Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menampilkan atau Menyembunyikan Tombol Copilot di Taskbar Windows 11

 


Windows Copilot adalah fitur baru dan asisten AI untuk perangkat Windows 11 yang terintegrasi dengan Bing Chat serta plugin pihak pertama dan ketiga. Anda dapat mengklik ikon Windows Copilot di Taskbar untuk menjalankan asistennya, dan kemudian akan muncul sebagai side bar di bagian kanan layar. Ini memungkinkan anda untuk menggunakannya saat bekerja dengan program atau aplikasi lainnya.


Secara default, ikon asisten pribadi ini akan tetap ada di Taskbar. Namun, anda juga memiliki pilihan untuk menyembunyikan ikon tersebut dari Taskbar dan kemudian menampilkannya lagi saat diperlukan. Dan untuk mengaturnya, artikel ini menjelaskan semua cara yang mungkin untuk menampilkan atau menyembunyikan tombol Copilot di Taskbar Windows 11, memberikan fleksibilitas kepada pengguna untuk menyesuaikan tampilan dan aksesibilitas asisten sesuai dengan preferensi masing-masing.



Saat ini, Windows Copilot hanya tersedia di preview. Fitur ini disediakan dengan peluncuran terkontrol untuk pengguna dengan insider preview build 23493 atau lebih tinggi, sehingga tidak semua pengguna memiliki fitur ini. Selain itu, pastikan anda menggunakan Microsoft Edge versi 115.0.1901.150 atau lebih tinggi. Jadi, untuk saat ini, hanya pengguna yang memenuhi persyratan tersebut yang bisa mendapatkan fitur ini dan menggunakan opsi untuk menampilkan atau menyembunyikan ikon Copilot di Taskbar Windows 11.



Mengaktifkan Copilot di Windows 11


Secara default, fitur Windows Copilot tetap diaktifkan di Windows 11. Anda hanya perlu mengaktifkan atau menyalakannya (jika nonaktif) menggunakan opsi bawaan. Namun, jika anda tidak dapat mengaktifkan fitur Copilot dan anda melihat bahwa tombol Copilot berwarna abu-abu di PC Windows 11 anda, maka hal itu dapat terjadi jika pengaturan terkait dikonfigurasi di jendela Group Policy Editor atau Registry Editor yang menonaktifkan Windows Copilot. Anda perlu mengakses pengaturan tertentu dan kemudian mengubah konfigurasi untuk mengaktifkan kembali Windows Copilot. Saya akan membahas langkah-langkah untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Copilot di Windows 11 menggunakan Group Policy Editor dan Registry Editor di bagian selanjutnya pada artikel ini.



Menampilkan atau Menyembunyikan Tombol Copilot di Taskbar Windows 11


Ada empat cara untuk menampilkan/menyembunyikan atau mengaktifkan/menonaktifkan tombol Copilot di Taskbar Windows 11. Perlu anda ketahui, jika anda menggunakan metode Registry Editor, maka anda perlu membackup registry atau membuat system restore point terlebih dahulu sebagai tindakan pencegahan jika anda melakukan kesalahan di Registry Editor. Sementara, jika anda menggunakan metode Group Policy Editor, maka pastikan system operasi Windows 11 anda bukan edisi Home. Jika anda menggunakan edisi Home, maka anda perlu mengaktifkan Group Policy Editor terlebih dahulu sebelum mengikuti metode tersebut, atau anda dapat mengikuti metode Registry Editor jika anda tidak ingin mengaktifkan Group Policy Editor.


Sekarang, mari kita lihat satu per satu metode secara terperinci.



1. Tampilkan atau Sembunyikan Ikon Copilot di Taskbar Menggunakan Registry Editor


Untuk menampilkan atau menyembunyikan ikon Copilot di Taskbar Windows 11 menggunakan Registry Editor,  ikuti langkah-langkah yang dijelaskan dibawah ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.
HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced
  • Di lokasi, anda harus melihat DWORD ShowCopilotButton di panel kanan. Jika anda tidak menemukannya, maka klik kanan pada ruang kosong di panel kanan, kemudian pilih New - DWORD (32-bit) Value dan beri nama dengan ShowCopilotButton.


  • Setelah itu, klik dobel pada ShowCopilotButton untuk mengedit Value data-nya.
  • Di jendela edit DWORD, ubah Value data-nya menjadi 0 (nol) dan klik OK untuk menyimpan pengaturan anda.


  • Setelah itu, tutup jendela Registry Editor dan restart komputer anda untuk menerapkan perubahan.

Ini akan menonaktifkan tombol Copilot di Settings Windows 11 dan akan menyembunyikan atau menghapus ikon Copilot dari Taskbar.

Untuk menampilkan atau menambahkan ikon Copilot di Taskbar Windows 11 menggunakan Registry Editor, anda dapat mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di atas dan mengubah Value data dari ShowCopilotButton menjadi 1.


2. Tampilkan atau Sembunyikan Tombol Copilot di Taskbar Menggunakan Settings Windows

Untuk menampilkan atau menyembunyikan tombol Copilot di Taskbar menggunakan Settings Windows 11, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.
  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, pilih Personalization di panel kiri dan klik Taskbar di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, perluas bagian Taskbar items di panel kanan.
  • Sekarang, aktifkan/nonaktifkan Copilot ke On/Off untuk menampilkan/menyembunyikan ikon Copilot dari Taskbar.



3. Aktifkan atau Nonaktifkan Tombol Copilot di Taskbar Menggunakan Group Policy Editor

Metode ini mengesampingkan opsi Settings dan opsi Registry Editor (dibahas di atas) dan sepenuhnya menonaktifkan tombol Copilot. Akibatnya, tombol atau ikon Copilot akan dihapus dari Taskbar Windows 11 anda.

Selain itu, tombol osi Copilot akan berwarna abu-abu di Settings Windows dan anda akan melihat pesan Some of these settings are managed by your organization. Jangan khawatir, anda juga dapat membatalkan perubahan bila diperlukan.

Berikut langkah-langkah untuk mengaktifkan atau menonaktifkan tombol Copilot di Taskbar Windows 11 menggunakan Group Policy Editor.
  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik gpedit.msc dan tekan Enter untuk membuka Group Policy Editor.
  • Di jendela Local Group Policy Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.
Computer Configuration - Administrative Templates - Start Menu and Taskbar
  • Di lokasi, klik dobel pada kebijakan Hide the Copilot button di panel kanan.


  • Di jendela edit kebijakan, pilih opsi Enabled.
  • Kemudian, klik Apply dan OK untuk menyimpan pengaturan anda.


  • Setelah itu, restart komputer anda untuk menerapkan perubahan.

Langkah ini akan menonaktifkan tombol Copilot untuk semua pengguna di PC Windows 11 anda.

Jika anda ingin mengaktifkan kembali tombol Copilot di Windows 11 anda, maka gunakan langkah-langkah yang dibahas di atas dan pada jendela edit kebijakan Hide the Copilot, pilih opsi Not Configured. Setelah merestart PC, perubahan akan diterapkan dan tombol Copilot di Taskbar akan diaktifkan kembali. Ini juga akan mengaktifkan opsi Copilot di jendela Settings.


4. Aktifkan atau Nonaktifkan Tombol Copilot di Taskbar Menggunakan Registry Editor

Sementara itu metode Registry Editor yang saya bahas di atas hanya menampilkan atau menyembunyikan tombol Copilot di Taskbar. Untuk metode ini, memungkinkan anda untuk menghapus tombol Copilot dari Taskbar serta menonaktifkan tombol Copilot atau fitur yang ada di Settings Windows (seperti metode Group Policy Editor). Anda selalu dapat mengaktifkan kembali fitur Copilot kapapun juga.

Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah dibawah ini dengan hati-hati.
  • Buka Registry Editor seperti langkah yang sudah dijelaskan di metode pertama.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows\Explorer
  • Jika anda tidak melihat keyreg Explorer, maka klik kanan pada keyreg Windows, kemudian pilih New - Key dan beri nama dengan Explorer.


  • Selanjutnya, klik kanan pada ruang kosong di panel kanan, kemudian pilih New - DWORD (32-bit) Value dan beri nama dengan HideCopilotButton.


  • Setelah itu, klik dobel pada DWORD HideCopilotButton untuk mengedit Value data-nya.
  • Di jendela edit DWORD, ubah Value data-nya menjadi 1 dan klik OK untuk menyimpan pengaturan anda.


  • Terakhir, restart komputer anda untuk menerapkan perubahan.

Langkah ini akan menyembunyikan tombol Copilot dari Taskbar dan membuat opsi Copilot di jendela Settings menjadi abu-abu dan tidak dapat di klik.

Jika anda ingin mengaktifkan kembali ikon Copilot di Taskbar menggunakan Registry Editor di PC Windows 11 anda, maka ikuti langkah-langkah di atas dan kemudian hapus DWORD HideCopilotButton dengan mengklik kanan padanya dan pilih Delete, kemudian klik Yes di jendela konfirmasi.



Semoga membantu anda!

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam menampilkan atau menyembunyikan tombol Copilot di Taskbar Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Cara Menampilkan atau Menyembunyikan Tombol Copilot di Taskbar Windows 11"