Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengaktifkan Fitur Tersembunyi Windows 11 dengan Microsoft StagingTool

 


Microsoft secara tidak sengaja mengungkapkan utilitas  internal bernama StagingTool yang dapat digunakan untuk mengaktifkan fitur tersembunyi atau Moment di system operasi Windows 11.


Ketika mengembangkan fitur baru, Microsoft menambahkannya ke Windows preview build publik dalam keadaan tersembunyi dan nonaktif. Fitur ini, atau disebut Moment, dapat diaktifkan ketika mereka ingin melakukan pengujian A/B publik atau internal.


Selama bertahun-tahun, para penggemar Windows telah aktif mencari fitur tersembunyi di Insider preview build terbaru. Mereka menggunakan tool pihak ketiga khusus, seperti ViveTool untuk memberikan kemampuan melihat apa yang akan datang di masa depan dalam pengembangan Windows.


Sekarang, Microsoft telah secara resmi mengungkapkan toolnya sendiri yang digunakan untuk mengaktifkan fitur-fitur tersembunyi ini.



Microsoft Secara Tidak Sengaja Mengungkapkan StagingTool


Seperti yang pertama kali ditemukan oleh pengamat Windows, XenoPanther, Microsoft memiliki utilitas bernama StagingTool yang digunakan untuk mengaktifkan fitur pengembangan tersembunyi di Windows 11.


Sementara tool tersebut sebelumnya hanya digunakan secara internal, Microsoft tidak sengaja mengungkapkan keberadaannya dalam pencarian Feedback Hub selama Bug Bash Agustus 2023, sebuah acara yang diadakan oleh Microsoft untuk menemukan sebagian besar bug di system operasi.


Dalam pencarian ini, Microsoft mengundang pengguna di China untuk menguji fitur sign-in tanpa password baru dan memberikan instruksi untuk menggunakan serta mendownload StagingTool.exe guna mengaktifkan fitur tersebut.


Meskipun Microsoft sejak saat itu telah membuat tool tersebut tidak tersedia, kini tool tersebut telah tersebar luas di kalangan penggemar Windows. Ini memungkinkan mereka untuk menggunakan tool yang telah disetujui oleh Microsoft untuk mengaktifkan fitur tersembunyi.



Cara Menggunakan Windows StagingTool untuk Mengaktifkan Fitur Tersembunyi


Microsoft StagingTool adalah program command line yang memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan fitur tersembunyi di Windows 11 yang dikenal sebagai fitur Moment. Dengan menggunakan StagingTool Microsoft, pengguna dapat mengakses fitur-fitur yang tidak terlihat secara langsung dalam antarmuka pengguna standar Windows 11. Program ini memungkinkan akses ke fitur-fitur eksperimental atau fitur-fitur yang belum sepenuhnya siap untuk dirilis secara luas.


Untuk mengaktifkan fitur tersembunyi di Windows 11, anda perlu mengetahui ID fitur numerik yang digunakan oleh pengembang Microsoft secara internal. ID fitur ini memungkinkan anda mengakses dan mengaktifkan fitur-fitur yang tidak terlihat secara langsung dalam antarmuka pengguna standar.


Namun, anda dapat menemukan ID fitur baru dan nama fitur terkaitnya dengan menscan simbol debug (PDB) Windows 11 yang dirilis bersama dengan preview build baru. Untuk membantu menemukan ID fitur baru dalam preview build, anda dapat menggunakan tool bernama ViVeTool GUI Feature Scanner.


Menggunakan ViVeTool GUI Feature Scanner adalah hal yang cukup mudah. Setelah anda menjalankannya, anda akan dipandu untuk menyiapkan pra-persyaratan. Anda hanya perlu mengikuti petunjuk yang ditampilkan di layar dan menekan tombol Continue untuk melanjutkan prosesnya.



Setelah anda mendapatkan ID fitur untuk fitur tersembunyi yang ingin diuji, langkah selanjutnya adalah menggunakan Microsoft StagingTool untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya.


Untuk menggunakan StagingTool, anda memerlukan Command Prompt dengan hak administrator dari konsol, seperti Command Prompt atau Windows Terminal.


StagingTool dilengkapi dengan file bantuan bawaan yang dapat diakses dengan cara menjalankan perintah berikut ini di Command Prompt atau Windows Terminal. Pastikan anda mengganti Path dengan path anda menyimpan hasil ekstrak file StagingTool.

Path\StagingTool.exe /?


Sebelum anda melanjutkan, penting untuk diingat bahwa fitur yang akan diakses menggunakan StagingTool atau ViVeTool GUI Feature Scanner adalah fitur eksperimental dalam tahap pengembangan. Penggunaan fitur ini dapat menyebabkan ketidakstabilan pada system operasi Windows 11. Oleh karena itu, sangat disarankan agar anda menguji fitur ini di mesin virtual untuk dengan mudah memutar kembali ke snapshot sebelumnya jika terjadi sesuatu yang salah.

Dengan peringatan yang dibagikan, anda dapat menjalankan perintah dibawah ini untuk melihat daftar ID fitur yang tersedia. Namun, perintah ini hanya akan mencantumkan nomor ID fitur dan tautan internal Microsoft ke informasi tentang percobaan, yang tidak terlalu membantu.

Path\StagingTool.exe /query


Untuk mengaktifkan fitur tersembunyi, anda dapat menggunakan perintah berikut ini. Ganti <feature ID> dengan ID fitur yang ingin anda aktifkan.

StagingTool.exe /enable <feature ID>

Sementara untuk menonaktifkan fitur, maka anda dapat menggunakan perintah berikut ini.

StagingTool.exe /disable <feature ID>


Jika setelah anda mengaktifkan fitur tersembunyi dan terjadi masalah dengan system Windows 11 anda, maka anda dapat menonaktifkan fitur tersebut untuk menyelesaikan masalah.

Untuk beberapa fitur, anda harus merestart Windows 11 setelah mengaktifkan atau menonaktifkan fitur baru.

Banyak perintah StagingTool lainnya untuk penggunaan lebih lanjut, kemungkinan mengaktifkan varian fitur, payload tertentu, atau telemetri. Dua perintah yang menarik lainnya adalah argumen command line /serialize dan /trace.

Opsi trace akan men-debug fitur yang diaktifkan menggunakan Event Tracing for Windows (ETW), sedangkan opsi serialize akan membuat konfigurasi baru untuk mengaktifkan/menonaktifkan fitur melalui Registry sebagai update offline ke VHD.


Namun, sebagian besar fitur lanjutan ini untuk penggunaan internal oleh Microsoft dan tidak perlu digunakan.


Bermain dengan tool-tool ini untuk menguji fitur-fitur tersembunyi bisa menyenangkan bagi para penggemar Windows, tetapi seperti yang dikatakan sebelumnya, mereka juga dapat menyebabkan ketidakstabilan pada system operasi. Oleh karena itu, menggunakan ViveTool atau StagingTool di komputer Windows 11 utama anda tidak disarankan.

Semoga bermanfaat!

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam mengaktifkan fitur tersembunyi Windows 11 dengan Microsoft StagingTool. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Anda juga dapat merequest tutorial yang anda butuhkan. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Cara Mengaktifkan Fitur Tersembunyi Windows 11 dengan Microsoft StagingTool"