Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error 0xc10100bf, This file isn’t playable pada Media Player

 


Saat anda memutar sebuah file video pada media player tertentu, anda mungkin mendapatkan error code 0xc10100bf yang mengatakan This file isn’t playable (File ini tidak dapat diputar). Error ini pada umumnya muncul ketika media player tidak kompatibel dengan format file video yang ingin anda putar. Jika anda juga mengalami masalah yang sama, maka artikel ini memberikan solusi untuk mengatasi error ini. Pesan error yang ditampilkan akan terlihat seperti berikut ini.

Can’t play

This file isn’t playable. That might be because the file type is unsupported, the extension is incorrect, or the file is corrupt.

0xc10100bf




Memperbaiki Error 0xc10100bf, This file isn’t playable pada Media Player


Untuk memperbaiki error code 0xc10100bf dengan pesan error This file isn’t playable ini, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengupdate driver USB dan OS Windows anda . Selain itu, ikuti solusi berikut untuk memperbaiki masalah ini.


1. Periksa File yang Coba Diputar


Sebelum anda membuat perubahan apapun pada system anda, periksa file yang anda hadapi errornya. Mungkin file tersebut rusak dan menyebabkan error 0xc10100bf ini. Anda mungkin perlu memperbaiki file video yang rusak atau anda dapat mendownload ulang file video tersebut dari sumber yang dapat dipercaya. Setelah itu, periksa apakah file tersebut dapat diputar tanpa masalah.



2. Jalankan Video Playback dan Windows Media Player Troubleshooter


Langkah selanjutnya untuk memperbaiki masalah ini adalah menjalankan Video Playback dan Windows Media Player Troubleshooter. Tool ini akan membantu pengguna Windows memperbaiki video playback dan masalah terkait dengan Windows media player. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menjalankannya.


Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih Update & Security di jendela Settings.
  • Di halaman berikutnya, klik Troubleshoot di panel kiri dan klik Additional troubleshooters di panel kanan.
  • Selanjutnya, klik Video Playback dan kemudian klik Run the troubleshooter.
  • Jendela troubleshooter akan terbuka dan mulai menscan.
  • Tunggu beberapa saat dan setelah itu, pilih opsi I want to continue with this troubleshooter.
  • Selanjutnya, ikuti petunjuk yang di tampilkan untuk menyelesaikannya.



Sementara untuk menjalankan Windows Media Player Troubleshooter di Windows 10, anda munkin perlu menjalankan troubleshooter melalui Command Prompt atau mengaksesnya dari Control Panel.


Di Windows 11:

  • Buka Settings Windows menggunakan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik System di panel kiri dan kemudian klik Troubleshoot di panel kanan.
  • Selanjutnya, klik Other troubleshooters di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, temukan Video Playback di panel kanan dan klik Run yang berada disampingnya.
  • Jendela troubleshooter akan muncul dan mulai menscan.
  • Setelah itu, pilih opsi I want to continue with this troubleshooter.
  • Troubleshooter akan mulai mendeteksi masalah dan jika ditemukan, ikut petunjuk yang di tampilkan untuk menyelesaikannya.



Setelah selesai, periksa apakah itu memperbaiki masalah atau tidak. Jika tidak, maka anda dapat menjalankan Windows Media Player Troubleshooter yang terletak dibawah Video Playback.



3. Verifikasi Format File dan Codec


Error 0xc10100bf juga dapat terjadi jika media player tidak mendukung format file video dan codec. Ini karena beberapa media player dibatasi oleh jenis file yang dapat diputar. Jika format file tidak didukung, maka anda perlu mendownload codec yang didukung dan kemudian install di komputer anda. Namun sebelum itu, anda dapat memeriksa codec yang diinstall di Windows anda.




4. Gunakan Media Player yang Berbeda


Anda juga dapat mencoba menggunakan media player lain jika tidak satupun dari saran ini yang membantu anda. Error ini mungkin terletak pada file inti dari media player anda dan anda tidak dapat memperbaikinya. Ada banyak media player yang dapat anda gunakan untuk memutar file video anda, namun anda dapat menggunakan VLC Media Player, GOM Player atau DivX Player.




Semoga membantu anda!


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 0xc10100bf, This file isn’t playable pada Media Player di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error 0xc10100bf, This file isn’t playable pada Media Player"