Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips dan Trik Threads untuk Mendapatkan Hal yang Terbaik

 


Anda telah mempelajari bagaimana mendaftar dan menggunakan aplikasi Threads dari Meta. Sekarang, dalam artikel ini, saya akan berbagi beberapa saran dan strategi yang berguna yang dapat anda terapkan saat menggunakan Threads untuk mendapatkan pengalaman terbaik dari aplikasi ini.


Apa itu Aplikasi Threads?

Threads merupakan aplikasi microblogging terbaru yang diperkenalkan oleh Meta Platforms. Aplikasi ini dirancang untuk memfasilitasi komunikasi real-time dan memungkinkan pengguna untuk memulai percakapan publik melalui pesan teks. Dengan Threads, anda dapat memposting pesan, opini dan pemikiran acak dalam format thread. Selain itu, anda dapat melampirkan gambar dan video ke thread anda. Fitur menarik lainnya adalah kemampuan untuk berbagi thread yang dibuat langsung ke story atau feed Instagram anda.


Menggunakan Threads Instagram

Aplikasi Threads dari Meta saat ini hanya tersedia di iOS dan Android. Anda dapat mendownload, mendaftar dan menggunakan aplikasi Threads di smartphone anda setelah menautkan akun Instagram anda yang sudah ada.



Tips dan Trik Threads


Berikut adalah beberapa tips dan trik yang dapat anda gunakan untuk mendapatkan yang hal terbaik dari aplikasi Threads dan meningkatkan pengalaman anda secara keseluruhan.



1. Siapkan Gambar Profil dan Ubah Biodata Anda Serta Detail Lainnya


Untuk memulainya, anda dapat menyiapkan profil Threads yang bagus. Meskipun, selama penyiapan akun, itu mengimport biodata, link dan gambar anda dari akun Instagram anda, namun anda dapat mengubah detail ini dan menyiapkan profil yang benar-benar baru di Threads. Berikut cara anda melakukannya.

  • Buka aplikasi Threads di ponsel anda dan ketuk ikon profil yang ada di pojok kanan bawah aplikasi.
  • Sekarang, ketuk Edit profile. Anda sekarang dapat mengubah biodata anda dan menambah/mengedit link.


  • Untuk mengubah gambar profil, ketuk ikon gambar profil anda dan pilih apakah anda ingin memasang gambar profil baru atau mengimpor gambar profil yang ada dari profil Instagram anda.
  • Jika anda memilih opsi New profile picture, maka anda dapat memilih gambar yang diinginkan dari gallery anda, memotong gambar yang sesuai dan kemudian mengetuk tombol panah kanan.
  • Selanjutnya, anda dapat menerapkan filter ke gambar profil anda atau mengeditnya menggunakan Adjust, Brightness, Contrast, Saturation, Vignette, Highlight, Shadow dan fitur lainnya. Opsi ini sama seperti yang anda dapatkan selama penyiapan profil di Instagram.
  • Terakhir, ketuk tombol panah kanan dan kemudian klik Done.
  • Gambar profil baru akan disiapkan di Threads.



Jika anda tidak ingin menyimpan gambar profil atau menghapus gambar yang ada, klik ikon gambar profil dan pilih opsi Remove current picture.




2. Follow Akun Langsung dari Feed Anda


Selain mengikuti orang menggunakan fitur search, anda dapat langsung mengikuti akun dari feed anda. Saat ini, Threads menampilkan campuran postingan dari orang yang anda ikuti serta pengguna lain yang tidak anda ikuti. Jadi, jika anda menyukai postingan dari akun tertentu, anda dapat mulai mengikutinya langsung dari feed anda.


Untuk melakukannya, ketuk ikon tambah (+) yang ada di dalam gambar profil akun yang ingin anda ikuti dari feed anda. Setelah itu, ketuk Follow dan akun tersebut akan ditambahkan ke daftar Following anda.




3. Mute, Sembunyikan, Blokir atau Laporkan Akun


Karena Threads menampilkan postingan bahkan dari akun yang tidak anda ikuti, maka anda dapat me-mute, menyembunyikan, memblokir, atau melaporkan akun yang menurut anda tidak perlu atau seseorang memposting konten yang tidak anda sukai.


Untuk me-mute, menyembunyikan, memblokir atau melaporkan akun di Threads, ketuk menu tiga titik yang ada di sebelah postingan dari akun yang tidak anda sukai dan pilih opsi yang sesuai dari Mute, Hide, Block atau Report. Setelah anda melakukan itu, akun dan postingan akan hilang dari feed anda.




4. Pilih Siapa yang Dapat Membalas Thread Anda


Dalam Threads, anda memiliki kemampuan untuk mengonfigurasi siapa yang dapat membalas postingan atau thread anda. Saat anda mengirim pesan, anda diberi opsi untuk memilih apakah anda ingin memungkinkan semua orang membalas posting anda atau hanya membiarkan orang yang anda ikuti mengirim balasan ke postingan anda. Selain itu, anda juga dapat memilih untuk mengizinkan profil yang disebutkan untuk membalas thread tersebut.


Anda mendapatkan opsi untuk memilih orang yang dapat membalas postingan anda saat menulis postingan. Untuk melakukan ini, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Ketuk ikon draft dan ketik pesan anda.
  • Setelah itu, klik opsi Anyone can reply.
  • Sekarang, pilih opsi yang diinginkan dari opsi Anyone, Profiles you follow atau Mentioned only.



Ini juga memungkinkan anda mengonfigurasi pengaturan balasan setelah anda mengirim pesan. Untuk itu, ikuti langkah berikut ini.

  • Ketuk menu tiga titik pada postingan anda.
  • Kemudian, ketuk opsi Who can reply.
  • Setelah itu, pilih siapa yang dapat membalas postingan tersebut.




5. Follow dan Invite Teman dari Instagram dan WhatsApp


Ketika anda mendaftar ke Threads untuk pertama kalinya, anda memiliki opsi untuk mengimport daftar pengikut anda dari Instagram. Namun, jika anda memilih untuk melewati langkah ini, anda masih dapat mengikuti dan mengundang teman dari Instagram di kemudian hari. Selain itu, Threads juga memungkinkan anda untuk mengundang teman melalui WhatsApp, SMS, email dan platform media sosial lainnya.


Untuk melakukan itu, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Ketuk ikon profil yang ada di sudut kanan bawah home screen anda.
  • Sekarang, ketuk tombol menu dua garis horizontal yang ada di pojok kanan atas.
  • Setelah itu, ketuk opsi Follow and invite friends.


  • Selanjutnya, anda dapat memilih opsi Follow accounts from Instagram.
  • Di halaman berikutnya, ketuk Follow yang ada di sebelah profil yang ingin anda ikuti di Threads. Jika anda juga ingin mengikuti semua profil yang anda ikuti di Instagram, ketuk Follow all.



Jika anda ingin mengundang teman melalui WhatsApp atau media lain, maka pilih opsi yang sesuai.



6. Sesuaikan Pengaturan Notifikasi


Anda juga dapat menyesuaikan pengaturan notifikasi anda di Threads. Anda dapat mem-pause notifikasi atau menyesuaikan notifikasi untuk thread, balasan, mengikuti dan lainnya. Berikut ini adalah cara anda melakukannya.

  • Ketuk ikon profil dari layar beranda anda dan ketuk menu dua garis horizontal dari pojok kanan atas.
  • Selanjutnya, pilih opsi Notifications.


  • Di halaman pengaturan Notifications, anda dapat menonaktifkan/menghentikan semua notifikasi Threads anda dengan mengaktifkan opsi Pause all dan memilih berapa lama anda ingin mem-pause notifikasi.


  • Selanjutnya, untuk menyesuaikan pengaturan notifikasi untuk thread dan balasan, pilih opsi Threads and replies di halaman pengaturan Notifications.
  • Kemudian, atur preferensi notifikasi untuk Likes, Replies, Mentions, Reposts, Quotes dan First threads.


  • Setelah itu, kembali ke halaman pengaturan Notifications dan pilih opsi Following and followers.
  • Sekarang, anda dapat dengan mudah menyesuaikan notifikasi untuk New followers, Accepted follow requests, Account suggestions dan Pre-followed user joined Threads.




7. Konfigurasikan Pengaturan Privasi Threads Anda


Pengaturan privasi sangat penting pada platform media sosial apapun. Anda harus dapat mengontrol informasi apa tentang diri anda yang ingin anda bagikan kepada orang lain dan apa yang tidak. Threads juga memberi anda pengaturan privasi yang anda konfigurasikan sesuai keinginan. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatur pengaturan privasi anda di Threads.

  • Di home screen anda, ketuk ikon profil anda dan ketuk ikon dua garis horisontal.
  • Di halaman berikutnya, pilih opsi Privacy.


  • Selanjutnya, anda dapat menjadikan profil anda pribadi dengan mengaktifkan opsi Private profile dan ketuk OK untuk konfirmasi.


  • Setelah itu, anda juga dapat mengatur siapa yang dapat menyebut anda di thread. Untuk itu, pilih Mentions dan kemudian pilih salah satu opsi dari Everyone, Profile you follow atau No one.


  • Selain itu, anda dapat menyembunyikan balasan yang berisi kata-kata yang menyinggung, emoji dan lainnya. Anda juga dapat membuat daftar kata dan frasa yang tidak ingin anda lihat. Untuk itu, klik opsi Hidden Words.
  • Selanjutnya, pilih On di bawah bagian Custom words and phrases dan ketuk opsi Manage custom words.
  • Setelah itu, tambahkan kata yang tidak ingin anda lihat di balasan anda.



Anda dapat mengatur pengaturan privasi lainnya di akun Instagram anda.



8. Istirahat Saat Dibutuhkan


Detoksifikasi media sosial diperlukan karena aplikasi semacam itu dapat membuat ketagihan dan memakan waktu. Untungnya, aplikasi Threads menawarkan opsi khusus yang memungkinkan anda mengaktifkan pengingat setelah anda melebihi durasi waktu tertentu menggunakan aplikasi. Fitur ini disebut Take a break. Mari kita lihat bagaimana menggunakan fitur ini.

  • Ketuk ikon profil di home screen dan ketuk ikon menu dua garis horisontal di kanan atas.
  • Setelah itu, pilih opsi Account.


  • Di halaman berikutnya, ketuk opsi Take a break.
  • Selanjutnya, pilih durasi waktu.



Setelah itu anda akan dikirimi pengingat untuk istirahat jika anda terus menggunakan aplikasi selama durasi waktu tersebut. Dengan cara ini anda dapat mengurangi penggunaan Threads.



9. Bagikan Thread di Story atau Feed Instagram Anda


Aplikasi Threads juga memungkinkan anda berbagi postingan atau thread langsung di story atau feed Instagram anda. Untuk melakukannya, ketuk tombol Share di bawah postingan atau thread anda dan pilih untuk menambahkannya ke story Instagram anda atau memposting thread di feed utama anda.



Anda juga dapat men-tweet thread atau membagikannya melalui aplikasi lain yang terinstall di smartphone anda.



10. Sembunyikan Like Anda di Threads


Jika anda tidak ingin menampilkan jumlah Like, maka anda dapat menyembunyikan jumlah Like dari thread anda. Untuk melakukannya, klik menu tiga titik di samping postingan atau thread anda dan pilih opsi Hide like count. Sekarang, tidak ada yang bisa melihat jumlah Like pada postingan atau thread tertentu milik anda.



Saya harap tips dan trik ini akan membantu anda memperkaya pengalaman anda dalam menggunakan aplikasi Threads.


Sekian tutorial kali ini. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Tips dan Trik Threads untuk Mendapatkan Hal yang Terbaik"