Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengaktifkan Pengaturan Energy Recommendations di Windows 11

 


Microsoft memperkenalkan fitur Energy Recommendations untuk system operasi Windows 11 dengan update Insider Build-nya. Jika anda ingin mengakses fitur ini di build stabil reguler, maka artikel ini akan membantu anda mengaktifkannya.


Fitur ini dapat di temukan di halaman System - Power & Battery di jendela Settings Windows. Dengan mengaktifkan fitur ini, anda dapat mengoptimalkan konsumsi daya pada komputer Windows 11 anda.



Apa itu Energy Recommendations di Windows 11?


Microsoft mengumumkan fitur baru yaitu Energy Recommendations pada build Windows 11 Insider. Fitur ini memberikan solusi untuk mengoptimalkan penggunaan energi dan memperpanjang masa pakai baterai, sekaligus mengurangi emisi dan membantu mengurangi jejak karbon.


Bagi pengguna yang menjadi bagian dari Microsoft Windows 11 Insider, Energy Recommendations dapat diakses melalui aplikasi Settings Windows. Caranya adalah dengan membuka Settings dengan menekan tombol Win + I, kemudian pilih Siystem di panel kiri dan klik pada Power & Battery. Di halaman berikutnya di panel kanan, anda akan menemukan opsi Energy Recommendations.


Setiap tips atau saran yang ditampilkan dapat diterapkan dengan mengklik Apply yang tersedia sehingga, anda dapat mengoptimalkan penggunaan energi dan mengurangi jejak karbon dengan mudah.



Cara Mengaktifkan Halaman Pengaturan Energy Recommendations di Windows 11


Jika anda tidak menjadi bagian dari Windows Insider tetapi ingin mengaktifkan halaman Energy Recommendations di PC Windows 11 anda, maka berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk melakukannya.


Seperti yang telah dijelaskan diatas, halaman pengaturan Energy Recommendations hanya tersedia untuk Windows Insider pada saat ini. Untuk mengaktifkannya pada build reguler dari Windows 11, maka anda perlu menggunakan bantuan tool pihak ketiga yang bernama ViveTool. Tool ini akan membantu anda mengaktifkan halaman Energy Recommendations di jendela Settings Windows 11 anda.


Ikuti langkah-langkah berikut untuk menagtifkan fitur Energy Recommendations di Windows 11.

  • Jadi, langkah pertama anda adalah mendownload ViveTool dari GitHub. Ini adalah file zip kecil berukurang 367 KB yang tentunya tidak akan menggerogoti data anda.


  • Setelah anda mendownloadnya, anda perlu mengekstrak file zip tesebut. Anda bebas menggunakan tool apa saja untuk melakukan itu. Setelah file zip diekstrak, buka folder yang diekstrak dan copy path folder di address bar.
  • Langkah selanjutnya andalah membuka Command Prompt dengan hak administrator dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter. Anda juga dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin dan memilih Command Prompt.
  • Di jendela Command Prompt, ketik cd, kemudin tekan tombol Spasi dan paste path folder yang telah anda copy tadi. Stelah itu tekan Enter untuk menjalankan perintah. Anda dapat melihat contoh peritah dibawah ini.
cd C:\Users\user_name\Downloads\ViVeTool-v0.3.2
  • Perintah diatas akan membuka folder ViveTool di Command Prompt.
  • Selanjutnya, masukan perintah berikut satu per satu dan tekan Enter setelah memasukan setiap perintah.
vivetool /enable /id:39427030

vivetool /enable /id:41249924
  • Setelah kedua perintah dijalankan, restart komputer anda.


Setelah anda kembali, anda akan menemukan halaman pengaturan Energy Recommendations di aplikasi Settings Windows 11 anda dan anda dapat menggunakannya untuk mengoptimalkan pengaturan energi di komputer anda.



Microsoft sedang berusaha untuk memperkenalkan pengaturan baru pada Windows 11 untuk memastikan pemborosan energi dapat dikurangi. Ini dapat dicapai melalui pengaturan Sustainable, Green, Power Efficient. Anda juga dapat langsung mengaktifkan halaman pengaturan Energy Recommendations di Windows 11 menggunakan ViveTool.


Semoga bermanfaat untuk anda!
Terima kasih sudah mengikuti tutorial saya untuk mengaktifkan halaman pengaturan Energy Recommendations di Windows 11. Saya berharap bahwa ini bermanfaat bagi anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar dan berbagi pengalaman anda setelah mengikuti tutorial ini. Terima kasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Mengaktifkan Pengaturan Energy Recommendations di Windows 11"