Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Aktifkan atau Nonaktifkan Roaming Data Seluler di Windows 11

 


Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan cara mengaktifkan atau menonaktifkan fitur Roaming Data Seluler di Windows 11. Pada Windows 11, terdapat pengaturan khusus yang memungkinkan anda mengontrol koneksi data seluler saat anda berada di luar jangkauan jaringan operator seluler anda. Jika anda ingin menghindari biaya roaming data, maka anda juga dapat menonaktifkan atau mematikan roaming data seluler bila diperlukan.


Jika perangkat Windows 11 anda memiliki eSIM atau kartu SIM internal, pertama-tama anda dapat menghubungkan PC Windows 11 ke paket seluler, kemudian mengaktifkan/menonaktifkan roaming data seluler sesuai kebutuhan anda.



Cara Aktifkan atau Nonaktifkan Roaming Data Seluler di Windows 11


Anda memiliki tiga metode untuk mengaktifkan atau menonaktifkan roaming data seluler di Windows 11. Anda dapat melakukannya dari Group Policy Editor, Registry Editor atau melalui Settings Windows. Berikut adalah penjelasan tentang ketiga metode tersebut secara terperinci.



1. Melalui Registry Editor


Opsi ini untuk semua pengguna Windows. Namun, sebelum anda mengaktifkan atau menonaktifkan roaming data seluler menggunakan Registry Editor, anda harus membackup registry atau membuat system restore point terlebih dahulu. Dengan membackup registry, itu akan membantu anda memulihkan registry Windows anda jika terjadi kesalahan dalam proses. Setelah itu, ikuti langkah-langkah yang dibahas dibawah ini untuk mengaktifkan atau menonaktifkan roaming data seluler.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows\WcmSvc
  • Di lokasi, klik keyreg GroupPolicy di bawah keyreg WcmSvc. Keyreg ini menyimpan opsi terkait roaming data seluler untuk perangkat Windows 11 anda.
  • Jika anda tidak melihat keyreg ini, maka klik kanan pada WmcSvc, kemudian pilih New - Key dan beri nama dengan GroupPolicy.


  • Sekarang, klik kanan pada ruang kosong di panel kanan, kemudian pilih New - DWORD (32-bit) Value dan beri nama dengan fBlockRoaming. DWORD ini akan membantu untuk menggunakan atau mencegah akses ke fitur roaming data seluler di Windows 11.


  • Setelah itu, klik dobel pada DWORD fBlockRoaming untuk mengedit value data-nya.
  • Di jendela edit DWPRD, ubah Value data-nya menjadi 1 dan klik OK untuk menyimpan pengaturan anda.


Ini akan menonaktifkan roaming data seluler di perangkat Windows 11 anda. Restart File Explorer jika anda tidak melihat perubahannya. Jika anda ingin mengaktifkannya, maka ubah Value data-nya menjadi 0 (nol) atau anda dapat menghapus DWORD fBlockRoaming. 

Catatan: Jika anda menonaktifkan roaming data selular anda menggunakan metode ini, maka jika anda ingin mengaktifkannya kembali, anda wajib menggunakan metode Registry Editor karena anda tidak akan dapat melakukannya dari Settings Windows. 


2. Melalui Group Policy Editor

Opsi ini sepenuhnya akan menonaktifkan fitur roaming data seluler anda dan anda tidak akan dapat menggunakan Settings untuk mengaktifkan/menonaktifkan fitur ini. Namun, anda dapat mengaktifkan fitur roaming data seluler kapan saja menggunakan opsi yang sama ini. 

Catatan: Opsi ini hanya untuk pengguna Windows 11 edisi Pro atau Enterprise. Jika anda pengguna Windows 11 edisi Home, maka ikuti metode lainnya atau anda dapat mengaktifkan Group Policy Editor terlebih dahulu untuk dapat menggunakan metode ini.

Berikut langkah-langkah untuk menonaktifkan fitur roaming data seluler melalui Group Policy Editor.
  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik gpedit.msc dan tekan Enter untuk membuka Group Policy Editor.
  • Di jendela Local Group Policy Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini di panel kiri.
Computer Configuration - Administrative Templates - Network - Windows Connection Manager
  • Di lokasi, klik dobel pada kebijakan Prohibit connection to roaming Mobile Broadband networks di panel kanan.


  • Di jendela edit kebijakan, pilih opsi Enabled.
  • Kemudian klik Apply dan OK untuk menyimpan pengaturan anda.


Mulai sekarang, semua upaya koneksi manual dan otomatis ke jaringan penyedia roaming akan diblokir karena roaming data seluler dinonaktifkan dengan pengaturan ini.

Untuk mengaktifkan atau menggunakan roaming data seluler kembali di Windows 11, anda dapat mengikuti langkah-langkah yang tercantum di atas dan pilih opsi Not Configured atau Disabled yang tersedia untuk kebijakan Prohibit connection to roaming Mobile Broadband networks. Setelah itu klik Apply dan OK untuk menyimpan pengaturan baru.


3. Melalui Settings Windows

Cara termudah untuk mengaktifkan atau menonaktifkan roaming data seluler adalah dengan menggunakan Settings Windows 11. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, pilih Network & internet di panel kiri dan klik Cellular di panel kanan. Anda mungkin perlu mengaktifkan opsi Cellular terlebih dahulu jika anda belum mengaktifkannya.
  • Selanjutnya, pergi ke bagian Connection settings.
  • Kemudian, ubah Data roaming options ke Don't roam.


Langkah ini akan menonaktifkan atau mematikan roaming data seluler di Windows 11 anda.

Untuk mengaktifkan kembali roaming data seluler di Windows 11, gunakan langkah-langkah di atas dan ubah Data roaming options ke Roam.

Pengaturan ini juga dapat diaktifkan/dinonaktifkan melalui Registry Editor. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukannya.
  • Buka Registry Editor seperti langkah diatas.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\WwanSvc\RoamingPolicyForPhone
  • Dilokasi, perluas RoamingPolicyForPhone dan pilih GUID untuk koneksi data seluler anda.
  • Setelah anda memilihnya, klik dobel pada DWORD bernama InternetAlwaysOn di panel kanan.
  • Di jendela edit DWORD, ubah Value data-nya menjadi 18000 untuk opsi Don't Roam atau 18002 untuk opsi Roam.
  • Kemudian klik OK untuk menyimpan pengaturan anda.


Semoga bermanfaat untuk anda!

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam mengaktifkan atau menonaktifkan Roaming Data Seluler di Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Cara Aktifkan atau Nonaktifkan Roaming Data Seluler di Windows 11"