Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error 0xc0000242 Boot BCD di Windows 10/11

 


Error Boot dan Recovery adalah masalah umum yang terjadi pada system operasi Windows. Error ini seringkali dilengkapi dengan error code yang berbeda-beda dan menyebabkan anda tidak dapat masuk ke Windows anda. Salah satu contohnya adalah error Boot BCD dengan error code 0xc0000242. Pesan error akan di tampilkan seperti berikut ini.

Recovery

Your PC/Device needs to be repaired

An unexpected error has occurred.

Error code: 0xc0000242

You will need to use recovery tools. If you don't have any installation media (like a disc or USB device), contact your PC administrator or PC/Device manufacturer.



Error BCD dengan error code 0xc0000242 mengacu pada status Windows dimana Windows gagal melakukan booting secara normal. Ini terjadi karena tidak tersedianya Boot Configuration Data (BCD). File BCD berisi aplikasi boot dan pengaturan aplikasi boot. Jika file tersebut rusak atau hilang dari komputer anda, maka itu menyebabkan komputer tidak dapat booting.


Dalam artikel ini, kita akan melihat beberapa metode perbaikan yang berfungsi untuk memperbaiki error Boot Configuration Data (BCD) dengan error code 0xc0000242 di PC Windows 10 atau Windows 11 anda.



Memperbaiki Error 0xc0000242 Boot BCD di Windows 10/11


Untuk mengatasi error Boot BCD dengan error code 0xc0000242, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan dan biasanya memerlukan penggunaan Recovery Tools bawaan Windows atau Media Instalasi Windows.


Jika anda mengalami masalah dengan error Boot BCD 0xc0000242, maka langkah pertama anda adalah mencoba menekan tombol Enter untuk me-restart komputer dan melihat apakah masalahnya dapat diatasi. Jika komputer dapat diakses untuk sementara waktu, maka sebaiknya anda segera membackup file penting anda. Anda dapat dengan cepat memindahkan file tersebut ke OneDrive atau layanan penyimpanan cloud lainnya untuk memastikan keamanannya. Jika anda tidak dapat booting, maka ikuti langkah-langkah di artikel ini untuk membackup data anda.


Jika anda tidak dapat mengakses komputer anda, maka anda dapat mencoba mengakses layar Advanced Startup Options untuk melakukan beberapa saran. Layar ini menyediakan opsi pemulihan seperti booting ke Safe Mode atau memperbaiki masalah dengan tool recovery bawaan Windows.



1. Gunakan Tool Automatic Repair Windows


Saat mem-boot komputer anda, tekan tombol F8 untuk mencapai layar Advanced Startup Options. Jika ini tidak berhasil, anda memerlukan media instalasi Windows untuk mengaksesnya. Setelah anda memiliki media instalasi, boot menggunakan media inistalasi tersebut. Selanjutnya, anda perlu mengakses Advanced Startup Options dan kemudian menjalankan Automatic Repair atau Startup Repair untuk memperbaiki Windows anda. Setelah selesai, restart komputer anda dan lihat apakah anda masih mendapatkan error Boot BCD dengan error code 0xc0000242 atau tidak.




2. Rebuild BCD Secara Manual


Jika Windows tidak dapat membaca file BCD, maka anda dapat memperbaiki error tersebut dengan merebuild BCD menggunakan Boot Configuration Data Editor. Proses ini tidak akan mempengaruhi data PC anda, tetapi hanya membuat perubahan pada file konfigurasi boot. Untuk memulai proses ini, anda perlu menyiapkan kembali media instalasi Windows dan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Setelah anda booting menggunakan media instalasi, klik pilih Repair your computer.
  • Di halaman berikutnya, pilih Troubleshoot dan klik Advanced options.
  • Selanjutnya, klik Command Prompt.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut dan tekan Enter.
bootrec /rebuildbcd


  • Setelah menjalankan perintah, perintah diatas akan menscan semua disk instalasi Windows dan merebuild file BCD.
  • Setelah selesai, restart PC anda dan anda dapat masuk ke komputer anda.


3. Gunakan Media Instalasi untuk Memperbaiki Komputer Anda

Sebelum anda mempertimbangkan untuk melakukan penginstalan baru, anda perlu memperbaiki komputer Windows menggunakan media instalasi terlebih dahulu. Setelah melakukannya, lihat apakah itu membantu memperbaiki error ini atau tidak.



4. Lakukan Clean Install Windows

Jika semua metode sebelumnya tidak berhasil, maka opsi terakhir yang dapat anda lakukan adalah melakukan clean install Windows. Namun, perlu diingat bahwa ini akan menghapus semua data di dalam drive system anda.



Demikianlah cara-cara yang dapat anda lakukan untuk memperbaiki error Boot BCD dengan error code 0xc0000242 di Windows 10 atau Windows 11. Anda dapat mencoba Automatic Startup Repair dan merebuild BCD secara manual untuk memperbaiki masalah ini. Jika kedua metode tersebut tidak berhasil, maka menginstall ulang Windows adalah satu-satunya solusi yang tersisa.

Sekian tutorial saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Error 0xc0000242 Boot BCD di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error 0xc0000242 Boot BCD di Windows 10/11"