Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Tidak Dapat Mengubah Aplikasi Default Berdasarkan Jenis File di Windows 10/11

 


Jika anda mengalami masalah dimana anda tidak dapat mengubah aplikasi default berdasarkan File Type atau jenis file di Windows 10 atau Windows 11, maka artikel ini dapat membantu anda mengatasinya. Windows 10 atau Windows 11 sebenarnya memiliki opsi bawaan untuk mengubah aplikasi default yang digunakan untuk membuka jenis file tertentu. Jika anda ingin jenis file seperti JPG, PDF, PNG, MP4, MP3, dan lainnyan selalu dibuka dengan program atau aplikasi tertentu, maka anda dapat mengatur atau mengubah asosiasi file tersebut dengan menggunakan aplikasi Settings Windows, Properties File Type, menu klik kanan Open with dan sebagainya.



Namun, beberapa pengguna melaporkan bahwa mereka tidak dapat menggunakan opsi tersebut untuk mengubah aplikasi default untuk berbagai jenis file. Berikut adalah masalah yang dihadapi pengguna saat mereka mencoba mengubah aplikasi default berdasarkan jenis file.

  • Tombol Change untuk opsi Open with tidak ada di kotak Properties pada File Type. Oleh karena itu, pengguna tidak dapat memilih aplikasi atau program lain untuk dikaitkan dengan jenis file tersebut.
  • Mencari jenis file tertentu seperti .jpg, .png, .pdf dan lainnya tidak menampilkan jenis file tersebut di bagian Set defaults for file type di Settings Windows.
  • Jika jenis file ditemukan di bagian Set defaults for file type, maka Choose a default untuk jenis file tersebut akan berwarna abu-abu atau tidak dapat di klik.
  • Setelah menggunakan opsi Open with - Choose another app dari menu konteks klik kanan untuk file katakanlah JPG, opsi Always use this app to open files di Windows 10 atau Always/Just once di Windows 11  tidak tersedia.


Jika anda juga  mengalami masalah serupa, maka perbaikan yang akan dibahas dalam artikel ini mungkin dapat membantu. Namun, sebelum mencoba perbaikan tersebut, sebaiknya anda melakukan full scan antivirus pada komputer anda dan mengupdate Windows anda jika ada update yang tersedia. Jika hal tersebut tidak membantu, maka anda perlu melanjutkan ke solusi perbaikan yang disediakan dibawah ini.



Memperbaiki Tidak Dapat Mengubah Aplikasi Default Berdasarkan Jenis File


Jika anda tidak dapat mengubah aplikasi default berdasarkan jenis file di Windows 10 atau Windows 11 anda, maka gunakan beberapa solusi yang diberikan dibawah ini untuk memperbaikinya.



1. Reset atau Uninstall Aplikasi Bermasalah


Solusi ini telah terbukti efektif bagi banyak pengguna yang mengalami masalah tidak dapat mengubah aplikasi default untuk jenis file tertentu di Windows. Beberapa pengguna mengalami kesulitan dalam menghapus atau mengubah aplikasi Photos sebagai aplikasi default untuk PNG dan jenis file lainnya. Namun, mereka berhasil memecahkan masalah tersebut dengan mereset aplikasi Photos. Oleh karena itu, disarankan agar anda mencoba mereset aplikasi bawaan atau yang diinstall dari Microsoft Store menggunakan Settings Windows pada tempat anda mengalami masalah ini dan melihat apakah itu dapat memperbaikinya.


Untuk mereset aplikasi, ikuti langkah-langkah dibawah ini. Dalam contoh ini, saya akan mereset aplikasi Photos.


Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih Apps di jendela Settings.
  • Di halaman berikutnya, klik Apps & features di panel kiri.
  • Di panel kanan, klik Microsoft Photos dan kemudian klik Advanced options.
  • Selanjutnya dibawah bagian Reset, jalankan Reset untuk mengatur ulang aplikasi Photos.



Di Windows 11:

  • Tekan tombl Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, klik Apps di panel kiri dan klik Installed apps di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik menu tiga titik di samping Microsoft Photos dan pilih Advanced options.
  • Selanjutnya, di bagian Reset, klik Reset untuk mengatur ulang aplikasi.



Jika mereset aplikasi tidak berhasil, maka langkah selanjutnya adalah menguninstall aplikasi dari Microsoft Store yang bermasalah dari system anda. Aplikasi pihak ketiga dapat diuninstall dengan mudah melalui Settings Windows atau Control Panel, namun aplikasi bawaan atau pra-instal tidak dapat diuninstall dari sana. Anda perlu menggunakan Windows PowerShell untuk benar-benar menguninstall aplikasi bawaan dari system anda. Setelah menguninstall aplikasi yang bermasalah, anda harus me-restart system anda dan kemudian mencoba mengatur aplikasi default menggunakan cara bawaan. Dalam kebanyakan kasus, langkah ini akan berhasil mengatasi masalah aplikasi default yang tidak dapat diubah di Windows.



Setelah itu, anda juga dapat menginstall ulang aplikasi Microsoft Store bawaan yang telah anda uninstall tersebut dari Microsoft Store atau menggunakan PowerShell.



2. Hapus Asosiasi Jenis File Menggunakan Registry


Setiap kali anda membuka jenis file tertentu, entri registry-nya disimpan sehingga file tersebut hanya akan terbuka dengan aplikasi terkait. Jika anda ingin memilih aplikasi default baru berdasarkan jenis file, maka anda perlu menghapus asosiasi tipe filenya. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan Registry Editor Windows. Namun, sebelum melakukan perubahan pada yegistry Windows, sangat disarankan untuk membackup registry Windows anda untuk menghindari perubahan yang tidak diinginkan.


Untuk menghapus asosiasi tipe file menggunakan Registry Editor, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka Registry Editor dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter.
  • Setelah itu, perluas keyreg HKEY_CLASSES_ROOT yang merupakan key root utama. Di dalamnya, anda akan melihat berbagai key registry untuk berbagai jenis file (seperti .3gp, .jpg, .png, .aac, dan lainnya).
  • Selanjutnya, klik kanan pada key registry yang ingin anda hapus asosiasinya dan pilih Delete.
  • Kemudian pada jendela konfirmasi yang muncul, klik Yes untuk menghapusnya.


  • Setelah berhasil menghapus keyreg, telusuri jalur berikut dibawah ini di jendela Registry Editor.
HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\FileExts
  • Selanjutnya, perluas keyreg FileExts dan temukan key registry yang sama (yang anda hapus di HKEY_CLASSES_ROOT) dibawahnya.
  • Setelah menemukannya, klik kanan pada keyreg tersebut dan pilih Delete.
  • Kemudian klik Yes pada jendela konfirmasi.
  • Setelah itu, restart komputer anda untuk menerapkan perubahan.


Sekarang, coba ubah aplikasi default untuk jenis file tertentu yang mengalami masalah tersebut. Anda juga perlu mengulangi semua langkah yang sama diatas jika anda juga kesulitan mengubah aplikasi default untuk jenis file lainnya.


3. Reset Semua Aplikasi Default Melalui Settings Windows

Jika anda masih tidak dapat mengubah aplikasi default untuk sebagian besar jenis file di PC Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda dapat menggunakan metode ini. Anda dapat mereset semua aplikasi default ke default yang direkomendasikan Microsoft secara bersamaan dengan menggunakan Settings Windows. Setelah proses reset selesai, anda dapat mencoba mengubah aplikasi default secara manual berdasarkan jenis file, aplikasi dan link type. Dengan demikian, masalah yang anda hadapi harus teratasi.

Untuk mereset semua aplikasi default ke default yang direkomendasikan Microsoft secara bersamaan, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Di Windows 10:
  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih Apps di jendela Settings.
  • Di halaman berikutnya, klik Default apps di panel kiri.
  • Di panel kanan, gulir kebawah dan klik Reset dibawah Reset to the Microsoft recommended defaults untuk mengatur ulang semua aplikasi default ke default.


Di Windows 11:
  • Tekan tombl Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, klik Apps di panel kiri dan klik Default apps di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, gulir kebawah ke bagian Related settings.
  • Setelah itu, klik Reset di samping opsi Reset all default apps untuk mengatur ulang aplikasi default ke default.



4. Uninstall Update Windows

Beberapa pengguna telah melaporkan bahwa masalah ini muncul setelah mereka mengupdate system Windows 10 atau Windows 11 mereka dengan update KB tertentu. Jika hal ini terjadi pada anda, maka solusinya adalah dengan menguninstall update tersebut dan memeriksa apakah masalah tersebut teratasi.

Windows 10 dan Windows 11 memiliki fitur Update history di Settings untuk melihat update yang diinstall dan menguninstall update Windows. Tetapi perhatikan bahwa anda tidak dapat menguninstall beberapa update karena itu penting. Jadi, gunakan fitur Update history dan lihat apakah anda dapat menguninstall update karena masalah ini terjadi.

Untuk menguninstall update Windows, anda dapat mengikuti salah satu metode di artikel ini atau anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini.
  • Buka Control Panel dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik control dan tekan Enter.
  • Di jendela Control Panel, ubah View by ke Large/Small icons dan pilih Programs and Features.
  • Selanjutnya, klik View installed updates di panel kiri.
  • Di halaman berikutnya, anda akan menemukan daftar update Windows.
  • Pilih update Windows yang menyebabkan masalah atau yang ingin anda uninstall dan klik Uninstall.
  • Kemudian klik Yes di jendela konfirmasi untuk melanjutkan proses uninstall update.
  • Setelah proses uninstall selesai, anda perlu merestart komputer anda.


Jika anda tidak dapat menguninstall update Windows, anda juga dapat menjalankan system restore jika anda telah membuat system restore point untuk memperbaiki masalah ini.

Saya berharap ini akan membantu.

Jika anda menghadapi masalah dimana aplikasi default diatur ke Microsoft WinRT Storage API, maka artikel ini akan membantu anda.

Sekian tutorial saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki tidak dapat mengubah aplikasi default berdasarkan jenis file di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Tidak Dapat Mengubah Aplikasi Default Berdasarkan Jenis File di Windows 10/11"