Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error 0x80243FFF Windows Update di Windows 10/11

 


Error 0x80243FFF adalah error tingkat system yang terjadi selama update Windows otomatis. Artikel ini akan menjelaskan cara memperbaiki error 0x80243FFF ini. Pesan error lengkap akan terlihat seperti berikut ini.

WE_E_AUCLIENT_UNEXPECTED 0x80243FFF

There was a user interface error not covered by another WU_E_AUCLIENT_ error code.


Error 0x80243FFF Windows Update dapat terjadi karena beberapa alasan, seperti kegagalan UI (AU Client) yang tidak terduga, kerusakan file saat update sedang didownload, serangan malware pada system Windows atau jika update otomatis dari Microsoft tidak berfungsi. Jika anda mengalami error ini dan kesulitan menginstall update pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda dapat melanjutkan membaca artikel ini untuk mengetahui cara memperbaiki error tersebut.



Memperbaiki Error 0x80243FFF Windows Update di Windows 10/11


Anda dapat menggunakan beberapa solusi berikut ini untuk memperbaiki error 0x80243FFF saat mengupdate Windows 10 atau Windows 11 anda.



1. Jalankan Windows Update Troubleshooter


Mulailah dengan menjalankan Windows Update Troubleshooter. Ini akan mengidentifikasi masalah apapun yang mungkin mencegah system anda mendownload atau menginstall update dan berupaya memperbaikinya secara otomatis.


Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih Update & Security di jendela Settings.
  • Selanjutnya, pilih Troubleshoot di panel kiri dan klik Additional troubleshooters di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik Windows Update diikuti dengan mengklik Run the troubleshooter untuk membuka troubleshooter.
  • Jendela troubleshooter akan terbuka. Ikuti petunjuk yang di tampilkan dan biarkan proses troubleshooter berjalan hingga selesai.



Di Windows 11:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik System di panel kiri dan kemudian klik Troubleshoot di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik Other troubleshooters di panel kanan.
  • Selanjutnya di panel kanan, klik Run di samping Windows Update untuk membuka jendela troubleshooter.
  • Troubleshooter akan melakukan tugasnya. Biarkan hingga selesai.




2. Perbaiki Client Windows Update Menggunakan DISM


Jika Windows Update Troubleshooter tidak dapat memperbaiki error ini, maka anda dapat mencoba memperbaiki client Windows Update menggunakan Deployment Image Servicing and Management (DISM).


DISM merupakan tool command line bawaan Windows yang digunakan untuk menscan atau memperbaiki system image Windows. Untuk menemukan dan memperbaiki file system yang rusak atau hilang di system anda, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.

DISM.exe /Online /Cleanup-image /Restorehealth


  • Perintah diatas akan menscan system anda dari file system yang rusak dan memperbaikinya secara otomatis.
  • Sekarang jalankan perintah berikut di jendela Command Prompt. Perhatikan bahwa anda mungkin perlu mengganti C:\RepairSource\Windows dengan sumber perbaikan milik anda.
DISM.exe /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth /Source:C:\RepairSource\Windows /LimitAccess


Perintah diatas memberitahu DISM untuk memperbaiki system image menggunakan sumber perbaikan anda sendiri (instalasi Windows yang berjalan, folder Windows dari network share atau lainnya) bukan dari Windows Update.

Setelah menjalankan dua perintah di atas, tutup jendela Command Prompt. Sekarang coba lagi untuk menginstall update Windows dan lihat apakah itu berfungsi saat ini.


3. Reset Windows Update Component

Jika masalah terus berlanjut, maka anda dapat mereset Windows Update Component ke pengaturan default. Proses ini melibatkan menjalankan serangkaian perintah di Command Prompt, jadi penting untuk berhati-hati saat menjalankan setiap perintah. Atau anda juga dapat menggunakan Reset Windows Update Tool untuk meresetnya secara otomatis. Setelah proses selesai, Windows Update Component akan dikonfigurasi ulang dan berfungsi seperti semula dan update yang terhenti akan diinstall pada PC anda yang menjalankan Windows 10 atau Windows 11.



4. Install Windows Update di Clean Boot

Saat anda masuk ke Windows secara normal, beberapa aplikasi dan service mulai berjalan di background. Aplikasi dan service ini dapat menyebabkan konflik software saat anda mencoba menginstall update Windows. Clean Boot mengacu pada proses starting Windows dengan pengaturan minimal driver dan program startup untuk menghilangkan konflik software tersebut.

Untuk melakukan Clean Boot, anda perlu menonaktifkan semua service yang bukan dari Microsoft dan item startup, kemudian merestart PC anda. Setelah restart, system anda akan memasuki lingkungan Clean Boot. Disana, anda dapat mencoba menginstall update Windows anda. Jika instalasi berhasil, maka anda dapat melanjutkan dan memulai Windows secara normal .



5. Download Update Secara Manual dari Microsoft Update Catalog

Jika update masih gagal diinstall dalam Clean Boot, maka download update secara manual dari Microsoft Update Catalog dan kemudian menginstallnya di komputer anda.

Anda hanya perlu mengetahui nomor KB yang terkait dengan update Windows yang gagal dan mencarinya di halaman Microsoft Update Catalog. Kemudian mendownload update yang diperlukan dan install di system anda dengan mengikuti petunjuk di layar. Setelah itu, restart komputer anda sekali untuk menyelesaikan penginstalan update.



Semoga membantu!

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 0x80243FFF Windows Update di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error 0x80243FFF Windows Update di Windows 10/11"