Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki System Error 53 has occurred, The network path was not found

 


Beberapa pengguna Windows telah melaporkan bahwa mereka mengalami kesulitan dalam mengakses resource bersama di komputer mereka. Ketika mereka mencoba melakukan tindakan yang sama, system mereka menampilkan pesan error System error 53 has occurred dan mengindikasikan bahwa jalur network/jaringan tidak dapat ditemukan.


Pesan error lengkapnya akan terlihat seperti berikut ini.

System error 53 has occurred.

The network path was not found.



Beberapa alasan utama dari System error 53 has occurred ini seperti masalah koneksi, aplikasi background, software keamanan, perintah yang salah atau shared file/folder dinonaktifkan.


Dalam artikel ini, saya akan membahas secara rinci mengenai masalah tersebut dan bagaimana cara anda mengatasinya.



Memperbaiki System Error 53 has occurred, The network path was not found


Jika anda mendapatkan pesan error System Error 53 has occurred ini, maka langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah memeriksa jalur network/jaringan. Jika jalur yang dimasukkan sudah benar, maka selanjutnya anda dapat mencoba solusi yang dijelaskan dibawah ini.



1. Periksa Konektivitas Menggunakan Ping


Jika anda mengalami masalah saat mengakses file dan folder, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memeriksa konektivitas logical dengan menggunakan perintah ping. Untuk melakukan hal ini, anda dapat menggunakan perintah command line bawaan yaitu Command Prompt. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat anda ikuti untuk melakukan hal yang sama.

  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter. Ganti <IP-tujuan> dengan IP address tujuan yang sebenarnya
ping <IP-tujuan>


Setelah menjalankan perintah, anda harus menganalisis paket. Periksa apakah paket hilang. Jika tidak ada paket yang hilang, maka pengaturan jaringan anda baik-baik saja. Jika ada paket yang hilang dan pengaturan jaringan anda salah, periksa jalur network dan jika sudah benar, pindah ke solusi berikutnya.


2. Pastikan Opsi File and Folder Sharing Diaktifkan

Akses ke resource network akan terhambat jika file dan folder tidak dibagikan. Jika anda mengalami error System Error 53 has occurred ini, maka pastikan opsi File and Folder Sharing diaktifkan. Jika opsi ini dinonaktifkan, maka tidak mungkin untuk mengakses apapun dari remote computer. Oleh karena itu, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengaktifkan File and Folder Sharing tersebut.
  • Buka File Explorer, kemudian klik kanan pada drive yang diperlukan dan pilih Properties.
  • Di jendela Properties, alihkan ke tab Sharing dan periksa status Network Path.
  • Jika anda menemukan status Not Shared, maka klik Advanced Sharing.
  • Di jendela Advanced Sharing yang muncul, beri ceklist pada opsi Share this folder dan catat Share name drive.
  • Setelah proses ini selesai, klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.
  • Setelah anda melakukan itu, status Network Path akan berubah ke Shared.


Catatan: Langkah diatas harus dilakukan oleh pengguna yang drive-nya ingin anda akses.


3. Nonaktifkan Sementara Software Keamanan Anda

Setelah memastikan hasil ping dan mengonfirmasi bahwa opsi berbagi file telah diaktifkan, langkah selanjutnya untuk mengatasi error ini adalah dengan menonaktifkan antivirus dan firewall. Terkadang antivirus yang terinstall pada komputer dapat mencegah akses ke resource dari remote device. Oleh karena itu, anda dapat mencoba menonaktifkan Windows Firewall dan jika anda menggunakan program keamanan lainnya, maka anda dapat menonaktifkannya juga.


4. Periksa dalam Safe Mode with Networking

Saat anda memulai komputer dalam Safe Mode with Networking, itu dimulai dengan driver network dan serangkaian service minimal. Ini berarti memungkinkan kita untuk menghubungkan komputer ke internet dan menghubungi shared server tanpa hambatan apapun. Disini, kita harus memeriksa apakah ada aplikasi pihak ketiga yang menyebabkan masalah ini. Jadi, ikuti langkah-langkah yang dijelaskan dibawah ini untuk mem-boot komputer anda dalam Safe Mode with networking.
  • Klik kanan pada Start Menu, kemudian tekan dan tahan tombol Shift dan klik Restart.
  • Setelah komputer direstart, pilih Troubleshoot dan kemudian klik Advanced options.
  • Di halaman berikutnya, klik Startup Settings dan kemudian biarkan system restart.
  • Selanjutnya, tekan tombol yang terkait dengan Safe Mode with networking (biasanya tombol F5).
  • Setelah komputer dihidupkan dalam mode ini, periksa apakah masalah anda akan teratasi atau tidak dengan menghubungkan ke shared network.



5. Restart Service TCP/IP NetBIOS Helper

Selanjutnya, mari kita restart service yang membantu komputer anda terhubung ke shared network. Merestart service akan menghilangkan gangguan network/jaringan dan menyelesaikan masalah. Untuk melakukan hal yang sama, ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Buka Services Windows dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik services.msc dan tekan Enter.
  • Di jendela Services, klik kanan pada service TCP/IP NetBIOS Helper di panel kanan dan pilih Restart.


  • Anda juga munkin perlu memeriksa service tersebut apakah di nonaktifkan atau tidak. Untuk itu, klik dobel pada service TCP/IP NetBIOS Helper.
  • Di jendela properties service, jika Startup type-nya diatur ke Disabled, maka ubah ke Manual.
  • Setelah itu, klik Start pada bagian Service status.
  • Terakhirr, klik Apply dan OK untuk menyimpan pengaturan anda.


Semoga setelah anda melakukan restart service, anda dapat menyelesaikan masalah tersebut.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki System Error 53 has occurred, The network path was not found di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!

Post a Comment for "Memperbaiki System Error 53 has occurred, The network path was not found"