Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Folder Packages AppData Sangat Besar di Windows 10/11

 


Jika anda ingin tahu apa itu folder Packages AppData di Windows 10 atau Windows 11 anda, mengapa ukurannya sangat besar dan apakah aman untuk menghapus isinya, maka artikel ini akan memberikan jawaban yang anda cari.


Saat anda mengetahui bahwa drive C anda mulai cepat penuh, anda mungkin ingin membersihkan sebagian file dari drive system anda. Setelah anda mencari, anda mungkin menemukan bahwa folder Packages adalah penyebabnya. Anda mungkin mendapati bahwa folder ini sangat besar dan anda ingin tahu apakah aman untuk menghapus sebagian isinya.


Apa Folder AppData di Windows?

Setiap program memiliki pengaturan dan konfigurasi yang perlu disesuaikan sesuai dengan preferensi pengguna. Saat kita menggunakan program, kita mungkin mengubah pengaturannya, menyesuaikan antarmuka dan sebagainya. Data ini biasanya disimpan di dalam folder AppData pada hard disk komputer kita. Ukuran folder AppData ini bahkan dapat mencapai ratusan gigabyte. Ketika anda membuka folder AppData, anda akan menemukan tiga subfolder di dalamnya yaitu Local, LocalLow dan Roaming. Masing-masing subfolder ini dibuat untuk tujuan tertentu.

  • Folder Local: Berisi data yang tidak dapat dipindahkan dengan profil pengguna anda.
  • Folder LocalLow: Menyertakan data akses low-level, misalnya temporary file browser anda saat berjalan dalam protected mode.
  • Folder Roaming: Berisi data yang dapat dipindahkan dengan profil pengguna dari komputer ke komputer.



Folder Packages AppData Sangat Besar


Karena anda ingin mengetahui folder mana yang mengambil begitu banyak ruang di hard disk anda, anda dapat menggunakan aplikasi portabel bernama SpaceSniffer untuk memeriksa dan menganalisa penggunaan ruang disk anda. SpaceSniffer adalah program kecil dan gratis yang menggunakan visualisasi Treemap untuk memberikan gambaran langsung tentang lokasi folder dan file besar di perangkat anda. Setelah dijalankan, anda akan melihat antarmuka seperti berikut ini.



Untuk menemukan file atau folder dengan ukuran terbesar, anda perlu mengklik kotak folder yang sesuai di antarmuka SpaceSniffer. Ini akan membuka subfolder tersebut dimana anda dapat melihat file atau folder dengan ukuran yang lebih besar lagi.


Setelah saya menggunakan SpaceSniffer, saya menemukan bahwa folder Packages sangat besar. Untuk membuka folder ini, saya mengklik kanan pada folder Packages dan memilih Copy as path, kemudian mempaste jalur folder tersebut di address bar File Explorer dan menekan Enter untuk membuka folder tersembunyi tersebut. Lokasi folder Packages terletak di jalur berikut ini.

C:\Users\user_name\AppData\Local\Packages

Di folder tersebut, anda akan melihat banyak subfolder yang berada disana.

Apa itu Folder Package?
Folder Packages menyimpan file-file yang berisi pengaturan konfigurasi pengguna, file media yang telah didownload dan data terkait untuk semua aplikasi yang telah diinstall pada komputer anda. Aplikasi-aplikasi ini menggunakan model pemrograman yang berbeda dari program-desktop tradisional (Win32).



Dapatkah Menghapus Folder Package di Windows 10/11?

Jika anda menghapus folder ini atau salah satu subfoldernya secara acak atau tanpa pandang bulu, maka anda akan kehilangan data kustom, pengaturan, file download dan konfigurasi yang terkait dengan aplikasi yang telah diinstall pada komputer. Hal ini dapat menyebabkan anda harus mengatur ulang pengaturan atau mendownload kembali data atau konfigurasi penyesuaian. Oleh karena itu, sangat penting bagi anda untuk memeriksa dengan cermat dan menghapus data dari folder ini secara manual jika diperlukan.

Dalam kasus saya, saya menemukan bahwa folder WhatsAppDesktop yang memakan banyak ruang di hard disk saya. Setelah saya membuka dan menjelajahi isi folder tersebut, saya memutuskan untuk menghapus semua file media, gambar, audio, dan video yang telah didownload oleh aplikasi WhatsApp Desktop tersebut.

Hal yang sama juga berlaku bagi anda yaitu anda perlu memeriksa folder mana yang memakan banyak ruang di hard disk anda dan kemudian memeriksa isi folder dan datanya. Anda kemudian dapat memutuskan item apa yang dapat dan ingin dihapus. Beberapa aplikasi seperti Spotify, Kaspersky, AVG, Outlook, Tune-Up dan lainnya juga dikenal mengisi subfolder di dalam folder Packages AppData ini.

Anda juga dapat melakukan langkah-langkah berikut untuk mengoptimalkan folder ini serta mengosongkan ruang disk anda.
  • Jika anda melihat subfolder temp di folder Packages, maka anda dapat menghapus isinya.
  • Anda dapat mencari file *.tmp dan menghapus Temporary file yang ditemukan dari folder Packages.
  • Buka Command Prompt dengan hak admin, kemudian ketik wsreset dan tekan Enter untuk mereset atau menghapus cache Microsoft Store.
  • Lakukan pembersihan folder WinSxS untuk mengurangi ukuran folder.

Jika anda mendapati masalah file telah dihapus tetapi hard drive anda masih penuh, maka artikel ini dapat membantu anda.

Saya harap artikel ini membantu anda.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam mengatasi folder Packages AppData sangat besar di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!

Post a Comment for "Folder Packages AppData Sangat Besar di Windows 10/11"