Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error No operation can be performed, IPconfig /renew Tidak Berfungsi

 


Apakah anda tidak dapat mengupdate IP address dan mendapatkan error No operation can be performed, Media disconnected saat anda menjalankan perintah IPconfig /renew  di Windows 10 atau Windows 11 anda? Jika anda mengalami error ini pada system Windows anda, maka artikel ini akan dapat membantu anda memperbaikinya.



Perintah IPConfig /Release dan IPConfig /Renew dapat membantu memecahkan sebagian besar masalah yang terkait dengan IP address.

  • Perintah IPConfig /Release memberitahu server bahwa anda ingin menghapus IP address yang disewa saat ini.
  • Perintah IPConfig /Renew adalah permintaan ke server untuk IP address baru.



Memperbaiki Error No operation can be performed, Media disconnected

Berbagai faktor, termasuk masalah konektivitas wireless, network adapter, IP address recognition dan lainnya dapat menyebabkan error tersebut. Oleh karena itu, coba solusi berikut secara berurutan untuk memperbaiki masalah ini.


1. Isolasi Kasus Konektivitas Wireless

Jika terjadi masalah pada konektivitas wireless fisik antara router dan komputer, tidak akan ada solusi di tingkat system yang berfungsi. Oleh karena itu, sebelum melanjutkan dengan langkah pemecahan masalah lainnya, perbaiki terlebih dahulu bagian tersebut dengan memperbaiki konektivitas wireless.

Untuk menghindari gangguan antara router dan komputer, seperti dari medan magnet atau perangkat wireless lainnya, pastikan untuk menghilangkan gangguan tersebut. Jika di rumah terdapat dinding yang tebal, maka letakkan router di ruangan yang sama dengan komputer atau menggunakan wireless extender.

Jika langkah-langkah ini tidak membantu, coba sambungkan system anda ke router menggunakan kabel ethernet untuk mengisolasi penyebabnya saat menggunakan konektivitas wireless.


2. Reset Router

Apabila terdapat masalah pada beberapa komputer yang terhubung ke router yang sama, maka kemungkinan besar masalahnya terletak pada router itu sendiri. Dalam situasi ini, anda dapat mereset router anda. Sebagian besar router memiliki dua opsi untuk mereset yaitu dengan melakukan soft reset melalui UI atau antarmuka pengguna grafis atau melakukan hard reset melalui perangkat fisik. Untuk prosedur soft reset, silakan menghubungi produsen router. Sedangkan untuk melakukan hard reset pada router, dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut.
  • Temukan lubang kecil di samping atau belakang router.
  • Kemudian, masukkan klikp ke dalam lubang untuk menahan tombol selama 5 - 10 detik.
  • Setelah itu, lepaskan tombol dan tunggu router anda menyala kembali.
  • Setelah meresetnya, anda harus mengatur perangkat anda kembali.

Sekarang coba sambungkan router ke system anda menggunakan SSID dan password default.


3. Lakukan Power Cycle Modem-Router-Komputer

Apabila anda mendapatkan IP address Automatic Private IP Addressing (APIPA) di system anda, maka masalah yang terkait dengan IP lainnya akan muncul. Hal ini dapat terjadi meskipun router anda sudah terhubung dengan perangkat lain dengan baik. Untuk mengatasi masalah tersebut, anda dapat mencoba melakukan kombinasi power cycle modem-router-komputer. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya.
  • Matikan modem, router dan komputer.
  • Kemudian, hidupkan modem saja dan tunggu sampai semua lampu menyala dengan stabil.
  • Setelah itu, aktifkan router saja dan tunggu semua lampu stabil.
  • Terakhir, hidupkan komputer anda dan periksa apakah masalahnya telah teratasi.


4. Jalankan Network Adapter Troubleshooter

Network Adapter Troubleshooter adalah tool yang luar biasa untuk memeriksa masalah koneksi jaringan antara komputer anda dan perangkat jaringan yang terhubung. Tool ini dapat memperbaiki masalah tersebut jika memungkinkan. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat anda ikuti untuk menjalankan Network Adapter Troubleshooter.

Di Windows 10:
  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih Update & Security di jendela Settings.
  • Selanjutnya pilih Troubleshoot di panel kiri dan klik Additional troubleshooters di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik Network Adapter dan kemudian klik Run the troubleshooter.
  • Jendela troubleshooter akan muncul dan ikuti petunjuk yang di tampilkan.
  • Biarkan troubleshooter meyelesaikan pekerjaannya untuk memperbaiki masalah.


Di Windows 11:
  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik System di panel kiri dan di panel kanan klik Troubleshoot.
  • Di halaman berikutnya, klik Other troubleshooters.
  • Setelah itu, temukan Network Adapter di panel kanan dan klik Run yang berada disampingnya.
  • Di jendela troubleshooter yang muncul, ikuti petunjunk yang ditampilakan.
  • Biarkan troubleshooter berjalan hingga selesai.



5. Reset Katalog Winsock

Antarmuka pemrograman Winsock menangani interaksi antara internet dan aplikasi. Jika itu rusak, maka anda dapat mereset Winsock. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak administrator. Anda juga dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin dan memilih Command Prompt.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut satu per satu sambil menekan Enter.
netsh winsock reset
netsh winsock reset catalog
netsh int ip stop
netsh int ip start
  • Setelah semua perintah di jalankan, restart system anda.


Setelah booting, periksa apakah itu menyelesaikan masalah ini. Anda juga dapat menggunakan Reset Windows Update Tool untuk mereset Winsock di Windows 10 atau Windows 11 anda.


6. Reset Network

Jika masalahnya masih berlanjut, maka anda dapat melakukan Reset Network dan lihat apakah itu berhasil untuk anda. Anda dapat mengikuti langkah-langkah di artikel ini untuk Windows 10 atau di artikel ini untuk Windows 11.



7. Pemecahan Masalah Wireless dan Internet Secara Umum

Jika solusi yang disebutkan di atas masih gagal, maka anda dapat mencoba memecahan masalah umum untuk koneksi wireless dan konektivitas internet. Langkah-langkah seperti menonaktifkan IPv6 dan mereset network bisa sangat membantu dalam memperbaiki masalah ini.



Semoga membantu anda!

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error No operation can be performed, IPconfig /renew tidak berfungsi di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error No operation can be performed, IPconfig /renew Tidak Berfungsi"