Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Melihat File Teks di Command Prompt dan PowerShell di Windows 10/11

 


Jika anda ingin melihat file teks di jendela Command Prompt atau PowerShell di system operasi Windows 10 atau Windows 11, berikut adalah tutorial yang akan membantu anda. Anda dapat melihat seluruh file teks atau sebagian kontennya menggunakan beberapa perintah yang berbeda. Meskipun mungkin pertama kali anda terpikir untuk membuka file TXT menggunakan Notepad, sebenarnya ada banyak opsi lain yang dapat anda gunakan. Misalnya, anda dapat menggunakan tool editor teks gratis lain seperti Notepad++, browser web dan lainnya untuk membuka dan membaca file teks. Namun, dalam artikel ini, saya akan fokus pada penggunaan Command Prompt dan Windows PowerShell yang merupakan opsi bawaan yang sederhana.


Saya telah membahas tentang perintah untuk mengelola file dan folder melalui Command Prompt atau menjalankan start command otomatis di Command Prompt atau Powershell. Sekarang mari kita periksa bagaimana kita dapat membaca konten file teks menggunakan kedua utilitas ini secara terpisah.



Cara Melihat File Teks di Command Prompt dan PowerShell


Untuk melihat file teks melalui Command Prompt dan PowerShell, tentunya anda perlu membuka kedua utilitas tersebut. Anda dapat membuka kedua utilitas ini dengan hak administrator. Ikuti langkah berikut untuk membuka salah satu utilitas.

  • Untuk membuka Command Prompt, tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Enter atau tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak admin.
  • Untuk membuka Windows PowerShell, gunakan Search Windows untuk menemukan PowerShell dan klik itu atau pilih Run as administrator. Pada Windows 10, anda dapat menekan tombol Win + X dan pilih Windows PowerShell atau Windows PowerShell (Admin).



1. Cara Melihat File Teks di Command Prompt


Sekarang, mari kita lihat bagaimana cara anda melihat file teks melalui Command Prompt di Windows 10 atau Windows 11 anda.


Setelah anda membuka Command Prompt, masukan perintah Type dan kemudian tambahkan path file teks anda bersama dengan nama file dan ekstensi file, kemudian tekan Enter untuk menjalankan perintah tersebut. Contoh perintahnya akan seperti berikut ini.

Type E:\Mastertipsorialindo.txt


Catatan: Jika path file teks anda memiliki spasi pada nama file atau folder, maka anda perlu menambahkan tanda petik dua di antara path file teks dan ekstensinya. Contoh perintah seperti berikut ini. Ini berlaku untuk semua perintah dalam artikel ini.
Type "E:\New Folder\Mastertipsorialindo.txt"

Atau, anda dapat membuka folder tempat teks anda disimpan, kemudian ketik cmd di address bar dan tekan Enter. Setelah itu, ketik Type, kemudian  ketik nama file teks dan juga ekstensinya. Setelah itu, tekan Enter untuk menjalankan perintah. Contoh perintahnya akan seperti berikut ini.
Type Mastertipsorialindo.txt


Setelah anda menjalankan perintah, itu akan memuat semua konten file teks tersebut dan menampilkannya di jendela Command Prompt.

Jika file teks terlalu besar, maka anda dapat menggunakan perintah More untuk melihat file teks dalam satu layar Command Prompt dalam satu waktu. Perintahnya akan seperti berikut ini.

More Tipsorialindo.txt


Setelah perintah dijalankan, anda akan melihat sebagian dari file teks anda, katakanlah 13%, 26%, 52% dan seterusnya. Setelah ini, anda dapat melanjutkan menggunakan perintah More dengan subperintah atau key lain seperti berikut ini.
  • Enter: Gunakan subperintah ini untuk menampilkan baris berikutnya (satu per satu) dari file teks anda. Anda harus terus menekan tombol Enter satu per satu.
  • Spacebar: Ini menampilkan layar berikutnya atau konten file teks anda yang sesuai dengan bagian yang terlihat dari jendela CMD.
  • P <n>: Untuk menampilkan N baris berikutnya. Pertama-tama anda harus menekan tombol P dan kemudian memberikan angka katakanlah 9 dan gunakan tombol Enter untuk menampilkan 9 baris berikutnya dari file anda.
  • S <n>: untuk melewati N baris berikutnya.
  • Sama dengan (=) untuk menampilkan nomor baris.
  • Q untuk keluar dari perintah More dan lainnya.


2. Cara Melihat File Teks di PowerShell

Seperti halnya pada Command Prompt, anda juga dapat melihat file teks anda menggunakan PowerShell di Windows 10 atau Windows 11 dengan perintah sederhana.

Setelah anda membuka Powershell, masukan perintah Get-Content diikuti dengan path lengkap file teks beserta nama file dan ekstensi file. Contoh perintahnya akan seperti berikut ini.
Get-Content "E:\New Folder\Mastertipsorialindo.txt"


Setelah perintah dijalankan, itu akan menampilkan konten file teks anda di jendela PowerShell.

Anda juga dapat menggunakan variabel alih-alih perintah diatas. Ini akan membantu anda membaca sebagian konten dari file teks, membaca 15 baris pertama dan lainnya. Untuk itu, pindahkan semua konten ke variabel menggunakan perintah berikut ini.
$file_data = Get-Content "E:\New Folder\Mastertipsorialindo.txt"

Sekarang anda dapat menggunakan variabel $file_data ini untuk tindakan lebih lanjut. Misalnya, jika anda ingin melihat baris tertentu, katakanlah 10 dari file teks anda, maka masunkan contoh perintah seperti berikut ini dan tekan Enter.
$file_data[9]

Demikian pula, untuk membaca N baris pertama (katakanlah 15 baris pertama) dari file teks, gunakan variabel dengan perintah seperti berikut ini.
$file_data | Select-Object -First 15


Dengan cara yang sama, untuk membaca N baris terakhir (katakanlah 20) dari file teks anda, maka gunakan perintah berikut ini.
$file_data | Select-Object -Last 20


Setelah anda menutup Windows PowerShell dan meluncurkannya lagi, anda dapat memindahkan konten lagi dalam variabel dan kemudian menggunakannya.

Itu dia, semoga membantu anda!

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam melihat file teks di Command Prompt dan PowerShell di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Melihat File Teks di Command Prompt dan PowerShell di Windows 10/11"