Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki GeForce Now Error 0xc0f1103f di Windows 10/11

 


GeForce Now merupakan platform cloud gaming terkemuka yang menyediakan akses ke gameplay secara real-time langsung dari cloud ke perangkat pengguna. Ini adalah salah satu platform cloud gaming terbaik bagi para gamer. Meskipun begitu, platform ini tidak terlepas dari error. Beberapa pengguna baru-baru ini mengalami masalah dengan munculnya pesan error 0xc0f1103f saat menggunakan layanan ini. Ketika error ini terjadi, pengguna akan melihat pesan error lengkap seperti berikut ini.

Your system does not meet the minimum requirements for streaming

ERROR CODE: 0xC0F1103F



Error code 0xC0F1103F yang terjadi pada layanan GeForce Now ini menunjukkan beberapa masalah yang terjadi. Salah satunya adalah kerusakan pada server GeForce Now. Namun, error ini juga dapat disebabkan oleh cookie browser yang rusak, cache yang penuh dan koneksi internet yang tidak stabil.


Dalam kasus ini, anda dapat melakukan beberapa tindakan untuk memperbaiki masalah ini. Dan artikel ini akan memberikan solusi untuk memperbaiki error 0xc0f1103f pada layanan cloud streaming game GeForce Now di PC Windows 10 atau Windows 11.



Persyaratan Minimum untuk Streaming GeForce Now

Untuk menggunakan GeForce Now, perangkat anda harus mendukung OS Windows 10 atau Windows 11 dengan arsitektur 64-bit. Itu juga membutuhkan koneksi internet dengan setidaknya 15Mbps untuk 720p pada 60 FPS dan 25Mbps untuk 1080p pada 60 FPS. Selain itu, persyaratan hardware minimalnya seperti berikut ini

  • Prosesor: Dual core x86-64 CPU with 2.0GHz or lebih cepat
  • RAM: 4GB
  • GPU: Setidaknya mendukung DirectX 11
    • NVIDIA: NVIDIA GeForce 600 series atau yang lebih baru
    • AMD: AMD Radeon HD 3000 atau yang lebih baru
    • Intel: Intel HD Graphics 2000 series atau yang lebih baru



Memperbaiki GeForce Now Error 0xc0f1103f di Windows 10/11


Untuk mengatasi error code 0xc0f1103f pada perangkat Windows 10 atau Windows 11 saat menggunakan layanan GeForce Now, ada beberapa solusi yang dapat anda coba. Berikut adalah beberapa metode perbaikan yang dapat anda lakukan.



1. Periksa Status GForce Now


Anda dapat memeriksa status server GeForce Now untuk memastikan apakah sedang dalam pemeliharaan atau mengalami downtime. Jika server sedang dalam pemeliharaan atau downtime, maka anda dapat mengikuti akun Twitter @NVIDIAGFN untuk mendapatkan informasi terbaru tentang pemeliharaan yang sedang berlangsung. Jika banyak pengguna mengalami masalah yang sama, kemungkinan besar server sedang mengalami downtime.




2. Update Driver GeForce


Error 0xc0f1103f saat menjalankan NVIDIA GeForce Now juga dapat disebabkan oleh driver graphics yang out of date atau rusak. Untuk mengatasi masalah ini, anda dapat mengupdate driver graphics pada perangkat anda. Berikut adalah beberapa metode yang dapat anda lakukan untuk mengupdate driver graphics NVIDIA.

  • Periksa Windows Update di jendela Settings Windows. Jika ada update untuk VGA NVIDIA anda, maka silahkan install.



Jika anda mau, anda juga dapat melakukan clean install driver graphics NVIDIA pada komputer anda jika dengan mengupdate driver tidak membantu anda memperbaiki masalah ini.



3. Jalankan Aplikasi dengan Hak Admin


Menjalankan aplikasi dengan hak administrator dapat mencegah masalah akibat kurangnya permision/izin. Jika anda ingin menjalankan GeForce Now sebagai administrator, anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini

  • Klik kanan file NVIDIA GeForce Now.exe yang ingin dijalankan.
  • Pilih opsi Run as Administrator dari menu konteks yang muncul.
  • Jika system operasi meminta konfirmasi UAC, maka pilih Yes atau Allow untuk memberikan izin hak administrator.
  • Aplikasi GeForce Now akan dijalankan dengan hak administrator dan ini dapat membantu mencegah kemacetan atau masalah terkait izin.



4. Restart Service yang Terkait dengan NVIDIA


Solusi ini mengharuskan anda untuk merestart semua service yang terkait dengan NVIDIA. Service-service ini melakukan berbagai tugas pada layanan yang terinstall di system anda, termasuk layanan yang diinstall oleh aplikasi pihak ketiga. Berikut adalah cara anda melakukannya.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik services.msc dan tekan Enter untuk membuka Services Windows.
  • Di jendela Services, temukan semua service yang terkait dengan NVIDIA.
  • Setelah itu, klik kanan pada setiap service NVIDIA dan pilih Restart.
  • Lakukan langkah ini pada setiap service NVIDIA yang anda temukan.



Setelah selesai merestart semua service yang terkait dengan NVIDIA, tutup jendela Services dan periksa apakah error code 0xc0f1103f sudah diperbaiki atau tidak.



5. Nonaktifkan VPN/Proxy


Anda dapat menghapus atau menonaktifkan koneksi VPN atau Proxy anda untuk menghindari error server yang mungkin terjadi. Koneksi VPN dan Proxy dapat mempengaruhi koneksi internet anda karena ia akan menyembunyikan IP address perangkat anda dengan mengalihkan lalu lintas Internet anda melalui remote server.


Untuk menonaktifkan koneksi VPN atau proxy, anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.


Di Windows 10:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows dan pilih Network & Internet di jendela Settings.
  • Di halaman berikutnya, klik VPN atau Proxy di panel kiri.
  • Di panel kanan, untuk menonaktifkan VPN: klik VPN yang anda gunakan dan klik Disconect.
  • Sementara untuk menonaktifkan Proxy: ubah opsi Use a proxy server ke Off dan klik Save.
  • Setelah itu, restart PC anda.



Di Windows 11:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, klik Network & internet di panel kiri dan klik VPN atau Proxy di panel kanan.
  • Di halaman selanjutnya, untuk menonaktifkan VPN: perluas VPN yang anda gunakan dan klik Disconect.
  • Sementara untuk menonaktifkan Proxy: klik Setup di sebelah Use a proxy server, kemudian nonaktifkan Use a proxy server ke Off dan klik Save.
  • Sekarang, restart PC anda.




6. Gunakan Graphics Integrated


Jika anda masih mendapatkan error ini, maka pertimbangkan untuk mengubah Preferred Graphics Processor. Menggunakan graphics integrated perangkat anda terkadang dapat membantu memperbaiki error code 0xc0f1103f ini. Berikut adalah cara mengubah graphics card default anda.

  • Di jendela NVIDIA Control Panel, pilih Manage 3D Settings di panel kiri.
  • Kemudian di panel kanan, pilih tab Global Settings.
  • Selanjutnya, ubah Preferred Graphics Processor ke Integrated Graphics.
  • Kemudian klik Apply ntuk menyimpan perubahan.



Sekarang anda da[at memeriksanya kembali apakah error sudah diperbaiki atau belum.



7. Install Ulang Geforce Now


Jika tidak ada solusi yang disebutkan di atas yang dapat membantu anda, maka kemungkinan besar file inti dari aplikasi rusak. Untuk memperbaikinya, anda perlu menguninstall aplikasi GeForce Now dari system anda dan kemudian menginstallnya kembali. Anda perlu mendownload ulang GeForce Now untuk dapat menginstallnya di system anda.



Semoga membantu anda!


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki GeForce Now error 0xc0f1103f di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki GeForce Now Error 0xc0f1103f di Windows 10/11"