita manusia dapat mendengar hingga 20 kHz, komputer perlu mengeluarkan output 40, yang merupakan dua kali lipat sample rate yang disebutkan. Namun, angka-angka ini tidak dimaksudkan untuk membuat suara terdengar; mereka ada disana untuk memperbaikinya. Itulah sebabnya kita dapat dan harus meningkatkan sample rate.



Cara Mengubah Sample Rate di Windows 10/11


Dalam panduan ini, saya akan menunjukkan kepada anda cara mengubah Sample Rate serta Bit Depth di Windows 11. Mari kita lihat selengkapnya.



1. Ubah Sample Rate dan Bit Depth untuk Output Audio


Mari kita ubah terlebih dahulu Sample Rate dan Bit Depth untuk output audio. Ingatlah bahwa output audio yang saya maksud bukan hanya speaker anda, tetapi juga beberapa perangkat lain yang terhubung secara eksternal. Ikuti langkah-langkah yang dijelaskan dibawah ini untuk melakukan hal yang sama.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik control dan tekan Enter untuk membuka Control Panel.
  • Di jendela Control Panel, ubah View by ke Large/Small icons dan pilih Sound untuk membuka properties-nya.
  • Di jendela Sound, pastikan anda berada di tab Playback.
  • Selanjutnya, pilih perangkat yang ingin anda ubah Sample Rate-nya dan klik Properties.
  • Di jendela properties, alihkan ke tab Advanced.
  • Sekarang, pada bagian Default Format, anda dapat mengubah sample rate dan bit depth menggunakan menu drop down yang tersedia.
  • Setelah itu, klik Apply dan OK untuk menyimpan pengaturan anda.




2. Ubah Sample Rate dan Bit Depth untuk Input Audio


Sekarang, mari kita ubah Sample Rate dan Bit Depth untuk mikrofon anda dan perangkat input audio lainnya yang terhubung ke system anda. Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan dibawah ini untuk melakukan hal yang sama.

  • Buka jendela Sound melalui Control Panel seperti yang telah di jelaskan diatas.
  • Di jendela Sound, alihkan ke tab Recording.
  • Selanjutnya, pilih Microphone dan klik Properties.
  • Di jendela properties microphone, alihkan ke tab Advanced.
  • Kemudian pada bagian Default Format, ubah sample rate dan bit depth menggunakan menu drop down.
  • Setelah itu, klik Apply dan OK untuk menyimpan pengaturan anda.




Itulah cara anda dapat mengubah laju sample rate dan bit depth perangkat output dan input audio anda.



Mengapa saya tidak bisa mengubah Sample Rate di Windows 10/11?


Jika opsi Sample Rate berwarna abu-abu, periksa apakah pabrikan menyediakan aplikasi untuk mengkonfigurasi audio, karena dari sana, anda dapat mengubah sample rate dan bit depth. Jika tidak ada aplikasi seperti itu, saya dapat mengatakan bahwa perangkat tersebut tidak mendukung beberapa sample rate.


Dalam kasus saya, microphone mendukung sample rate tertentu yang tidak dapat diubah. Namun, jika anda tahu pasti bahwa perangkat anda mendukung beberapa sample rate, maka install ulang driver perangkat audio dan lihat apakah masalahnya dapat teratasi. Untuk melakukan hal yang sama, anda dapat menguninstall driver audio anda dari Device Manager dan kemudian menginstall driver terbaru yang dapat anda download driver-nya dari website produsen perangkat anda.



Semoga bermanfaat!


Sekian tutorial saya kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam mengubah Sample Rate di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Cara Mengubah Sample Rate di Windows 10/11"