Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat File Explorer Terbuka untuk OneDrive di Windows 11

 


Saat anda ingin mengakses file anda, File Explorer adalah pilihan yang dapat anda gunakan. Dengan mengklik File Explorer, itu membuka tampilan default yang memberi anda akses ke folder default, termasuk Desktop dan Pictures, serta folder dan file yang baru-baru ini diakses. Tetapi bagaimana jika anda ingin mengubah tampilan ini untuk membuka File Explorer ke OneDrive di Windows 11 anda?


OneDrive telah menjadi lokasi untuk menyimpan file berkat integrasinya yang solid dengan Windows dan Office atau Aplikasi Microsoft 365. Jika anda menggunakan Word, Excel atau aplikasi lainnya, OneDrive menyinkronkan secara otomatis untuk memastikan data anda disimpan dan tidak akan pernah hilang.


Karena OneDrive dapat menyinkronkan Desktop, Documents atau folder lain apapun yang ditambahkan ke dalamnya, maka masuk akal jika anda menginginkan File Explorer terbuka dengan OneDrive sebagai tampilan lokasi default dari pada menampilkan This PC atau Quick Access.



Membuat File Explorer Terbuka untuk OneDrive di Windows 11


Membuat File Explorer terbuka ke OneDrive itu mudah jika anda menjalankan versi Windows 11 terbaru. Tetapi jika tidak, ada juga solusinya untuk anda. Anda dapat menemukan caranya dibawah ini.


Catatan: Windows tidak mengizinkan aplikasi atau shortcut disematkan ke Taskbar, jadi tidak ada cara untuk membukanya dari sana.



1. File Explorer Options


Windows memungkinkan anda untuk membuka File Explorer di OneDrive. Bahkan bukan hanya OneDrive, fitur tersebut kini berfungsi dengan layanan penyimpanan cloud lainnya seperti iCloud atau Google Drive. Namun, pastikan untuk menambahkannya ke PC anda terlebih dahulu.

  • Pertama, luncurkan File Explorer dengan menekan tombol Win + E atau mengklik ikonnya di Taskbar.
  • Setelah itu, klik menu tiga titik dan pilih Options.
  • Di jendela Folder Options, dibawah tab General, gunakan menu dropdown Open File Explorer to untuk memilih User_name - Personal.
  • Setelah itu, klik Apply dan OK untuk menyimpan pengaturan anda.
  • Setelah selesai, luncurkan ulang File Explorer dan itu akan terbuka ke OneDrive.



OneDrive menetapkan nama sebagai User_name - Personal untuk akun pribadi dan User_name - Bisnis atau User_name - Nama Organisasi untuk pengguna bisnis. Tidak ada cara untuk mengubah nama ini.



2. Buka Folder OneDrive dari System Tray


Anda juga dapat mengakses OneDrive dari system tray anda. Tentu saja, dibutuhkan beberapa klik tambahan. Tapi itu memungkinkan anda untuk meluncurkan OneDrive secara terpisah daripada membuat File Explorer anda meluncurkannya. Juga, ini adalah solusi bagi pengguna yang masih menggunakan Windows 10 atau versi yang lebih lama. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut.

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, pilih Personalization di panel kiri dan klik Taskbar di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, perluas bagian Other system tray icons.
  • Setelah itu, aktifkan Microsoft OneDrive ke On. Ini akan menambahkan OneDrive ke System tray anda.


  • Untuk mengakses OneDrive anda dari Taskbar, klik dobel pada ikon OneDrive di System Tray dan itu akan terbuka di File Explorer.



Catatan: Jika anda tidak menemukan ikon OneDrive di Taskbar, maka anda mungkin perlu mereset aplikasi atau mengubah kebijakan anda.



OneDrive terintegrasi dengan baik dengan Windows, membuatnya mudah untuk bekerja dengan file Office. Dua metode di atas adalah satu-satunya cara untuk membuka File Explorer ke OneDrive di Windows 11. Meskipun yang pertama memungkinkan anda membuka OneDrive menggunakan File Explorer, metode kedua adalah untuk mereka yang tidak ingin mengubah perilaku default File Explorer dan masih ingin cara cepat untuk membuka OneDrive di dalamnya.


Anda juga dapat mendownload dan menginstall aplikasi OneDrive dari Microsoft Store dan menyematkannya ke Taskbar untuk mengakses file cloud anda dengan mudah.


Mengapa OneDrive tidak muncul di File Explorer Windows 11?

Jika OneDrive tidak muncul di File Explorer di Windows 11, maka coba periksa apakah folder OneDrive disembunyikan di File Explorer atau tidak. Jika tidak, maka anda mungkin perlu memperbaiki OneDrive yang hilang dari File Explorer dengan menguninstall aplikasi OneDrive dan kemudian menginstallnya kembali atau mengupdate aplikasi OneDrive anda untuk menyelesaikan masalah. Versi lama dengan bug software juga dapat menyebabkan masalah ini. Selalu update OneDrive anda untuk integrasi tanpa batas dengan File Explorer.


Jika anda tidak menginginkan folder OneDrive di drive system anda karena menghabiskan ruang drive system anda, maka anda dapat memindahkan folder OneDrive ke drive lainnya di Windows 10 atau Windows 11 anda.


Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda!


Sekian tutorial saya kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam membuat File Explorer terbuka untuk OneDrive di Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Cara Membuat File Explorer Terbuka untuk OneDrive di Windows 11"