Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Instalasi Windows Stuck di Getting files ready for installation

 


Saat anda melakukan clean install,  anda mungkin mendapati instalasi Windows stuck di Getting files ready for installation. Jika demikian, maka solusi yang disediakan di artikel ini akan membantu anda mengatasi masalah tersebut. Untuk beberapa pengguna, dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk menyiapkan file untuk instalasi, sedangkan untuk beberapa pengguna, anda mungkin mendapati instalasi Windows yang terhenti saat di Getting files ready for installation.


Perlu anda ketahui bahwa ketika anda melakukan clean install di komputer anda, Windows akan terlebih dahulu menyiapkan file yang diperlukan untuk proses penginstalan. Proses penyiapan ini akan memakan waktu tergantung pada hardware yang anda gunakan. Jadi, bisa saja masalah hardware atau konflik driver dapat menyebabkan masalah ini muncul.




Memperbaiki Instalasi Windows Stuck di Getting files ready for installation


Jika anda mendapati instalasi Windows stuck di Getting files ready for installation, maka anda dapat menggunakan beberapa solusi perbaikan berikut ini untuk menyelesaikan masalah tersebut.



1. Apakah Anda Menginstall Windows di HDD atau SSD?


Kecepatan transfer data SSD (Solid State Drives) lebih tinggi daripada HDD (Hard Disk Drives). Menginstall Windows pada SSD bkannya di HDD memiliki beberapa manfaat. Salah satunya adalah OS Windows anda akan loading dengan lebih cepat dan tentunya anda juga akan mendapatkan peningkatan performa/kinerja pada PC anda. Hal yang sama juga berlaku saat anda menginstall Windows.



Jika anda menginstall Windows di HDD, maka waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan proses penginstalan akan lebih lama. Dalam hal ini, anda tidak dapat melakukan apapun selain menunggu atau anda perlu mengupgrade hardware anda. Jika anda memiliki anggaran yang lebih, maka saya sarankan anda mengupgrade hardware ke SSD untuk mempercepat proses penginstalan Windows.


Jika anda sudah memiliki SSD dan menginstall Windows padanya namun instalasi Windows stuck di Getting files ready for installation, maka masalahnya berada di tempat lain. Mungkin system anda mengalami masalah dengan hardware atau mungkin ada beberapa masalah dengan software.



2. Apakah Anda Menggunakan CD/DVD atau USB Flash Drive?


Jika anda menggunakan CD atau DVD untuk menginstall Windows, maka saya sarankan anda beralih ke USB flash drive untuk instalasi Windows. Jadi, buat media instalasi bootable Windows pada USB flash drive anda menggunakan tool pihak ketiga seperti Rufus atau  menggunakan Media Creation Tool dan kemudian gunakan itu untuk menginstall Windows di komputer anda.



3. Cabut Semua Perangkat Eksternal yang terhubung ke PC Anda


Jika anda telah menghubungkan perangkat eksternal seperti printer, scanner atau lainnya ke komputer anda, maka cabut semua itu dan lihat apakah itu membantu memperbaiki masalah ini. Anda juga dapat mencabut HDD anda terlebih dahulu dan kemudian menginstall Windows pada SSD anda. Tetapi untuk ini, anda mungkin perlu meminta bantuan seseorang untuk melepaskan HDD anda.



4. Buat Ulang Media Instalasi


Mungkin juga media instalasi Windows anda tidak dibuat dengan benar sehingga menyebabkan instalasi Windows stuck di Getting files ready for installation. Oleh karena itu, saya sarankan anda untuk membuat ulang media instalasi bootable Windows. Karena anda sedang melakukan clean install Windows, maka anda perlu menggunakan komputer lain untuk membuat media instalasi pada USB flash drive. Jika anda hanya mendapati komputer dengan OS Linux, maka anda dapat membuat media instalasi bootable Windows dari komputer Linux tersebut dengan mengikuti langkah-langkah di artikel ini. Namun jika anda memiliki komputer Windows lain, maka anda dapat menggunakan Rufus atau Media Creation untuk membantu anda membuat media instalasi pada USB flash drive anda sehingga anda dapat menginstall OS Windows di komputer yang bermasalah. Anda juga mungkin perlu memeriksa apakah USB drive dapat dibuat bootable atau tidak.




5. Putuskan Sambungan Komputer Anda dari Internet


Jika anda telah menghubungkan system anda ke internet melalui kabel ethernet, maka anda perlu meputuskan koneksi internet terlebih dahulu dengan mencabut kabel ethernet. Stelah itu, anda dapat memulai proses instalasi Windows di komputer anda. Solusi ini membantu beberapa pengguna yang mengalami masalah ini.



6. Hapus Semua Partisi dan Coba Lagi


Partisi yang dibuat sebelumnya terkadang dapat menyebabkan konflik selama proses instalas Windows. Ini juga mungkin menjadi penyebab anda mendapatkan masalah ini di komuter anda. Jadi, saya menyarankan anda untuk menghapus semua partisi dari hard drive tempat anda menginstall Windows dan kemudian menginstall ulang Windows. Ini akan membantu.



Jika anda memiliki banyak hard disk, katakanlah satu SSD dan HDD lainnya, maka berhati-hatilah saat menghapus partisi. Anda akan melihat nomor Disk pada layar instalasi, seperti Disk 0, Disk 1 dan lainnya, beserta ukurannya. Ini akan membantu anda mengidentifikasi mana yang SSD dan mana yang HDD.


Perhatikan bahwa anda akan kehilangan data anda, jadi anda mungkin ingin membackup data anda pada disk tersebut terlebih dahulu sebelum melanjutkan proses instalasi Windows.



7. Reset BIOS


Jika masalah masih berlanjut, maka mereset BIOS pada system anda ke pengaturan default mungkin dapat membantu anda memperbaiki masalah ini. Jadi, anda perlu melakukan itu dan coba install kembali Windows di komputer anda. Semoga itu memperbaiki masalah yang anda hadapi.



8. Masalah Hardware


Jika tidak ada perbaikan di atas yang menyelesaikan masalah, kemungkinan ada masalah hardware yang menyebabkan instalasi Windows stuck di Getting files ready for installation. Selain HDD atau SSD anda, RAM anda juga bisa menjadi penyebabnya. Jadi, jika anda memiliki banyak stik RAM yang terpasang di komputer anda, maka anda perlu memeriksanya satu per satu. Kemungkinan, salah satu stik RAM tersebut rusak dan menyebabkan masalah ini.


Sementara itu, beberapa pengguna menganggap motherboard mereka bertanggung jawab atas masalah ini. Saat mereka mengganti motherboard mereka, masalahnya dapat diperbaiki.



Semoga membantu anda!


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki instalasi Windows stuck di Getting files ready for installation. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Instalasi Windows Stuck di Getting files ready for installation"