Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Reset File History di Windows 10/11

 


Fitur File History di Windows 10 dan Windows 11 memungkinkan anda untuk membackup dan memulihkan file-file yang ada di Desktop, Documents, Favorites, Pictures, Videos, Saved Games, Downloads, Music dan lokasi lainnya ke lokasi jaringan atau drive eksternal seperti SSD, HDD atau USB. Ini memungkinkan anda mendapatkan kembali file anda meskipun file aslinya rusak atau hilang. Anda dapat dengan mudah mengaktifkan dan menggunakan File History untuk membackup dan memulihkan file.


Namun, jika anda menghadapi beberapa masalah dalam menggunakan fitur ini, maka anda mungkin perlu mereset pengaturan File History ke default. Untuk itu, langkah-langkah yang tercakup dalam artikel ini akan membantu anda melakukannya.


Perlu diperhatikan bahwa mereset pengaturan File History ke pengaturan awal tidak akan menghapus folder FileHistory yang ada di drive backup. Proses ini hanya akan menghapus folder FileHistory dan item yang telah disimpan di akun atau profil pengguna anda pada system Windows 10 atau Widnwos 11 anda.



Reset File History di Windows 10/11


Ada dua metode yang dapat anda gunakan untuk mereset File History pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda. Anda dapat mengikuti salah satu metode yang menurut anda paling mudah untuk dilakukan. Mari kita lihat cara melakukannya secara terperinci.



1. Reset File History dari Lokasi Aslinya


Data File History disimpan di bawah folder FileHistory yang ada di folder Windows di system anda. Jadi, anda dapat mengakses lokasi asli tersebut dan mereset File History secara manual. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Selanjutnya, tekan tombol Win + R, kemudian masukan path berikut ini dan tekan Enter untuk membuka folder Windows.
%UserProfile%\AppData\Local\Microsoft\Windows


  • Di lokasi, anda seharusnya akan menemukan folder FileHistory jika anda telah mengaktifkannya.
  • Sekarang, buka folder FileHistory tersebut.
  • Selanjutnya, pilih semua item (folder Configuration dan Data) yang disimpan di folder tersebut, kemudian klik kanan pada salah satu item dan pilih Delete untuk menghapusnya.


  • Setelah anda berhasil menghapusnya, aktifkan kembali File History di system anda.

Langkah ini akan mereset pengaturan File History di system anda.


2. Reset File History Melalui Command Prompt

Opsi ini menghapus seluruh folder FileHistory yang ada di folder Windows untuk mereset File History ke pengaturan default. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak administrator. Anda juga dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin dan memilih Command Prompt.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.
if exist "%UserProfile%\AppData\Local\Microsoft\Windows\FileHistory" RD /S /Q "%UserProfile%\AppData\Local\Microsoft\Windows\FileHistory"


Perintah ini pertama-tama memeriksa apakah folder FileHistory dan lokasi ini ada di PC anda. Jika ya, maka parameter yang diberikan akan menghapus folder atau direktori tersebut dan sub-folder serta file yang ada di direktori tersebut dalam quiet mode.

Jika anda mendapatkan pesan Path - The process cannot access the file because it is being used by another process, maka pastikan proses File History tidak sedang berjalan atau drive eksternal tempat anda membackup File History tidak terhubung ke system anda.



Semoga ini membantu anda!

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam mereset File History di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Cara Reset File History di Windows 10/11"