Widget HTML Atas

Cara Terbaik Menganalisa Disk Space Pada Windows 10/11


Ketika disk anda penuh, saatnya untuk membersihkan. Tapi itu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Tentu, anda dapat menggunakan utilitas Disk Cleanup Windows dan ini dapat membebaskan hingga beberapa gigabytes. Tetapi bagaimana jika anda perlu membebaskan hingga beberapa ratus gigabytes?

Disk space analyzer menawarkan representasi visual tentang seberapa besar setiap direktori. Ini membuatnya lebih mudah untuk menemukan apa yang memakan ruang disk anda dan berpotensi menghapus hal-hal yang tidak diinginkan.

Ada banyak utilitas seperti itu, dan mereka semua pada dasarnya melakukan hal yang sama. Tetapi karena representasi visual adalah perbedaan paling penting di antara mereka, gambar akan membantu anda memutuskan apa yang paling anda sukai. Temukan beberapa tools disk space analyzer terbaik untuk Windows 10 dan Windows 11.


1. SpaceSniffer

Program SpaceSniffer ini memiliki antarmuka dan tampilan yang sangat sederhana. Tampilan bersih membuatnya sangat mudah untuk membaca nama-nama direktori.

Keuntungan lain adalah anda memiliki versi portabel pada download. Aplikasi portabel dapat didownload dan dijalankan tanpa perlu diinstal pada suatu system. Yang berarti anda juga bisa meletakkan ini di USB drive, membawanya berkeliling dan menjalankannya di komputer lain yang anda gunakan.


Di bar menu atas anda dapat menambah atau mengurangi tingkat detail. Tetapi anda juga dapat melakukan ini dengan elemen individual untuk melakukannya secara global. Misalnya, dengan beberapa klik pada steamapps, seperti terlihat pada gambar di atas, anda dapat mengungkapkan folder apa yang ada di dalamnya.


Anda juga dapat mengklik doble pada direktori yang berisi item yang terlalu banyak. Ini akan memperbesar ke direktori itu, menjadikannya mengambil seluruh jendela utama. Karena elemen grafis akan lebih besar, label teks akan kurang ramai, membuat semuanya lebih mudah dibaca.


2. WinDirStat

Anda dapat memilih tampilan tree daripada tampilan tile yang terlihat pada utilitas sebelumnya. WinDirStat menggabungkan kedua pandangan ini dalam kombinasi yang terlihat seperti gambar berikut.


Ketika anda mengklik salah satu tile dalam tampilan grafis di bagian bawah, anda secara otomatis dibawa ke direktori yang sesuai di tampilan tree. Anda dapat melihat ini di gambar sebelumnya. Dan karena tampilan tree secara otomatis mengurutkan direktori dari yang terbesar ke yang terkecil, mudah untuk menjelajahinya hingga anda dapat menemukan folder dan file besar yang tidak anda butuhkan.

Fitur yang menurut anda berguna dapat ditemukan di sudut kanan atas jendela utama. Misalnya, jika anda mencari file MP3, anda dapat mengklik ekstensi dalam daftar itu. Melakukannya akan menyorot setiap file seperti itu di tampilan tile bawah. Mungkin karena fitur ini program memerlukan sedikit lebih banyak waktu untuk pemindaian awal drive anda. SpaceSniffer secara signifikan lebih cepat dalam hal ini.

Tidak ada versi portabel yang tersedia untuk utilitas ini.


3. HDGraph

Tipe yang kurang umum dari disk space analyzer/visualizer adalah yang menarik direktori seperti gambar berikut.


Bergantung pada bagaimana anda berpikir dan memvisualisasikan sesuatu, ini mungkin melukiskan gambaran yang lebih jelas untuk anda atau membuat segalanya tampak lebih membingungkan. Ini semua masalah preferensi.

Anda tidak akan menemukan banyak fitur di HDGraph. Jika anda seorang minimalis, anda akan menyukai kenyamanan yang ditawarkan oleh kurangnya kekacauan dan kompleksitas. Namun, jika anda membutuhkan lebih banyak fitur, anda lebih baik dengan salah satu dari dua program pertama. Fungsionalitas dapat diringkas dalam beberapa kata. Alat menggambar direktori dalam lingkaran konsentris. Anda dapat mengklik kanan dan memilih direktori lain untuk memusatkan grafik di sekitar. Anda dapat mengubah kedalaman pemindaian, melihat properti direktori dan ukuran komponennya, atau membuka File Explorer di direktori.

Sama seperti program pertama dalam daftar ini, anda dapat menemukan versi aplikasi portabel.


4. Windows Storage Settings

Sementara itu dimulai sebagai aplikasi murni orientatif, disk space analyzer Windows sendiri telah berevolusi ke titik dimana ia layak disebutkan dalam daftar ini. Untuk membukanya, klik pencarian Cortana, ketik storage dan buka aplikasi Storage settings. Setelah anda memilih disk yang anda inginkan, anda akan disajikan dengan jendela yang terlihat seperti gambar berikut.


Tergantung pada bagian mana dari penggunaan ruang disk yang anda analisis, kini anda dapat mengambil tindakan yang sesuai dari dalam aplikasi ini. Jika anda melihat file sementara, anda dapat membersihkan apa yang tidak anda butuhkan: update windows lama, recycle bin, temporary program files, error log, dan sebagainya. Dalam System & reserved anda dapat men-tweak penggunaan System Restore, yang bisa cukup besar pada hard drive/SSD.

Utilitas ini memberi anda cara yang baik untuk mengelola ruang disk yang digunakan oleh system operasi atau hal-hal yang terintegrasi dengannya. Namun, sejauh fungsionalitasnya meluas. Anda tidak akan dapat menganalisis ruang disk yang digunakan oleh direktori acak yang anda miliki di drive anda.

Cara terbaik jika anda membutuhkan sesuatu yang lebih dalam menganalisa data anda, maka anda hanya dapat menginstal salah satu dari tiga aplikasi pertama dan menggunakannya bersama dengan tools bawaan Windows.

Bagaimana menurut anda? Apakah salah satu aplikasi di atas dapat membantu dan menjadi yang terbaik menurut anda? Berikan komentar anda dibawah untuk membagikan pengalaman anda dalam menggunakan salah satu tools disk space analyzer di atas. Terimakasih dan GBU.

No comments for "Cara Terbaik Menganalisa Disk Space Pada Windows 10/11"