Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Aktifkan atau Nonaktifkan Fingertip Writing pada Handwriting Panel di Windows 10/11

 


Handwriting Panel di Windows memungkinkan pengguna untuk menulis di dalamnya menggunakan fingertip (ujung jari) atau stylus (pena). Dalam artikel ini, kita akan membahas cara mengaktifkan atau menonaktifkan fitur Fingertip Writing di Handwriting Panel menggunakan Group Policy dan Registry Editor di Windows 10 atau Windows 11.



Handwriting Panel telah ditingkatkan untuk memberikan pengalaman menulis dengan ujung jari yang lebih mulus dan intuitif. Salah satu fitur terbaik dari Handwriting Panel adalah kemampuan untuk mengaktifkan Fingertip Writing yang memungkinkan pengguna untuk menulis dengan ujung jari mereka daripada harus menggunakan stylus atau pena. Anda dapat mengaktifkan fitur ini jika anda tidak memiliki stylus, lebih suka menulis dengan ujung jari, atau hanya ingin mencoba fitur ini.


Sangat mudah untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Fingertip Writing di Handwriting Panel. Panel tersebut akan muncul di sudut kanan bawah layar PC Windows dan fitur ini sangat berguna bagi pelajar, profesional atau pengguna lain yang membutuhkan cara alternatif untuk memasukkan teks. Anda dapat membuka Handwriting Panel dengan mengklik ikon keyboard touch di area system tray Windows 10 atau Windows 11.



Cara Membuka dan Menggunakan Handwriting


Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk membuka dan menggunakan handwriting input panel di PC Windows anda.

  • Buka system tray Taskbar di kanan bawah dan klik ikon keyboard untuk membuka Touch keyboard. Jika anda tidak menemukan ikon keyboard, maka aktifkan Touch keyboard di Settings - Personalization - Taskbar (Windows 11) atau klik kanan pada Taskbar dan pilih Show touch keyboard button (Windows10).
  • Touch keyboard akan terbuka ke pengaturan standarnya. Untuk mengatur fingertip atau stylus, klik ikon Handwriting di bagian Touch keyboard settings.
  • Sekarang, tulis teks yang anda inginkan menggunakan ujung jari anda jika diaktifkan atau dengan pena atau tahan tombol kiri mouse dan gambar hurufnya.




Aktifkan atau Nonaktifkan Fingertip Writing pada Handwriting Panel


Anda dapat menggunakan Registry Editor Windows atau Group Policy Editor untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur Fingertip Writing di Handwriting Panel pada PC Windows 11. Namun, perlu diingat bahwa Group Policy Editor tidak tersedia di Windows edisi Home, jadi jika anda ingin menggunakan metode tersebut, maka aktifkan Group Policy Editor terlebih dahulu. Sementara mengedit registry dapat mempengaruhi cara kerja PC anda, sehingga disarankan untuk melakukan langkah-langkah ini dengan hati-hati. Saya menyarankan untuk membackup registry atau membuat system restore point terlebih dahulu jika anda menggunakan metode registry.


Mari kita lihat kedua metode ini satu per satu secara terperinci.



1. Aktifkan atau Nonaktifkan Handwriting Panel Menggunakan Registry Editor


Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Fingertip Writing di Handwriting Panel pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda menggunakan Registry Editor Windows.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.
HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\TabletTip
  • Di lokasi, klik kanan pada TabletTip, kemudian pilih New - Key dan beri nama dengan EmbeddedInkControl.


  • Setelah itu, klik kanan pada EmbeddedInkControl atau ruang kosong di panel kanan, kemudian pilih New - DWORD (32-bit) Value dan beri nama dengan EnableInkingWithTouch.


  • Selanjutnya, klik dobel pada EnableInkingWithTouch untuk mengedit valuenya.
  • Di jendela Edit Value data DWORD, ubah Value data menjadi 1 dan klik OK untuk mengaktifkan Fingertip Writing di Handwriting Panel.


  • Setelah itu, restart komputer anda untuk menerapkan perubahan baru.

Untuk menonaktifkan Fingertip Writing di Handwriting Panel menggunakan Registry Editor, ikuti langkah yang sama seperti diatas, kemudian ubah Value datanya menjadi 0 (nol).

Itulah cara anda mengaktifkan atau menonaktifkan Fingertip Writing di Handwriting Panel di Windows 10 atau Windows 11 anda.


2. Aktifkan atau Nonaktifkan Handwriting Panel Menggunakan Group Policy Editor

Ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Fingertip Writing di Handwriting Panel di Windows 10 atau Windows 11 anda menggunakan Group Policy Editor.
  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik gpedit.msc dan teka Enter untuk membuka Group Policy Editor.
  • Di jendela Local Group Policy Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.
Computer Configuration - Administrative Templates - Windows Components - Handwriting
  • Di lokasi, klik dobel pada kebijakan Handwriting Panel Default Mode Docked di panel kanan.


  • Di jendela edit kebijakan, pilih Not configured untuk mengaktifkan Fingertip Writing.
  • Setelah itu, klik Apply dan OK untuk menerapkan perubahan.


Jika anda ingin menonaktifkan Fingertip Writing, maka pilih Disable di jendela edit kebijakan.


Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda!

Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam mengaktifkan atau menonaktifkan Fingertip Writing pada Handwriting Panel di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti artikel ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Aktifkan atau Nonaktifkan Fingertip Writing pada Handwriting Panel di Windows 10/11"