Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Aplikasi Threads dari Instagram - Panduan Pemula

 


Threads adalah aplikasi baru yang dikembangkan oleh Meta Platforms sebagai tambahan untuk portofolio aplikasi mereka yang juga mencakup Instagram, Facebook dan WhatsApp. Aplikasi ini bertujuan untuk menjadi platform media sosial tambahan dimana pengguna dapat membagikan pandangan, pendapat dan pemikiran mereka dengan orang lain, serta terhubung dengan individu di berbagai belahan dunia.


Threads resmi diluncurkan pada tanggal 6 Juli 2023 dan telah mengumpulkan lebih dari 10 juta pengguna di seluruh dunia hanya dalam tiga hari setelah peluncurannya. Keberhasilan tersebut menciptakan banyak perbincangan di kalangan pengguna aplikasi media sosial, terutama di kota-kota besar. Salah satu alasan utama perbincangan ini adalah kemiripan Threads dengan aplikasi microblogging populer lainnya yaitu Twitter. Banyak orang melihat Threads sebagai spin-off dan alternatif yang menarik untuk Twitter.



Di Threads, anda dapat membagikan pesan dengan panjang hingga 500 karakter. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengungkapkan pemikiran dan pendapat mereka secara singkat dan langsung. Jika pesan anda melebihi batas karakter ini, anda dapat membuat threads untuk melanjutkan pesan yang lebih panjang. Anda juga dapat menjelajahi postingan orang lain, mengikuti orang favorit anda, melihat apa yang terjadi di seluruh dunia dan tetap terhubung dengan orang secara virtual.


Sebagai aplikasi baru, mungkin anda ingin mengetahui bagaimana cara menggunakan Threads. Untuk itu, artikel ini akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara mendaftar dan membuat postingan di aplikasi ini.



Cara Kerja Aplikasi Threads


Threads adalah sebuah aplikasi microblogging dan jejaring sosial yang merupakan perpanjangan dari Instagram. Dalam aplikasi ini, anda dapat memposting pesan dalam bentuk thread, yang memungkinkan anda untuk mengungkapkan pemikiran dan pendapat secara lebih terperinci dan berkelanjutan.


Salah satu keunggulan utama Threads adalah integrasinya dengan akun Instagram. Sebagai pengguna Instagram yang ada, anda dapat dengan mudah menautkan akun Instagram anda ke Threads dan mulai menggunakan aplikasi ini. Dengan menghubungkan akun Instagram, anda dapat dengan cepat mengimpor profil dan pengikut anda ke Threads, memungkinkan anda untuk dengan mudah terhubung dengan teman-teman yang sudah ada di Instagram.



Masalah Privasi Threads


Sebelum anda menginstall Threads, anda harus mengetahui hal berikut ini. Aplikasi baru dari Meta akan bersikeras untuk memiliki akses ke semua data berikut di ponsel anda.




Hal yang Terjadi jika Anda Menghapus Akun Threads Anda


Ada beberapa hal penting yang perlu anda ketahui. Jika anda menguninstall Threads dan menghapus data anda, maka akun Instagram anda juga akan hilang. Namun, jika anda hanya menonaktifkan profil Threads anda, maka data Threads anda tidak akan dihapus dan akun Instagram anda tidak akan terpengaruh. Perlu diperhatikan bahwa informasi ini berlaku saat ini dan bisa jadi akan berubah dimasa depan.



Cara Mendaftar Threads


Saat ini, aplikasi Threads tersedia untuk pengguna iOS dan Android. Anda dapat mendownload dan menginstall aplikasi ini di perangkat iPhone atau Android anda. Anda perlu mendaftar terlebih dahulu sebelum mulai menggunakannya. Dalam artikel ini, saya akan memberikan tutorial tentang cara mendaftar ke aplikasi Threads di ponsel Android. Mari kita lihat bagaimana langkah-langkahnya!


Daftar Threads di Android


Berikut adalah langkah-langkah dasar yang dapat digunakan untuk mendaftarkan akun di Threads di smartphone Android dan menggunakannya.

  • Pertama, anda harus mendownload dan menginstall aplikasi Threads di smartphone Android anda. Untuk melakukannya, buka Play Store anda dan cari Threads, an Instagram app.
  • Dari hasil, pilih aplikasi Threads dari Meta dan ketuk Install untuk mendownload dan menginstall aplikasi.


  • Setelah aplikasi diinstall, luncurkan aplikasi Threads.
  • Sekarang, di login screen, anda akan diminta untuk Login dengan Instagram. Disini, itu akan mendeteksi akun Instagram aktif di ponsel anda dan memasukkan nama akun di kotak. Anda dapat mengetuk nama akun untuk mendaftar dan login ke Threads.


  • Jika anda ingin menggunakan akun Instagram lain milik anda, maka ketuk Switch accounts dan pilih akun Instagram yang ingin anda gunakan untuk mendaftarkan akun di Threads.

Catatan: Jika anda tidak memiliki akun Instagram, anda tidak akan dapat menggunakan Threads. Jadi, anda akan diminta untuk menginstall Instagram dan membuat akun untuk itu. Download dan install Instagram dari Play Store, buka aplikasi dan daftar akun dengan mengikuti petunjuk yang diminta.

  • Selanjutnya, Threads akan meminta anda untuk mengatur nama profil, biodata dan link anda. Jika anda ingin mempertahankan profil yang sama dengan akun Instagram anda, maka anda dapat mengetuk Import from Instagram. Anda nanti dapat mengubah informasi profil anda jika diperlukan.
  • Kemudian klik Continue.
  • Setelah itu, anda dapat memilih apakah anda ingin menjadikan akun Threads anda pribadi atau publik dan kemudian ketuk Continue.


  • Langkah selanjutnya adalah mengikuti beberapa akun dari profil Instagram anda. Anda juga dapat memilih salah satu yang ingin anda ikuti di Threads atau ketuk Follow all untuk mengikuti juga semua teman Instagram di Threads.
  • Terakhir, anda dapat mengetuk Join Threads dan anda telah berhasil mendaftar ke Threads.



Anda bisa mendapatkan link aplikasi untuk iPhone atau Android dengan mengunjungi website threads.net.



Cara Menggunakan Aplikasi Threads


Setelah anda mendaftar ke Threads, anda sekarang dapat mulai menggunakannya dan membuat postingan anda. Tidak rumit untuk digunakan. Jika anda terbiasa dengan Facebook, Twitter dan aplikasi jejaring sosial lainnya, anda dapat terbiasa dengan Threads dengan cepat.

  • Untuk membuat postingan di Threads, klik ikon Draft yang ada di tengah di bagian bawah layar aplikasi.
  • Selanjutnya, anda dapat mulai mengetik pesan yang ingin anda posting.
  • Jika anda ingin menambahkan gambar ke kiriman anda, klik ikon klip dan izinkan Threads mengakses Gallery anda. Anda dapat mengetuk dan memilih satu atau beberapa gambar dari Gallery anda yang ingin anda sertakan di thread anda. Setelah itu ketuk Done.


  • Sekarang, anda dapat memilih siapa yang dapat membalas postingan anda di Threads. Untuk itu, ketuk opsi Anyone can reply, kemudian pilih Anyone, Profiles you follow atau Mentioned only agar pengguna dapat bereaksi terhadap thread anda.
  • Terakhir, ketuk Post untuk mengirim postingan anda.



  • Sekarang, jika anda ingin melanjutkan postingan dan membuat thread, maka anda dapat mengetuk Add to thread dan masukkan pesan yang ingin anda posting.



Itu dia. Thread pertama anda telah dibuat di Threads.


Jika nantinya anda ingin menghapus postingan tersebut, maka anda dapat mengetuk menu tiga titik yang ada di samping postingan anda dan ketuk Delete untuk menghapusnya.



Threads juga memungkinkan anda like thread, melaporkannya, mengutipnya atau membagikan kiriman ke feed anda, Instagram story, Tweet thread dan lainnya. Anda juga dapat mengatur akun dan profil anda sesuai dengan itu.


Saya harap tutorial ini membantu anda memulai dengan Threads.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam menggunakan aplikasi Threads dari Instagram. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Cara Menggunakan Aplikasi Threads dari Instagram - Panduan Pemula"