Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Uninstall Update Office di Windows 10/11

 


Pengguna Windows dapat menguninstall update Office melalui Programs and Features di Control Panel. Namun, terkadang ada situasi dimana pengguna tidak dapat menggunakan Programs and Features untuk tugas tersebut. Alasan mengapa pengguna mungkin tidak dapat menggunakan Programs and Features di Control Panel untuk menguninstall update Office adalah sebagai berikut.

  • Hak akses yang terbatas: Jika pengguna tidak memiliki hak administrator, mereka mungkin tidak dapat menggunakan Programs and Features di Control Panel untuk menguninstall update Office.
  • Masalah pada Programs and Features: Terkadang, Programs and Features di Control Panel dapat mengalami masalah atau rusak, dan dalam kasus ini, pengguna tidak dapat menggunakannya untuk menguninstall update Office.


Dalam kasus seperti itu, pengguna masih dapat menguninstall update Office menggunakan command line di Windows 10 atau Windows 11. Berikut adalah cara menguninstall update Office di Windows 10 atau Windows 11 anda.



Uninstall Update Office di Windows 10/11


Jika ada update Office tertentu yang menyebabkan masalah pada fungsionalitas Microsoft Office yang terinstall di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, biasanya pengguna dapat membuka Control Panel dan menguninstall update Office melalui Programs and Features. Namun, terdapat beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi dan perlu memastikan apakah pembaruan Office dapat diuninstall melalui Control Panel.



1. Uninstall Update Office Melalui Programs and Features


Jika anda telah mengaktifkan Receive Updates for Other Microsoft products when you update Windows di Windows Update - Advanced options Settings Windows 10 atau Receive Updates for Other Microsoft products di Settings Windows 11 untuk mengupdate Microsoft Office melalui Windows Update, maka anda akan menemukan daftar update Office di Programs and Features.


Selain itu, untuk dapat menggunakan Control Panel untuk menguninstall update Office, komputer yang menjalankan Microsoft Office harus memenuhi persyaratan berikut ini.

  • Installer Microsoft Windows versi 3.1 atau yang lebih baru harus diinstall sebelum anda menginstall update removable Office.
  • Komputer anda harus menjalankan versi OS Windows yang lebih baru.


Untuk menentukan apakah anda dapat menguninstall update Office melalui Programs and Features, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik control dan tekan Enter untuk membuka Control Panel.
  • Di jendela Control Panel, ubah View by ke Large/Small icons dan pilih Programs and Features.
  • Selanjutnya, klik View installed updates di panel kiri.
  • Di halaman berikutnya, anda akan menemukan daftar update Office dan Windows.
  • Pilih Update Office yang menyebabkan masalah atau yang ingin anda uninstall dan klik Uninstall.
  • Kemudian klik Yes di jendela konfirmasi untuk melanjutkan proses uninstall update.
  • Setelah proses uninstall selesai, anda perlu merestart komputer anda.



Jika update dapat diuninstall, maka opsi Uninstall akan tersedia di bagian atas atau di menu konteks jika anda mengklik kanan pada update yang tercantum.



2. Uninstall Update Office Melalui Registry Editor


Meskipun tidak direkomendasikan atau didukung oleh Microsoft, anda dapat menguninstall upgrade Office yang ditandai sebagai Uninstallable dengan membuat key registry Uninstallable dengan nilai dword:00000001. Namun sebelum melanjutkan, pastikan anda telah membackup registry atau membuat system restore point terlebih dahulu. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Installer\UserData\S-1-5-18\Products\Office GUID\Patches\Compressed GUID

  • Di lokasi, klik kanan pada klik kanan pada ruang kosong di panel kanan, kemudian pilih New - DWORD (32-bit) Value dan beri nama dengan Uninstallable.
  • Setelah itu, klik dobel pada Uninstallable.
  • Di jendela edit dword, masukan 00000001 di kotak Value data dan klik OK untuk menyimpan pengaturan anda.
  • Setelah melakukan itu, anda dapat mencoba uninstall kembali update Office anda.



3. Uninstall Update Office Melalui Command Prompt


Ada beberapa update Office yang tidak dapat diuninstall melalui Programs and Features di Control Panel, seperti Service packs, update produk Office Server atau beberapa update untuk komponen bersama Office. Untuk itu, anda perlu menggunakan command line untuk melakukan ini. Berikut adalah langkah-langkah untuk menguninstall update.


Jika anda tidak dapat menguninstall update Office menggunakan wizard, maka anda dapat melakukannya melalui command line Windows Installer. Misalnya, untuk menghapus update, jalankan perintah berikut dibawah ini di Command Prompt.

msiexec /package {product_code} /uninstall "full_path_to_.msp_file" /qb

Di mana:
  • product_code mewakili product code GUID yang terkait dengan produk Office tempat anda menginstall update.
  • full_path_to_.msp_file mewakili path lengkap dari package update (file .msp).
  • Jika anda menggunakan tombol /qb, anda akan diminta jika update tidak dapat diuninstall dengan pesan di bawah ini.
Uninstallation of the patch package is not supported.
  • Jika anda menggunakan tombol /passive, anda tidak akan diminta jika update tidak dapat di-removable.
  • Alternatifnya, perintah dibawah ini dapat digunakan untuk menguninstall update Office.
%windir%\System32\msiexec.exe /package {Office GUID} /uninstall {Update GUID} /QN

Untuk perintah sintaks, anda harus menentukan GUID versi Office yang terinstall dan GUID update sebagaimana dirinci dalam dokumentasi Microsoft ini.

Sekarang, update Office yang akan anda lihat tercantum di halaman Programs and Features - View installed updates seperti yang ditampilkan di atas pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda dan akan menjadi penginstalan Office berbasis MSI.


Mengembalikan Build Number Microsoft 365 ke Sebelumnya

Instalasi Microsoft 365 menggunakan mekanisme update berbeda yang disebut instalasi Click-To-Run yang penting "always up to date" melalui cloud dan bukan melalui Windows Update. Semua edisi Office 2019 dan yang lebih baru serta instalasi lisensi non-volume Office 2016 dan yang lebih baru menggunakan teknologi Click-To-Run yang sama dengan Office sebagai bagian dari langganan Microsoft 365.

Dalam hal ini, anda tidak dapat menghapus atau menguninstall update Office untuk versi instalasi Office ini. Namun, anda dapat kembali ke build number Microsoft 365 sebelumnya (dari sebelum update). Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Pertama, nonaktifkan update Office karena instalasi Microsoft 365 diupdate secara otomatis di background.
  • Buka aplikasi Office apapun dan arahkan ke File - More - Account - Update Options - Disable Updates.
  • Selanjutnya, tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak admin.
  • Selanjutnya, tergantung versi Office anda, masukan perintah berikut dibawah ini dan tekan Enter.
    • Office 2016, Office 2019, Office 2021 dan Microsoft 365:
cd %programfiles%\Common Files\Microsoft Shared\ClickToRun\
    • Office 2013 di Windows 32-bit:
cd %programfiles%\Microsoft Office 15\ClientX86\
    • Office 2013 di Windows 64-bit:
cd %programfiles%\Microsoft Office 15\ClientX64\
officec2rclient.exe /update user updatetoversion=BuildNumber
  • Setelah perintah dijalankan, dialog Checking for updates akan segera terbuka diikuti dengan dialog Downloading Office updates. Setelah dialog ini ditutup, rollback telah selesai dan dialog Updates were installed sekarang akan ditampilkan.
  • Kemudian tutup untuk keluar.

Kini setelah anda menonaktifkan update Office otomatis, agar tidak ketinggalan security update yang baru dirilis dan perbaikan fitur lainnya atau bahkan fitur baru, pastikan untuk mengaktifkan kembali update sesegera mungkin.

Saya harap anda artikel ini membantu anda.

Sekian tutorial saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam menguninstall  update Office di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Uninstall Update Office di Windows 10/11"