Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Handwriting Input di Windows 10


Apakah anda menavigasi Windows 10 menggunakan sesuatu yang lain selain mouse? Mungkin anda menggunakan tablet grafis dengan pena, atau anda lebih suka menggunakan kontrol touchscreen daripada mengetik atau mengklik. Dalam hal ini mungkin lebih bermanfaat bagi anda untuk menggunakan cara mengetik alternatif daripada menggunakan keyboard tradisional. Salah satu opsi yang tersedia untuk anda secara default di Windows 10 adalah pengenalan handwriting, dimana ini membuat pilihan yang baik jika menulis dengan pena lebih alami bagi anda daripada menggunakan keyboard.

Jika anda tertarik untuk menulis dengan gaya penulisan dengan tangan dan bukan tombol, cukup ikuti instruksi ini untuk menyiapkan handwriting input di Windows 10.


Mengaktifkan Handwriting Tool

Untuk melakukan ini, pastikan anda telah mengaktifkan touch keyboard di Windows 10. Anda akan tahu anda memilikinya jika anda melihat ikon di toolbar anda yang terlihat seperti gambar berikut.


Jika tidak, anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Klik kanan taskbar dan klik Show touch keyboard button untuk membuatnya terlihat.


Sekarang kita memiliki touch keyboard yang aktif, dan kita dapat mengaktifkan handwriting. Klik tombol touch keyboard pada taskbar anda, dan anda akan melihat seperti gambar berikut ini.


Ini adalah touch keyboard. Anda dapat menggunakan ini untuk memasukkan huruf melalui touchscreen atau drawing tablet, tetapi disini kita tidak akan melakukan itu! Jika anda menekan ikon persegi di kiri atas jendela ini, pop-up akan muncul. Pop-up ini akan berisi beberapa ikon model keyboard termasuk ikon pena di selembar kertas.


Jika anda mengklik ikon pena di selembar kertas tersebuat maka anda akan mengaktifkan mode handwriting.



Menggunakan Handwriting Mode

Pada titik ini Windows 10 akan mengubah touch keyboard menjadi kotak tipis kosong. Jika anda menulis kata-kata ke dalam kotak ini menggunakan sesuatu yang mirip dengan mouse, pena digital, atau touchscreen, itu akan menerjemahkan apa yang anda tulis ke dalam teks.

Untuk menggunakan tools ini untuk menulis dalam software, klik pertama pada sesuatu yang ingin anda tulis. Kemudian, tulis apa yang ingin anda ketikkan ke handwriting bar. Windows kemudian akan memasukan tulisan anda ke bidang yang anda pilih secara otomatis sesaat setelah jeda waktu penulisan. Anda dapat menekan panah Delete untuk menghapus apa yang telah anda tulis dan mulai menulis lagi.


Handwriting tools juga memungkinkan anda untuk menulis dengan pena (stylus) atau ujung jari anda untuk memasukkan teks ke dalam aplikasi apapun. Untuk membuatnya bekerja lebih maksimal anda dapat mengaktifkan fitur tersebut dengan, masuk ke Settings - Devices - Pen & Windows Ink. Disini beri ceklist pada Write in the handwriting panel with your fingertip.


Pengenalan penulisan pada handwriting tools di Windows ini semakin baik, meskipun kadang kala terjadi kesalahan pengenalan pada beberapa huruf dan angka yang mirip seperti 2 dan Z, namun itu jarang terjadi. Jadi jangan ragu untuk menggunakannya untuk meningkatkan produktifitas anda.

Senang memiliki cara alternatif untuk memasukkan teks tanpa harus mengubah harware setiap kali anda ingin mengetik sesuatu. Dengan menggunakan handwriting recognition, anda dapat melupakan keyboard dan menuliskan apa yang ingin anda tulis, membuatnya lebih mudah bagi mereka yang menggunakan drawing tools atau touchscreen untuk menavigasi Windows.

Apakah anda juga menggunakan handwriting recognition di Windows 10? Bagikan pengalaman anda di kolom komentar di bawah ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Handwriting Input di Windows 10"