Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Melihat Daftar Local Administrator di Komputer Windows 10/11

 


Anda mungkin telah membuat Local Administrator dan kemudian menambahkan Local Administrator ke group administrator sehingga akun tersebut tidak memerlukan hak istimewa.  Local Administrator memiliki hak istimewa yang lebih tinggi yang memungkinkan mereka membuat perubahan yang signifikan pada system komputer, menginstall software, mengubah pengaturan system dan lain sebagainya. Hal ini membuatnya menjadi penting untuk mengetahui semua Local Administrator bagi administrator system.


Oleh karena itu, artikel ini akan menunjukkan kepada anda cara melihat dan mendapatkan daftar semua Local Administrator di komputer Windows 10 atau Windows 11.



Melihat Daftar Local Administrator di Komputer Windows 10/11


Untuk melihat dan mendapatkan daftar semua Local Administrator di komputer Windows 10 atau Windows 11, gunakan metode berikut ini.



1. Dapatkan Daftar Local Administrator di Local Computer


Untuk mendapatkan daftar Local Administrator di Local Computer, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Di jendela PowerShell, masukan perintah berikut dan tekan Enter untuk melihat semua local administrator di komputer Windows.
Get-LocalGroupMember -Group "Administrators"
  • Kemudian, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter untuk melihat daftar local administrator yang memiliki hak administrator.
Get-LocalGroupMember Administrators | Where-Object { (Get-LocalUser $_.SID -ErrorAction SilentlyContinue).Enabled }


  • Untuk hanya melihat pengguna Azure AD, anda dapat memasukan perintah berikut ini dan tekan Enter.
Get-LocalGroupMember Administrators | Where-Object {$_.PrincipalSource -eq "ActiveDirectory"} | select PrincipalSource,class,name,SID


2. Dapatkan Daftar Local Administrator dari Remote Windows Computer

Untuk mendapatkan daftar Local Administrator di Remote Windows Computer, ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Untuk menjalankan perintah pada perangkat remote computer Windows, konfigurasikan PowerShell Remoting dan buka port firewall TCP 5985.
  • Selanjutnya, aktifkan dan konfigurasikan WinRM (PSRemoting) dengan memasukan perintah berikut dan tekan Enter di Windows Powershell anda. Ganti RemoteComputerName dengan IP address remote computer.
Enable-PSRemoting –Force
$session = New-PSSession -ComputerName "RemoteComputerName"
  • Selanjutnya, masukan perintah berikut pada remote computer dan tekan Enter untuk melihat daftar local administrator. Jangan lupa mengganti RemoteComputerName dengan IP address remote computer.
Invoke-Command -ComputerName "RemoteComputerName" -ScriptBlock {Get-LocalGroupMember -Name 'Administrators'|select Name,ObjectClass,PrincipalSource|ft}



Semoga membantu anda!

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam melihat daftar Local Administrator di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Cara Melihat Daftar Local Administrator di Komputer Windows 10/11"