Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggabungkan Dua SSD Menjadi Satu Drive di Windows 10/11

 


Ketika SSD (Solid-state drive) mulai populer di awal tahun 2000-an dan menjadi pilihan utama tempat menginstall OS atau sebagai tempat penyimpanan data, memiliki SSD sama seperti memiliki barang mewah. Semakin besar kapasitas penyimpanannya, maka semakin besar pula dana yang perlu anda siapkan. Namun, beberapa bulan terakhir ini, harga sebuah SSD menukik tajam. Anda bisa mendapatkan sebuah SSD 1TB hanya dengan harga di bawah Rp.800.000.


Jika sebelumnya anda memiliki dua SSD dan karena anda kehabisan ruang pada sebuah drive atau karena alasan lainnya sehingga anda ingin menggabungkannya menjadi satu drive, maka artikel ini akan membantu anda.


Secara default disk menggunakan partisi untuk mengatur data, tetapi dynamic disk menggunakan volume untuk mengatur data. Jika anda ingin menggabungkan dua SSD menjadi satu volume maka anda perlu mengkonversi kedua drive SSD tersebut dari Basic menjadi Dynamic.



Cara Menggabungkan Dua SSD Menjadi Satu Drive


Ada banyak tool di pasaran yang memungkinkan anda menggabungkan SSD, tetapi saya hanya menggunakan utilitas bawaan Windows yaitu Disk Management untuk melakukan tugas ini. Tool bawaan Microsoft ini digunakan untuk membuat, menghapus partisi atau menggabungkannya. Itu juga dapat digunakan untuk menggabungkan dua drive SSD menjadi satu volume.


Ini adalah proses menggabungkan dua SSD, bukan dari salah satu drive di dalam sebuah SSD ke SSD lainnya. Jadi, pastikan anda membackup semua data dalam SSD yang ingin digabungkan. Setelah itu, untuk menggabungkan SSD menggunakan Disk Management, ikuti langkah-langkah yang dibahas dibawah ini.

  • Buka Disk Management dari Start menu atau melalui Search Windows. 
  • Di jendela Disk Management, klik kanan pada disk yang diperlukan dan pilih Convert to Dynamic Disk.


  • Disini, anda dapat mengkonversi banyak disk menjadi dynamic disk secara bersamaan. Jadi jika anda ingin menggabungkan SSD lain, maka beri ceklist pada disk tersebut. Setelah itu, klik OK.


  • Pesan pop-up akan muncul, dimana anda akan mendapatkan pesan bahwa anda akan mengubah drive Basic menjadi drive Dynamic. Klik Convert.


  • Selanjutnya, klik kanan pada SSD yang ingin anda gabungkan, kemudian pilih Delete Volume dan klik Yes pada jendela konfirmasi.


  • Ini akan membuat ruang Unallocated dengan bar berwarna hitam.
  • Setelah anda menghapus semua partisi dalam SSD tersebut, klik kanan pada SSD tempat anda ingin menggabungnya dan pilih Extend Volume.
  • Sekarang, pilih ruang yang tersedia dan klik tombol Add.
  • Terakhir, klik Finish.



Semoga bermanfaat!


Anda juga dapat melakukan pekerjaan yang sama menggunakan perintah DISKPART. Ini juga merupakan tool bawaan Windows, jadi anda tidak perlu menginstallnya lagi.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam menggabungkan dua SSD menjadi satu Drive di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Anda juga dapat merequest tutorial yang anda butuhkan. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Cara Menggabungkan Dua SSD Menjadi Satu Drive di Windows 10/11"