Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error Code 30015-26 dan 30015-45 pada Microsoft Office di Windows 10/11

 


Seperti halnya software lainnya, Office juga rentan terhadap masalah dan error sementara. Dalam artikel ini, saya akan membahas berbagai solusi untuk mengatasi error yang terjadi saat melakukan proses instalasi atau update suite Office dengan error code 30015-26 yang diikuti dengan error code 30015-45 pada Windows 10 atau Windows 11 anda.


Jika terjadi error code 30015-26 dan/atau diikuti dengan error code 30015-45, maka pesan error mungkin akan muncul akan mengatakan Something went wrong dimana itu mengindikasikan bahwa ada masalah dan meminta anda untuk mencari bantuan online.



Beberapa alasan yang dapat menyebabkan error code 30015-26 atau 30015-45 saat melakukan instalasi atau update Microsoft Office adalah karena konflik dengan software lain, kehilangan atau kerusakan file system, koneksi yang buruk, kurangnya ruang disk yang cukup dan kerusakan registry atau kesalahan value key registry yang salah.



Memperbaiki Error Code 30015-45 dan 30015-26 pada Microsoft Office


Untuk memperbaiki error code 30015-26 atau 30015-45 saat menginstall atau mengupdate Office, saya merekomendasikan untuk memeriksa koneksi internet anda, menjalankan scan SFC dan untuk sementara menonaktifkan firewall dan antivirus anda saat mengikuti solusi yang tercantum dalam artikel ini.



1. Jalankan Disk Cleanup Tool


Melakukan scan dengan Disk Cleanup tool dapat memberikan lebih banyak ruang pada disk anda sehingga instalasi Office memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk file aplikasinya. Dengan begitu, hal ini dapat membantu mengatasi error code 30015-26 atau 30015-45 saat menginstall atau mengupdate Office di Windows 10 atau Windows 11 anda.




2. Perbaiki Office


Jika anda sudah menginstall Office tetapi tidak dapat mengupdatenya, maka coba perbaiki instalasi Office tersebut. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik control dan tekan Enter untuk membuka Control Panel.
  • Di jendela Control Panel, ubah View by ke Category dan klik Uninstall a Program di bawah bagian Programs.
  • Di halaman berikutnya klik Microsoft Office dari daftar program yang muncul dan klik Change.
  • Utilitas Microsoft Office Repair akan terbuka.
  • Pertama, pilih Quick Repair dan klik Repair. Konfirmasikan prosesnya dan tunggu beberapa saat hingga selesai.
  • Jika tidak memperbaiki error, anda dapat memilih Online Repair dan dan klik Repair untuk menjalankan perbaikan Office secara online.
  • Setelah itu, restart Microsoft Office anda untuk melihat apakah masalah telah diperbaiki atau tidak.



Untuk pengguna Microsoft 365, anda dapat memperbaiki Office anda menggunakan Command Prompt.



3. Gunakan Microsoft Support and Recovery Assistant


Jika memperbaiki Office tidak berhasil, maka anda dapat menjalankan Microsoft Support and Recovery Assistant untuk memperbaiki Office anda atau anda juga dapat menggunakannya untuk menguninstall Office sepenuhnya dari komputer anda. Anda dapat menggunakan versi Command Line dari Microsoft Support and Recovery Assistant jika anda menyukainya.




4. Perbaiki Registry


Error code ini juga dapat terjadi jika terjadi kerusakan pada registry anda. Jadi anda perlu memperbaiki registry yang bermasalah tersebut. Namun sebelum melakukannya, saya menyarankan anda membackup registry atau membuat system restore point terlebih dahulu. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk memperbaiki error Office ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.
HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Office\11.0
HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Office\12.0
HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Office\14.0
HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Office\15.0
HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Office\16.0
HKEY_CURRENT_USER\Software\Wow6432Node\Microsoft\Office\11.0
HKEY_CURRENT_USER\Software\Wow6432Node\Microsoft\Office\12.0
HKEY_CURRENT_USER\Software\Wow6432Node\Microsoft\Office\14.0
HKEY_CURRENT_USER\Software\Wow6432Node\Microsoft\Office\15.0
HKEY_CURRENT_USER\Software\Wow6432Node\Microsoft\Office\16.0
  • Di lokasi masing-masing, anda perlu menghapus key registry 11.0, 12.0, 14.0, 15.0 dan 16.0 dengan mengklik kanan pada masing-masing keyreg dan pilih Delete, kemudian klik Yes pada jendela konfirmasi.


  • Setelah anda menghapus semua keyreg, pergi ke jalur berikut ini.
HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Office\Common
  • Di lokasi, klik dobel pada masing-masing DWORD berikut ini di panel kanan.
    • LicenseServers
    • LicenseServerRedirection
    • AutoExpandDLsEnable
    • PassportAuthProvider
  • Di jendela edit DWORD, ubah Value data masing-masing DWORD menjadi 0 (nol) dan klik OK untuk menyimpan pengaturan anda.


  • Setelah anda melakukan semua perubahan diatas, tutup Registry Editor dan restart komputer anda.

Setelah itu lihat apakah error ini telah di perbaiki atau tidak.


5. Install Ulang Office

Jika masalah belum di perbaiki, maka anda perlu menginstall ulang aplikasi Microsoft Office anda. Anda perlu menguninstall aplikasi dan menghapus semua file sisa secara komplit dari system anda untuk menghindari error yang sama. Anda dapat menggunakan software uninstaller pihak ketiga untuk melakukan tugas itu. Setelah anda menguninstallnya, anda dapat mendownload Office dari website Microsoft dan kemudian menginstallnya kembali di komputer anda.


Semoga membantu anda!

Sekian tutorial saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error code 30015-26 dan 30015-45 pada Microsoft Office di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error Code 30015-26 dan 30015-45 pada Microsoft Office di Windows 10/11"