Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error 30016-22 Saat Install Office

 


Ketika mencoba menginstall Microsoft Office, banyak pengguna mengeluh bahwa mereka terus mendapatkan Error Code 30016-22. Error yang sama juga terjadi ketika pengguna hendak mengupdate Microsoft Office 365. Saat masalah ini terjadi, anda akan melihat pesan error lengkap seperti berikut ini.

Something went wrong.

Sorry, we ran into a problem.

Error Code: 30016-22



Error code 30016-22 biasanya terjadi saat pengguna mencoba menginstall atau mengupdate Office 365. Error ini terutama terjadi karena konflik registry dan alokasi ruang yang tidak mencukupi. Alasan lain yang dapat menyebabkan terjadi error adalah koneksi internet yang tidak stabil, gangguan aplikasi pihak ketiga dan juga karena file instalasi yang rusak atau out of date.


Jika anda juga mengalami masalah ini secara terus-menerus, maka artikel ini dapat membantu anda memperbaikinya dengan mengikuti beberapa metode perbaikan berikut ini.



Memperbaiki Error 30016-22 Saat Install Office


Untuk memperbaiki error ini, langkah awal yang dapat anda coba adalah merestart komputer anda dan mencoba menginstall kembali Office anda. Jika hal ini tidak menyelesaikan error 30016-22 ini, maka ikuti metode perbaikan selanjutnya berikut ini.



1. Gunakan Microsoft Support and Recovery Assistant


Anda dapat mencoba menggunakan Microsoft Support and Recovery Assistant untuk menyelesaikan masalah terkait Office 365, Outlook, OneDrive dan masalah terkait Office lainnya. Tool ini dapat membantu anda menyelesaikan masalah dengan aktivasi Windows, update, upgrade, instalasi atau uninstall Office, email Outlook, folder dan lainnya. Jadi, silakan jalankan tool ini dan lihat apakah dapat membantu anda mengatasi masalah yang sedang anda hadapi. Anda dapat menggunakan versi Command Line dari Microsoft Support and Recovery Assistant jika anda menyukainya.




2. Kosongkan Ruang Disk Anda


Jika disk tempat anda mencoba menginstall Office tidak memiliki cukup ruang, maka operasi instalasi maupun update mungkin gagal. Oleh karena itu, anda perlu membersihkan dan membuat ruang pada disk anda. Anda dapat menggunakan Disk Cleanup untuk melakukan tugas ini. Dengan menggunakan opsi ini, anda dapat menghapus semuanya kecuali system restore point terbaru, Windows Update Cleanup, Previous Windows installations dan lainnya. Jika anda pengguna Windows 11, maka anda juga dapat memanfaatkan fitur Cleanup Recommendations untuk membersihkan ruang disk anda.



Setelah anda membersihkan dan membuat ruang pada disk anda, coba install kembali Office dan periksa apakah masalah sudah diperbaiki atau belum.



3. Hapus Subkey Registry Office


Jika error 30016-22 masih belum diperbaiki, maka kemungkinan subkey registry Office anda tidak terinstal dengan benar. Untuk memperbaikinya, langkah terbaik yang harus diambil adalah menghapus subkey tersebut.


Perhatikan bahwa, menghapus subkey ini sangatlah mudah dan tidak menimbulkan masalah pada system anda. Namun, untuk menghindari kesalahan yang tidak disengaja di jendela Registry Editor, saya sarankan anda membackup registry atau membuat system restore point terlebih dahulu. Setelah itu ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menghapus subkey registry Office.

  • Buka Registry Editor dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Office

  • Sekarang, hapus semua subkey di bawah key Office dengan mengklik kanan pada masing-masing subkey dan pilih Delete.
  • Kemudian klik Yes di jendela konfirmasi.
  • Setelah semua subkey di hapus, tutup Registry Editor dan restart komputer anda.


Sekarang, install kembali Office dan lihat apakah anda dapat menginstallnya dengan sukses.


4. Nonaktifkan Sementara Antivirus Pihak Ketiga

Jika anda mengalami kesulitan saat menginstall Office di perangkat anda, kemungkinan penyebabnya adalah adanya gangguan dari software antivirus pihak ketiga yang terinstal di system anda. Untuk mengatasi masalah ini, anda dapat mencoba menonaktifkan software antivirus anda untuk sementara waktu dan memeriksa apakah error masih terjadi.


Jika menonaktifkan software antivirus tidak berhasil, anda dapat mencoba menguninstall software antivirus untuk sementara waktu dan mencoba menginstall kembali Office. Selain itu, jika anda menggunakan VPN saat menginstall Office, coba untuk menonaktifkan/menghapus VPN tersebut karena dapat menyebabkan masalah yang sama.

Pastikan untuk mengaktifkan kembali software antivirus atau VPN setelah selesai menginstall Office agar perangkat anda tetap terlindungi dengan baik.


5. Install Office dalam Clean Boot

Aplikasi lain yang sudah terinstall pada perangkat anda mungkin menjadi penyebab mengapa anda tidak dapat menginstall Microsoft Office di perangkat Windows anda. Untuk membatasi semua aplikasi pihak ketiga, anda dapat melakukan Clean Boot pada PC anda dan mencoba menginstall kembali Office.


Jika tidak ada error yang muncul saat menginstall Office di Clean Boot, maka ada aplikasi lain yang menyebabkan error ini. Anda dapat menemukan pelaku tersebut dan menyingkirkannya jika anda mau untuk menghindari error yang sama dikemudian hari. Untuk itu, anda perlu mengaktifkan satu per satu proses secara manual dan mencari tahu mana yang menyebabkan masalah. Setelah anda mengidentifikasi penyebabnya, anda dapat menonaktifkan atau menguninstall software yang bersangkutan.


6. Perbaiki Instalasi Office

Jika metode diatas tidak berhasil mengatasi masalah anda, maka pertimbangkan untuk memperbaiki Office secara online. Ini telah terbukti efektif dalam membantu sebagian besar pengguna mengatasi error yang sama. Berikut adalah cara melakukan perbaikan online.
  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik control dan tekan Enter untuk membuka Control Panel.
  • Di jendela Control Panel, ubah View by ke Category dan klik Uninstall a Program di bawah bagian Programs.
  • Di halaman berikutnya klik Microsoft Office dari daftar program yang muncul dan klik Change.
  • Utilitas Microsoft Office Repair akan terbuka.
  • Kemudian, anda dapat memilih Online Repair dan dan klik Repair untuk menjalankan perbaikan Office secara online.
  • Setelah itu, restart Microsoft Office anda untuk melihat apakah masalah telah diperbaiki atau tidak.


Untuk pengguana Microsoft 365 anda dapat menggunakan Command Prompt untuk melakukan perbaikan.


Semoga anda berhasil!

Sekian tutorial saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 30016-22 saat install Office di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error 30016-22 Saat Install Office"