Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error Your device is offline, Try a different sign-in method di Windows 10/11

 


Pesan Your device is offline, Try a different sign-in method di Windows ini adalah pesan error yang sering muncul ketika pengguna mencoba untuk login menggunakan Microsoft Account di system operasi Windows 10 atau Windows 11. Pesan ini juga dapat muncul saat mengakses layanan atau aplikasi online tertentu atau ketika server jarak jauh yang mengelola informasi user account mengalami masalah.



Perangkat anda mungkin terus memberitahu anda sedang offline ketika tidak dapat terhubung ke internet. Dalam beberapa kasus, kredensial masuk yang salah dan kesalahan dalam server juga dapat menyebabkan kesalahan ini. Namun, beberapa alasan lainnya adalah:


Perangkat anda mungkin terus memberitahu bahwa anda sedang offline ketika tidak dapat terhubung ke internet. Ada beberapa alasan yang dapat menyebabkan masalah ini, seperti kredensial login yang salah, kesalahan pada server atau masalah jaringan. Namun, ada juga faktor lain yang perlu dipertimbangkan, seperti masalah pada perangkat, masalah network adapter, kesalahan atau gangguan system, pengaturan jaringan yang salah dikonfigurasi dan masalah router. Oleh karena itu, sangat penting untuk memeriksa semua faktor ini sebelum menyimpulkan bahwa masalah tersebut disebabkan oleh kesalahan internet.



Memperbaiki Error Your device is offline, Try a different sign-in method


Untuk memperbaiki error Error Your device is offline, Try a different sign-in method, coba untuk memasukkan informasi login menggunakan metode yang berbeda. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan me-restart perangkat dan router anda. Namun, jika masih belum berhasil, menjalankan network diagnostic juga bisa menjadi pilihan yang bermanfaat. Berikut adalah beberapa solusi lain yang bisa anda lakukan.



1. Verifikasi Kredensial Akun


Pastikan bahwa anda memasukkan kredensial akun anda dengan benar yaitu user id dan password anda. Coba gunakan password lama anda dan periksa apakah anda berhasil login. Namun jika masih gagal, ikuti langkah-langkah untuk mereset password anda.




2. Periksa Status Server


Anda perlu memeriksa status Server Microsoft karena server mungkin sedang dalam pemeliharaan atau menghadapi downtime dengan memeriksanya disini. Anda juga dapat mengikuti @MSFT365Status di Twitter untuk memeriksa apakah mereka memposting tentang pemeliharaan yang sedang berlangsung. Jika banyak pengguna memiliki masalah yang sama, maka server mungkin menghadapi downtime.




3. Reset Pengaturan Network


Melakukan reset network pada Windows 10 atau Windows 11 akan menguninstall dan menginstall ulang semua driver network di komputer anda. Ini juga akan mereset semua pengaturan terkait ke default. Setelah anda melakukan itu, periksa apakah error Your device is offline, Try a different sign-in method di perangkat anda sudah diperbaiki atau belum.




4. Atur Entri Registry


Menghapus subkey yang salah di Registry Editor dapat membantu memperbaiki error login Windows. Sebelum anda melanjutkan, pastikan untuk membackup registry atau membuat system restore point. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini untuk menghapus subkey yang salah.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor, navigasikan ke jalur berikut dibawah ini.
HKEY_USERS\.DEFAULT\Software\Microsoft\IdentityCRL\StoredIdentities
  • Di lokasi, perluas key StoredIdentities.
  • Selanjutnya, hapus subkey yang salah yang ada di bawahnya dengan mengklik kanan pada subkey yang salah dan pilih Delete, kemudian klik Yes pada jendela konfirmasi.
  • Setelah itu, restart komputer anda setelah selesai dan coba login kembali dengan kredensial yang menyebabkan error.



5. Sign in dengan Local Account

Login dengan menggunakan local account dapat membantu mengatasi masalah sementara. Ini karena dengan local account, pengguna dapat login tanpa harus memasukkan password. Berikut adalah langkah-langkah untuk login menggunakan local account.

Di Windows 10:
  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows dan pilih Accounts di jendela Settings.
  • Selanjutnya, pilih Your info di panel kiri dan klik Sign in with a local account instead di panel kanan.


  • Di jendela baru yang muncul, klik Next dan masukkan PIN atau Password anda.
  • Perangkat anda sekarang akan sign out dan anda dapat login menggunakan local account anda.


Di Windows 11:
  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik Accounts di panel kiri dan klik Your info di panel kanan.
  • Selanjutnya, klik Sign in with a local account instead di panel kanan.


  • Di jendela yang muncul, klik Next dan masukkan PIN atau Password perangkat anda.
  • Perangkat anda sekarang akan sign out dan anda dapat login menggunakan local account anda.


6. Pecahkan Masalah dalam Clean Boot

Aplikasi pihak ketiga yang terinstall pada perangkat anda dapat menjadi penyebab kenapa anda tidak bisa login ke Microsoft Account anda. Jika anda mengalami masalah tersebut, maka salah satu solusinya adalah melakukan Clean Boot pada PC anda. Clean Boot akan membatasi semua aplikasi pihak ketiga yang ada pada system anda, sehingga mempermudah dalam menemukan aplikasi yang menyebabkan masalah. Berikut adalah cara melakukan CleanBoot pada PC anda.
  • Gunakan Search Windows untuk menemunkan dan membuka System Configuration.
  • Di jendela System Configuration, pilih tab General, kemudian pilih opsi Selective Startup dan beri ceklist pada Load System Services.


  • Selanjutnya, alihkan ke tab Services dan beri ceklist pada opsi Hide all Microsoft services.
  • Kemudian klik Disable all di pojok kanan bawah.


  • Setelah itu, klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.
  • Sekarang, restart komputer anda.

Jika masalah tidak terdeteksi pada saat melakukan Clean Boot, maka solusinya adalah dengan mengaktifkan proses yang dinonaktifkan satu per satu secara manual sambil nerestart komputer anda untuk masuk ke Normal mode dan melihat apa yang menyebabkan masalah. Setelah mengidentifikasi sumber masalah, anda dapat menonaktifkan atau menguninstall software tersebut.


Sekian tutorial kali ini. Saya berharap artikel ini berguna dan membantu anda dalam memperbaiki error Your device is offline, Try a different sign-in method di system operasi Windows 10 atau Windows 11 Anda. Jangan ragu untuk memberikan komentar dan berbagi pengalaman anda setelah mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error Your device is offline, Try a different sign-in method di Windows 10/11"