Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Beberapa Tombol Keyboard Tidak Berfungsi dengan Tombol Shift

 


Tombol Shift adalah tombol pengubah yang digunakan untuk mengetik huruf kapital dan karakter khusus lainnya. Anda juga dapat menggunakan tombol CAPS Lock untuk mengetikkan huruf kapital, tetapi tidak ada cara lain untuk mengetikkan karakter khusus selain dengan bantuan tombol Shift. Masalah ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti driver keyboard yang rusak, konflik dengan aplikasi background pihak ketiga atau masalah kecil lainnya.


Oleh karena itu, jika tombol Shift pada keyboar anda berhenti berfungsi di Windows 10 dan Windows 11 atau jika beberapa tombol keyboard tidak berfungsi ketika digunakan bersamaan dengan tombol Shift, maka ada beberapa solusi yang dapat anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.



Memperbaiki Beberapa Tombol Keyboard Tidak Berfungsi dengan Tombol Shift


Pengguna yang mengalami masalah ini melaporkan bahwa beberapa tombol keyboard tidak berfungsi saat digunakan bersamaan dengan tombol Shift di Windows 10 atau Windows 11. Berikut adalah beberapa solusi yang dapat anda coba untuk memperbaiki masalah ini.



1. Daftar Periksa Awal


Hal pertama yang perlu anda lakukan, tindakan sederhana sebagai pemeriksaan awal. Jika ini berhasil, maka anda akan menghemat waktu anda.

  • Restart komputer anda. Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya di artikel ini, bahwa masalah ini dapat terjadi karena kesalahan kecil. Dalam kasus seperti itu, merestart komputer akan memperbaiki masalah ini.
  • Coba keyboard lain. Jika anda adalah pengguna laptop, maka anda dapat menghubungkan keyboard eksternal dan memeriksa apakah masalah terjadi.


Kemungkinan terjadinya error pada hardware relatif kecil dalam kasus ini karena tombol tersebut berfungsi dengan baik ketika tombol Shift tidak ditekan, namun tombol tersebut berhenti berfungsi ketika tombol Shift ditekan. Jika langkah-langkah sebelumnya tidak berhasil, anda dapat mencoba solusi berikut.



2. Jalankan Troubleshooter yang Sesuai


Saya juga menyarankan anda menjalankan troubleshooter yang sesuai dan lihat apakah itu membantu. Disini, anda dapat menjalankan Hardware and Devices Troubleshooter dan juga Keyboard Troubleshooter.


Untuk menjalankan Keyboard Troubleshooter, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.


Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan kemudian pilih Update & Security di jendela Settings.
  • Selanjutnya, klik Troubleshoot di panel kiri dan klik Additional troubleshooters di panel kanan.
  • Kemudian di panel kanan, klik Keyboard dan klik Run the troubleshooter.
  • Jendela Troubleshooter akan terbuka. Ikuti semua petunjuk di layar untuk menyelesaikan proses perbaikannya.



Di Windows 11:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, klik System di panel kiri dan klik Troubleshoot di panel kanan.
  • Selanjutnya, klik Other troubleshooters di panel kanan.
  • Kemudian, temukan Keyboard dan klik Run yang berada disampingnya.
  • Jendela troblesoot akan muncul. Ikuti petunjuk di jendela Troubleshooter yang muncul.




3. Install Ulang Driver Keyboard Anda


Salah satu kemungkinan penyebab masalah ini adalah kerusakan pada driver keyboard anda. Untuk mengatasi masalah ini, saya merekomendasikan anda untuk menginstall ulang driver keyboard di komputer anda. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat anda lakukan untuk menginstall ulang driver keyboard.

  • Tekan tombol Win + X dan pilih Device Manager dari menu yang muncul.
  • Di jendela Device Manager, perluas Keyboards.
  • Kemudian, klik kanan pada driver keyboard dan dan pilih Uninstall device.
  • Di jendela konfirmasi, beri ceklist pada opsi Delete the driver software for this device (jika di tampilkan) dan klik Uninstall.


  • Setelah anda berhasil menguninstallnya, restart komputer anda.
  • Setelah rbooting, Windows akan secara otomatis akan menginstall driver keyboard yang hilang.


Setelah proses instalasi driver selesai, periksa apakah masalahnya masih ada atau tidak dengan mencoba menggunakan tombol Shift bersama dengan tombol-tombol keyboard lainnya.


Anda juga dapat mencoba langkah berikut ini. Download driver keyboard versi terbaru dari website resmi pabrikan, kemudian menginstall driver secara manual di komputer anda. Terkadang, menginstall driver dalam compatibility mode dapat berfungsi.



4. Pecahkan Masalah di Clean Boot


Masalah ini juga mungkin terjadi karena aplikasi background pihak ketiga yang bertentangan. Untuk memeriksanya, anda perlu melakukan Clean Boot. Jika masalah ini hilang dalam Clean Boot, maka anda harus memecahkan masalah ini dalam kondisi Clean Boot. Dalam Clean Boot, anda dapat mengidentifikasi aplikasi atau service pihak ketiga yang menyebabkan masalah ini.


Untuk itu, aktifkan beberapa aplikasi startup dan restart komputer anda dan periksa status masalah. Jika masalah muncul, maka salah satu aplikasi yang baru saja anda aktifkan adalah penyebabnya. Jika masalah tidak muncul, aktifkan kembali aplikasi startup lainnya dan restart komputer anda. Untuk mengidentifikasi pelakunya, nonaktifkan kembali aplikasi startup yang baru saja anda aktifkan  satu per satu sambil merestart komputer anda setiap kali anda menonaktifkan satu aplikasi startup. Setelah merestart, periksa apakah masalahnya sudah diperbaiki atau belum.



Ulangi proses diatas hingga anda mengidentifikasi service pihak ketiga yang bertentangan dan menyebabkan masalah ini. Namun kali ini, anda harus menggunakan aplikasi MSConfig. Lakukan itu dengan hati-hati dan anda tidak boleh menonaktifkan service dari Microsoft.



5. Apakah Anda Menggunakan Audio Switcher atau Software Serupa?


Komputer Windows memungkinkan pengguna fasilitas untuk menginstall berbagai software pihak ketiga. Beberapa software juga memungkinkan kita mengatur hotkey untuk melakukan tindakan tertentu. Jenis software seperti itu dapat mengganggu fungsi normal Windows jika anda menggunakan hotkey yang sama yang digunakan oleh Windows. Masalah serupa dilaporkan oleh beberapa pengguna dimana mereka menggunakan software Audio Switcher dan mengkonfigurasi tombol Shift + tombol lain untuk mengganti sound card atau perangkat audio.


Shortcut keyboard tersebut mengganggu Windows dan menghentikan tombol tertentu untuk bekerja bersama dengan tombol Shift. Jadi, anda juga harus memeriksa ini.



6. Apakah Anda Menggunakan Keyboard Multimedia?


Apakah anda menggunakan keyboard multimedia? Jika ya, maka periksa apakah key multimedia macet atau tidak. Menurut beberapa laporan, masalah ini dapat terjadi pada keyboard multimedia saat salah satu tombol multimedia macet.




7. Reset Keyboard Anda


Jika tidak ada solusi perbaikan diatas yang dapat membantu anda, maka anda dapat mereset keyboard anda. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.


Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih Time & Language di jendela Settings.
  • Di halaman berikutnya, pilih Language di panel kiri.
  • Di panel kanan, pergi ke bagian Preferred languages dan pilih bahasa anda. Jika bahasa pilihan anda tidak tersedia, maka anda dapat menambahkannya dengan mengklik tombol Add a language.
  • Setelah memilih bahasa anda, klik Panah Atas untuk memindahkannya ke posisi pertama dalam daftar bahasa.
  • Jika bahasa pilihan anda sudah berada diatas, maka pindahkan dulu kebawah dan kemudian pindahkan lagi keatas.



Di Windows 11:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, pilih Time & Language di panel kiri dan klik Language & Region di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya di panel kanan, anda akan melihat semua bahasa yang anda tambahkan di bagian Preferred languages.
  • Untuk mereset keyboard anda dengan bahasa pilihan anda, klik tiga titik horizontal dan pilih Move up. Pindahkan ke posisi pertama.



Dengan melakukan langkah-langkah diatas di masing-masing system operasi anda, maka itu akan mereset keyboard anda dan semoga itu dapat memperbaiki masalah ini.


Anda juga dapat memperbaiki masalah keyboard mengetik huruf yang salah atau keyboard laptop tidak berfungsi jika itu terjadi pada anda. Juga ada beberapa perbaikan lain yang terkait dengan masalah keyboar di Windows 10 atau WIndows 11. Anda dapat menelusuri blog ini untuk mendapatkan artikelnya.


Semoga membantu anda!


Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki beberapa tombol Keyboard tidak berfungsi dengan tombol Shift di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Beberapa Tombol Keyboard Tidak Berfungsi dengan Tombol Shift"