Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memeriksa Apakah USB Drive Dapat Dibuat Bootable atau Tidak di Windows 10/11


Jika anda baru saja membuat bootable USB drive, anda mungkin ingin mengetahui apakah itu berhasil atau tidak. Anda dapat me-restart komputer anda dan mencoba untuk mem-boot dari drive, tetapi jika anda lebih suka tidak me-restart komputer anda, anda dapat menggunakan salah satu metode di bawah ini untuk mengetahui apakah USB drive dapat di-boot atau tidak di Windows 10 atau Windows 11.


Menggunakan MobaLiveCD

Cara termudah untuk memeriksa keadaan drive yang dapat di-boot adalah dengan MobaLiveCD. Ini benar-benar akan menjalankan mesin virtual ad-hoc dan mencoba untuk memboot dari USB anda, jadi ini cara yang cukup baik untuk memeriksa keadaan drive yang dapat di-boot.

1. Download MobaLiveCD dari situs web pengembang.

2. Setelah selesai download, klik kanan pada EXE yang didownload dan pilih Run as Administrator untuk menu konteks. Jika anda tidak menjalankan program sebagai administrator, anda akan mendapatkan error dengan pesan Setup cannot copy the file kqemu.sys dan anda tidak akan dapat melanjutkan melewati langkah lima.


3. Klik pada tombol berlabel Run the LiveUSB di bagian bawah jendela.


4. Pilih USB drive yang ingin anda uji dari menu drop-down. Dalam hal ini saya telah memilih drive I:/. Jika anda tidak yakin apa huruf drive itu, periksa jendela Explorer dan cari drive di sidebar.


5. Ketika diminta untuk membuat hard disk untuk mesin virtual anda, klik No.


6. Selanjutnya, anda akan melihat prompt perintah muncul dengan sedikit teks boot-up. Ini berarti mesin virtual sedang mencoba untuk boot dari drive yang anda pilih pada langkah sebelumnya.


7. Jika anda melihat logo Windows, ini artinya drive anda dapat di-boot! Anda dapat mengklik X di kanan atas untuk menutup jendela.


Jika proses membeku atau hang di jendela perintah, maka drive anda tidak dapat di-boot.


Menguji Disk Image Menggunakan Magic ISO Maker

Anda juga dapat menggunakan Magic ISO Maker freeware (diakui sangat lama) untuk melihat apakah disk image dapat di-boot. Ini sebenarnya bekerja paling baik pada image itu sendiri, tetapi itu adalah cara yang baik untuk memastikan image dapat di-boot sebelum anda membakarnya ke USB.

1. Download Magic ISO Maker. Jika anda telah menggunakan komputer sejak tahun sembilan puluhan, anda mungkin merasakan nostalgia dari layar penginstal yang terlihat kuno.

2. Setelah instalasi selesai, buka Magic ISO Maker dan pilih Open ... dari menu File.


3. Pilih file ISO anda dari menu.


4. Lihat di bar menu. Jika tertulis Bootable, ISO itu akan dapat di-boot setelah dibakar ke CD atau USB drive. Jika tidak dikatakan bisa bootable, jelas tidak akan berhasil membuat media yang bisa di-boot.


Cara terbaik untuk menguji apakah drive bootable adalah dengan benar-benar mencoba untuk mem-boot komputer anda dari drive anda. Tetapi jika anda memilih untuk tidak me-restart komputer anda, anda dapat menggunakan MobaLiveCD untuk menguji drive. Jika anda mencoba memastikan disk image (seperti ISO atau DMG) dapat di-boot sebelum anda membakarnya ke USB atau CD, anda dapat menggunakan Magic ISO Maker untuk melihat apakah image tersebut berisi file yang diperlukan untuk boot dengan benar.

Sekian tutorial kali ini semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa bagikan pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini di kolom komentar dibawah ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Memeriksa Apakah USB Drive Dapat Dibuat Bootable atau Tidak di Windows 10/11"