Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error 0x80070520 Saat Aktivasi Windows di Windows 10/11

 


Salah satu error yang sering dihadapi oleh pengguna saat beralih ke laptop atau PC baru atau mengupgrade ke versi Windows yang lebih baru adalah error aktivasi Windows dengan error code 0x80070520. Error ini terkait dengan penginstalan edisi Windows yang salah pada perangkat sebelumnya dan sering ditemukan pada laptop atau PC yang dibeli dari penjual atau OEM. Penjual biasanya menginstall Windows menggunakan Product Key Default, yang hanya dapat digunakan untuk menginstall Windows, bukan untuk mengaktifkan salinan Windows. Karena itu, ketika pengguna menggunakan perangkat tersebut, pesan error ini muncul yang menunjukkan bahwa Windows tidak diaktifkan.


Error aktivasi Windows juga dapat terjadi jika terjadi perubahan besar pada hardware di system tersebut. Meskipun pengguna telah menjalankan Windows Activation Troubleshooter, pesan error tersebut masih muncul.


Pesan error lengkap yang di tampilkan saat masalah ini terjadi akan terlihat seperti berikut ini.

Troubleshooting has completed

We can’t activate Windows on this device right now. You can try activating again later or go to the Store to buy genuine Windows. (0x80070520).

We aren’t able to activate Windows on this device.

Contact Support toGet Help (atau Learn more about Windows Activation).

You can activate this device by going to the Store and purchasing a genuine copy of Windows.



Jika anda melihat pesan error yang sama seperti diatas dengan error code 0x80070520, maka artikel ini akan membantu anda mengatasi masalah ini di PC Windows 10 atau Windows 11 anda.



Memperbaiki Error 0x80070520 Saat Aktivasi Windows


Untuk mengatasi error aktivasi Windows dengan error code 0x80070520, pastikan bahwa versi Windows yang terinstall pada komputer anda adalah genuine atau asli. Versi asli Windows tidak diaktifkan menggunakan metode MAK atau KMS. Selain itu, pastikan bahwa edisi Windows yang diaktifkan adalah edisi yang benar. Misalnya, jika perangkat anda memiliki Windows Pro, maka pastikan saat melakukan clean install (install ulang), anda harus memilih edisi Pro dan bukan edisi Home atau lainnya. Jika anda salah memiilih edisi Windows, maka itu dapat menyebabkan error ini dan jalan satu-satunya untuk memperbaikinya adalah anda harus menginstall ulang Windows dengan edisi yang sama.


Setelah anda menginstall edisi Windows yang benar dan error ini masih terjadi, maka gunakan metode berikut untuk memperbaiki error aktivasi Windows dengan error code 0x80070520 pada Windows 10 atau Windows 11 anda.



1. Rebuild File Activation Token


Metode ini mengharuskan anda merebulid file Tokens.dat atau Activation Token pada system anda, terlepas dari apakah file tersebut rusak atau hilang atau tidak berhasil diupgrade. File Activation Tokens untuk Windows 11/10/8 biasanya terletak di folder berikut ini.

C:\Windows \ServiceProfiles\LocalService\AppData\Local\Microsoft\WSLicense

Untuk merebuild the Tokens.dat file di Windows 10 atau Windows 11 anda, ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut satu per satu sambil menekan Enter.
net stop sppsvc
cd %windir%\ServiceProfiles\LocalService\AppData\Local\Microsoft\WSLicense
ren tokens.dat tokens.bar
net start sppsvc
cscript.exe %windir%\system32\slmgr.vbs /rilc
  • Setelah semua perintah di jalankan, restart komputer anda.


Perhatikan bahwa setelah anda merebuild file Tokens.dat, anda harus mengaktifkan kembali salinan Windows anda dengan memasukkan product key. Untuk melakukan ini, anda dapat melakukannya dari jendela Settings atau klik Activate Windows di pojok kanan bawah layar monitor anda. Setelah itu, anda perlu memvalidasi product key milik anda.

Anda juga dapat menggunakan langkah-langkah di artikel ini untuk memulihkan product key Windows anda.


2. Aktivasi Windows Menggunakan Command Prompt

Selanjutnya, coba aktifkan Windows anda menggunakan Command Prompt jika anda memiliki product key yang valid. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Buka Command Prompt dengan hak administrator seperti langkah diatas.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.
slmgr.vbs /dlv


  • Perintah di atas akan menampilkan detail tentang lisensi Windows dan status aktivasi. Jika anda melihat Activation ID, maka catat itu.
  • Sekarang, masukan perintah berikut dan tekan Enter. Ubah Activation_ID, dengan Activation ID yang anda catat sebelumnya.
slmgr.vbs /upk Activation_ID
  • Jika anda tidak dapat menemukan Activation ID saat menjalankan perintah pertama, maka pada perintah kedua cukup masukan perintah dibawah ini dan tekan Enter.
slmgr.vbs /upk
  • Perintah kedua atau ketiga diatas akan menghapus product key yang diinstall sebelumnya dari perangkat anda.
  • Setelah itu, masukan perintah berikut dan tekan Enter. Ubah Product_Key dengan product key Windows milik anda.
slmgr /ipk Product_Key
  • Perintah di atas akan mengaktivasi Windows menggunakan product key yang anda masukan.

Untuk menemukan product key anda dapat membaca artikel ini.


3. Aktivasi Windows Melalui Ponsel

Anda juga dapat mencoba mengaktivasi Windows melalui telepon. Untuk melakukan ini, anda perlu menelepon Microsoft untuk mendapatkan Confirmation ID untuk mengaktivasi Windows.



4. Aktivasi Kembali Windows Setelah Mengganti Hardware

Salah satu kemungkinan penyebab error aktivasi ini adalah perubahan hardware yang signifikan, seperti mengganti motherboard. Motherboard anda menyimpan product key untuk Windows anda. Jadi jika anda baru saja mengganti motherboard di PC atau laptop anda, maka Windows tidak akan lagi menemukan product key tersebut dan menampilkan error ini.

Untuk memperbaikinya, anda harus mengaktivasi Windows setelah mengganti hardware menggunakan digital license atau product key.




5. Hubungi Penjual atau OEM

Jika anda menghadapi masalah aktivasi setelah membeli PC dari penjual atau original equipment manufacturer (OEM), maka anda perlu menghubungi penjual dan meminta license key untuk mengaktifkan salinan Windows di perangkat anda.


6. Hubungi Microsoft Support

Jika anda telah membeli Windows dari Microsoft, maka hubungi Microsoft Support untuk bantuan lebih lanjut. Anda juga dapat menghubungi Microsoft jika tidak ada yang membantu.


Jika anda memiliki product key Windows lama yang  original, maka anda dapat mencoba langkah-langkah di artikel ini untuk mengaktivasi Windows di PC anda.

Saya harap in membantu anda.

Sekian tutorial saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 0x80070520 saat aktivasi Windows di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error 0x80070520 Saat Aktivasi Windows di Windows 10/11"