Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Aktivasi Windows 10/11 Setelah Mengganti Hardware


Tidak terasa Windows 10 telah berumur lebih dari empat tahun dan sebagian besar pengguna Windows telah beralih Windows 10 ini. Dengan Windows 10, ketika anda mencoba untuk mengaktifkan mesin anda dengan product key unik untuk pertama kalinya, Windows membuat apa yang disebut Installation ID dengan menghitung nilai hash hardware dan menyimpannya di samping product key. Jadi, ketika anda menginstal ulang system operasi anda pada hardware yang sama dengan product key unik yang sama, Windows 10 akan aktif secara otomatis.

Persoalannya sekarang adalah, bagaiman jika PC anda mengalami kegagalan besar yang memerlukan harware baru? Apakah aktivasi anda dengan menggunakan product key dan Installation ID yang sama akan berhasil? Hal ini juga dinyatakan dalam halaman resmi Microsoft.

Untuk mengatasi hal tersebut, pada artikel kali ini saya akan menunjukkan pada anda bagaimana cara mengaktifkan kembali Windows 10 anda setelah mengganti hardware dengan product key dan Installation ID yang sama. Cara ini juga berlaku untuk Windows 11.


Aktifkan Kembali Windows 10/11 Menggunakan Lisensi Digital

Gunakan panduan ini jika anda menginstal ulang Windows 10 tanpa product key yang dicetak atau diemail. Jika Windows 10 atau Windows 11 dapat mengambil product key anda dari motherboard, maka tidak ada lagi yang perlu anda lakukan. Jika PC anda mengalami perubahan harware yang signifikan membuatnya tidak dapat dikenali.

Ketika anda pertama kali mulai menginstal ulang Windows 10 atau Windows 11, proses pengaturan meminta anda untuk memasukkan Product Key. Karena salinan ini tidak memiliki key, klik tautan I don’t have a product key.


Windows 10 atau Windows 11 akan meminta anda untuk versi yang anda miliki (Home, Pro, dll). Setelah itu, pilih Custom: Install Windows Only di jendela berikutnya dan ikuti instruksi instalasi hingga anda mencapai desktop.

Catatan : Jika saat booting anda dapat masuk ke Windows 10 atau Windows 11, anda tidak perlu menginstal ulang. Sebaliknya anda tinggal mengaktifkan kembali melalui Settings App seperti yang dijelaskan dalam langkah-langkah berikut ini.

Pertama, buka Settings di Start Menu. Selanjutnya pilih Update & Security - Activation. Anda akan melihat pesan di sebelah kanan yang menyatakan Windows is not activated atau yang serupa. Klik tautan Troubleshoot.


Di pop-up berikut yang muncul, klik tautan I changed hardware on this device recently.


Masukkan kredensial akun Microsoft anda dan pilih tombol Sign In. Anda akan melihat daftar perangkat anda. Pilih perangkat dengan hardware yang diubah dan beri ceklist pada kotak di sebelah This Is the Device I’m Using Right Now.

Pilih Activate untuk melanjutkan.



Aktifkan kembali Windows 10/11 Menggunakan Product Key

Gunakan panduan ini jika anda membuat PC dari awal dan membeli salinan Windows 10 atau Windows 11. Metode ini memerlukan key khusus yang dicetak atau pada email untuk mengaktifkan Windows 10 atau Windows 11. Panduan ini juga mencakup perangkat dengan Product Key yang terdapat di casing laptop Windows edisi sebelumnya yang di upgrade ke Windows 10 atau Windows 11.

Jika anda menginstal ulang Windows 10 atau Windows 11 dari awal, ketika sampai pada halaman memasukkan product key, masukkan product key anda dan klik tombol Next.

Setelah itu, pilih Custom: Install Windows Only di jendela berikutnya dan ikuti panduan hingga mencapai desktop.

Catatan : Jika saat booting anda dapat masuk ke Windows 10 atau Windows 11, anda tidak perlu menginstal ulang.

Sekarang buka Settings, kemudian Update & Security - Activation. Di panel kanan klik Change product key.


Masukkan product key di jendela pop-up yang muncul dan klik tombol Next.


Jika proses aktivasi selesai dengan sukses, Anda akan mendapatkan pesan Windows is activated.

Jika kedua metode di atas tidak berhasil, anda dapat menghubungi Microsoft support yang seringkali sangat membantu. Ini bukan solusi yang ideal, tetapi jika anda mengalami masalah mengaktifkan kembali Windows 10 atau Windows 11 menggunakan dua metode sebelumnya, anda mungkin perlu menghubungi Microsoft dan menjelaskan situasinya.

Sekian! Semoga membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda untu berbagi pemikiran dan pengalaman anda tentang aktivasi Windows 10 atau Windows 11 setelah mengganti hardware. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Aktivasi Windows 10/11 Setelah Mengganti Hardware"