Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error CAA5004B Microsoft Teams di Windows 10/11

 


Beberapa pengguna melaporkan bahwa mereka tidak dapat log in ke Microsoft Teams dan melihat error CAA5004B. Error ini mirip dengan yang mungkin anda lihat di Microsoft Outlook. Pada artikel ini, anda akan mendapatkan solusi untuk memperbaiki error CAA5004B pada Microsoft Teams ini.


Saat anda mengalami masalah ini, anda akan melihat pesan error lengkap seperti berikut ini.

Something went wrong

We couldn’t sign you in. If this error persists, contact your system administrator and provide the error code CAA5004B.




Memperbaiki Error CAA5004B Microsoft Teams


Jika anda mendapat error CAA5004B saat mencoba log in ke Microsoft Teams, maka ikuti beberapa solusi yang disebutkan di bawah ini untuk mengatasi masalah tersebut:



1. Nonaktifkan VPN, Antivirus dan Firewall


Penting untuk memastikan bahwa VPN anda dinonaktifkan dan baik Firewall maupun software antivirus anda tidak mencegah aplikasi beroperasi dengan benar. VPN dianggap sebagai tool terbaik untuk berselancar online secara anonim, namun mengaktifkannya cenderung menimbulkan kebingungan dan kemudian menampilkan pesan error semacam itu. Dan terkadang, software antivirus dan Firewall mendeteksi file aplikasi dan memblokirnya sehingga menghasilkan error code ini. Jika anda ingin menonaktifkan Windows Security, anda dapat membaca artikel ini.




2. Buat Password Baru Microsoft Teams


Jika anda tidak dapat masuk dan mengakses organisasi dan sudah log out kemudian log in kembali tetapi tidak ada kemajuan, maka ubah password Microsoft Teams anda. Mengubah password akan menambahkan akun anda sebagai akun resmi di database Microsoft Teams. Sekarang, log in dengan password baru anda dan lihat apakah masalahnya masih ada atau di perbaiki.



3. Hubungkan Kembali Akun Microsoft Teams Anda di Windows


Error mungkin mengganggu anda jika Microsoft Teams tidak termasuk dalam Windows Account Manager. Alasan utama di balik ini adalah bahwa Microsoft Teams menyinkronkan detail akun dari pengelola akun Windows tetapi karena tidak ada informasi disana, maka Microsoft Teams menganggap akun anda sebagai upaya log in yang tidak sah. Untuk mengatasi masalah ini, ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menghubungkan kembali akun Microsoft Teams anda di Windows 10 atau Windows 11.

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, pilih Accounts dan klik Access work or school.
  • Sekarang, temukan akun yang anda gunakan untuk Teams dan putuskan sambungannya.
  • Setelah sekitar 30 detik, hubungkan kembali dan tambahkan akun secara manual jika tidak terdaftar di Work or School.



Pastikan untuk menghapus cache (lihat metode berikutnya) kemudian luncurkan kembali Microsoft Teams dan periksa masalahnya.



4. Hapus File Cache


Anda mungkin mengalami masalah jika file cache Microsoft Teams rusak. Menghapus file cache tidak hanya akan menggantikan file yang rusak tetapi juga menghapus data log-in, sehingga menawarkan anda daftar bersih untuk proses log-in baru. Berikut adalah cara anda dapat melakukan hal ini.

  • Tutup Microsoft Teams dengan benar dan menghentikan prosesnya dari Task Manager.
  • Selanjutnya, tekan tombol Win + R, kemudian masukan path berikut ini dan tekan Enter.
%appdata%\Microsoft\Teams
  • Di lokasi di File Explorer, hapus folder Cache, Local Storage, application cache, blob_storage, databases, GPUcache, IndexedDB dan tmp. Jika anda tidak dapat menemukan beberapa folder, lewati saja.
  • Setelah itu, luncurkan kembali Microsoft Teams dan lihat apakah anda dapat log in atau tidak.




5. Bergabunglah Dengan Group Kembali atau Minta Admin untuk Mengundang Anda Kembali

Jika menghapus file cache tidak berjalan seperti yang anda rencanakan, maka tinggalkan group dan bergabung kembali atau meminta admin group untuk menghapus anda dan mengundang anda kembali ke group. Setelah admin mengundang anda kembali, coba log in dan lihat apakah masalah teratasi atau tidak.


6. Install Ulang Microsoft Teams

Jika tidak ada yang berhasil, upaya terakhir anda adalah menginstall ulang Microsoft Teams sepenuhnya dan kemudian melakukan penginstalan baru yang sama. Penginstalan baru akan memungkinkan aplikasi untuk menginstall setiap file yang hilang jika ada dan tidak akan rusak. Untuk melakukan hal yang sama, ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings,  pilih Apps dan kemudian klik Installed apps (untuk Windows 11) atau Apps & features (untuk Windows 10).
  • Kemudian, temukan Microsoft Teams.
  • Selanjutnya, klik menu tiga titik dan pilih Uninstall (untuk Windows 11) atau klik pada aplikasi dan pilih Uninstall (untuk Windows 10).
  • Sekali lagi klik tombol Uninstall untuk mengonfirmasi tindakan anda.
  • Sekarang, buka websitenya dan install ulang Microsoft Teams. Atau anda dapat menginstallnya dari Microsoft Store.



Mudah-mudahan, ini akan melakukan pekerjaan.

Sekian tutorial saya kali ini! Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Error CAA5004B Microsoft Teams di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Jika anda menemukan solusi lainnya yang tidak disebutkan diatas, maka jangan lupa untuk berbagi. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error CAA5004B Microsoft Teams di Windows 10/11"