Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki MBR Error 1, 2 atau 3 di Windows 10/11

 


Ketika anda menghidupkan komputer Windows anda, jika anda mendapatkan pesan MBR Error 1, 2 atau 3 pada layar anda, maka anda dapat mengikuti petunjuk dalam artikel ini untuk mengatasi masalah ini. Terdapat dua alasan yang mungkin menjadi penyebab masalah ini dan kedua alasan tersebut telah saya jelaskan dibawah ini bersama dengan solusinya masing-masing.




Memperbaiki MBR Error 1, 2 atau 3 di Windows 10/11


Untuk memperbaiki MBR Error 1, 2 atau 3 pada Windows 10 atau Windows 11, hal pertama yang harus anda lakukan adalah memverifikasi pengaturan urutan boot di BIOS/UEFI dan merebuild Master Boot Record (MBR).


Terkadang, dengan mematikan komputer anda, mencabut USB yang terpasang, menunggu sebentar dan kemudian menghidupkan kembali PC anda dapat membantu anda boot ke desktop tanpa menampilkan kembali error yang sama.


Sekarang anda harus mem-boot PC anda dalam Safe Mode atau ke Advanced Startup Options untuk dapat melakukan perbaikan. Disana, anda kemudian mungkin harus menggunakan Command prompt untuk menyelesaikan masalah ini.



1. Verifikasi Pengaturan Urutan Boot di BIOS


Urutan boot harus diatur dengan benar di BIOS. Jika tidak, maka anda dapat menemukan beberapa masalah seperti ini. Sekedar informasi, urutan boot membantu komputer untuk memutuskan drive atau perangkat yang akan digunakan saat mem-boot system anda. Jika tidak diatur dengan benar, komputer anda tidak akan menemukan Windows yang terinstall. Akibatnya, ini mungkin menampilkan berbagai pesan error atau bahkan tidak memungkinkan anda untuk mem-boot komputer anda.


Jadi, hal yang harus anda lakukan adalah memverifikasi atau mengubah pengaturan urutan boot di BIOS anda. Untuk itu, boot ke BIOS/UEFI anda. Tombol yang tepat yang digunakan untuk masuk ke BIOS/UEFI untuk system anda bisa berupa F1, F2, F10, Del atau yang lainnya. Anda dapat memperhatikan layar anda saat menghidupkan PC anda. Itu akan menampilkan informasi mengenai tombol untuk booting ke BIOS anda.


Setelah anda di layar BIOS/UEFI, buka tab Boot atau bagian Boot, dimana anda dapat menemukan menu Boot Option.


Dari sini, anda harus memilih hard drive tempat anda menginstall Windows anda sebagai urutan boot pertama. Setelah itu, simpan perubahan BIOS anda dan coba reboot PC anda.




2. Rebuild Master Boot Record (MBR)


Kemungkinan lain yang menyebabkan masalah ini bisa jadi karena Master Boot Record anda rusak. Jika itu terjadi, maka anda tidak dapat mem-boot komputer dengan lancar. Untuk memperbaiki Master Boot Record, anda perlu mengakses Advanced startup options untuk membuka Command Prompt dan menjalankan beberapa perintah.



Setelah selesai, anda dapat merestart komputer anda. Mulai sekarang dan seterusnya, anda tidak akan menemukan masalah yang sama saat memulai komputer anda.


Catatan: Jika saat menjalankan perintah untuk merebulid BCD, itu tidak membantu, maka anda perlu mengatur jalur boot secara manual. Untuk ini, anda perlu melakukannya dengan hati-hati.




Jika kedua solusi diatas tidak berhasil untuk anda, maka anda perlu mencabut hard drive baru dan mengujinya lagi.


Semoga membantu anda!


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki MBR Error 1, 2 atau 3 di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki MBR Error 1, 2 atau 3 di Windows 10/11"