Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki NVIDIA Performance Automatic Tuning Tidak Aktif atau Berfungsi

 


Apakah Performance Automatic Tuning pada Nvidia Geforce Experience tidak berfungsi di komputer anda? Fitur Automatic Tuning ini memungkinkan pengguna graphics card NVIDIA untuk menyesuaikan pengaturan graphics game mereka secara otomatis. Fitur ini bekerja dengan cara menganalisis performa/kinerja system anda menggunakan algoritme canggih dan kemudian mengoptimalkan pengaturan game anda sesuai dengan hasil analisis tersebut.


Anda dapat mengaktifkan fitur Automatic Tuning dengan mudah melalui aplikasi Geforce Experience. Namun, beberapa pengguna mengalami masalah dimana fitur ini tidak berfungsi atau tidak aktif di PC mereka. Beberapa dari mereka telah melaporkan bahwa menutup semua aplikasi background membantu memperbaiki masalah tersebut. Jika anda mengalami masalah yang sama, maka anda dapat mencoba hal yang sama dan melihat apakah masalahnya teratasi. Jika tidak, anda dapat mencoba metode perbaikan lain yang telah ksaya sediakan dalam artikel ini.




Memperbaiki NVIDIA Performance Automatic Tuning Tidak Aktif atau Berfungsi


Jika fitur Automatic Tuning di Nvidia Geforce Experience tidak berfungsi atau aktif di Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda dapat menggunakan beberapa metode perbaikan dibawah ini untuk memperbaiki masalah tersebut.



1. Install Ulang Driver Garphics


Jika masalah disebabkan oleh driver graphics NVIDIA yang rusak atau bermasalah, maka anda dapat mencoba menguninstall driver yang sudah terinstall dan kemudian menginstall ulang driver dengan versi terbaru. Melakukan clean install driver graphics card NVIDIA akan memperbaiki masalah yang anda hadapi ini.


Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menguninstall driver graphics NVIDIA. Saya sarankan anda melakukannya di Safe Mode untuk hasil terbaik, namun anda juga dapat melakukannya di normal mode. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat anda ikuti untuk melakukannya.

  • Tekan tombol Win + X dan pilih Device Manager.
  • Di jendela Device Manager, perluas Display adapters.
  • Selanjutnya, klik kanan pada driver graphics NVIDIA anda dan pilih Uninstall device dari menu konteks.
  • Kemudian, beri ceklist pada opsi Delete the driver software for this device dan klik Uninstall di jendela konfirmasi yang muncul.


  • Setelah itu, ikuti instruksi yang diminta untuk menyelesaikan proses penghapusan instalasi.

  • Setelah selesai proses uninstall selesai, klik menu Action dan pilih Scan for hardware changes. Driver graphics yang hilang akan diinstall ulang secara otomatis. Anda juga dapat merestart komputer anda dan Windows akan menginstall ulang driver graphics secara otomatis.



Setelah driver graphics anda diinstall ulang, periksa apakah anda dapat mengaktifkan fitur Automatic Tuning di Nvidia Geforce Experience atau berfungsi dengan baik atau tidak.


Anda juga dapat mendownload driver graphics NVIDIA versi terbaru dari website NVIDIA dan kemudian menginstallnya di komputer anda. Atau anda dapat mencoba mengupdate driver grahics NVIDIA dan melihat apakah itu memperbaiki masalah.



2. Nonaktifkan Instant Replay


Beberapa pengguna melaporkan bahwa menonaktifkan fitur Instant Replay di Nvidia Geforce Experience dapat membantu memperbaiki masalah yang terjadi. Jadi, anda juga dapat mencoba hal yang sama dan melihat apakah masalahnya teratasi. Berikut adalah langkah-langkah untuk menonaktifkan fitur Instant Replay.

  • Buka aplikasi Geforce Experience.
  • Selanjutnya, tekan tombol Alt + Z untuk menyesuaikan pengaturan overlay.
  • Setelah itu, klik opsi Instant Replay dan klik Turn off.



Setelah anda melakukan itu, keluar dari pengaturan overlay dan periksa apakah masalahnya telah teratasi.



3. Pecahkan Masalah di Clean Boot


Jika masalah yang terjadi pada Nvidia Geforce Experience disebabkan oleh konflik software pihak ketiga, maka anda dapat mencoba memboot komputer anda ke Clean Boot dan melihat apakah masalah ini teratasi atau tidak.


Jika masalah Nvidia Geforce Experience berhasil teratasi saat komputer anda dalam Clean Boot, maka langkah selanjutnya adalah mengaktifkan service pihak ketiga satu per satu untuk mengetahui service mana yang menyebabkan masalah tersebut. Setelah anda menemukan program yang menyebabkan masalah, anda dapat menonaktifkannya atau menguninstall aplikasi yang menggunakan service tersebut secara permanen dari komputer anda.




Semoga anda dapat menyelesaikan masalah menggunakan solusi yang disebutkan dalam artikel ini.


Sekian tutorial saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki NVIDIA Performance Automatic Tuning tidak aktif atau berfungsi di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki NVIDIA Performance Automatic Tuning Tidak Aktif atau Berfungsi"