Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error Code 0x3000046 Remote Desktop di Windows 10/11

 


Saat anda mencoba membuat remote connection di komputer Windows 10 atau Windows 11, anda mungkin mendapatkan error code 0x3000046. Masalah ini biasanya terjadi saat menyambungkan ke Windows Virtual Desktop (WVD) melalui client Windows (dalam beberapa kasus, melalui client web) dan anda mungkin mendapatkan error code 0x3000047 sebagai gantinya. Jika demikian, maka artikel ini dimaksudkan untuk membantu pengguna PC yang terkena dampak dengan solusi yang paling sesuai untuk menyelesaikan masalah ini. 


Saat anda mengalami masalah ini, anda akan menerima pesan error lengkap seperti berikut dibawah ini.

Remote Desktop

We couldn’t connect because there are currently no available resources. Try again later or contact tech support for help if this keeps happening.

Error code: 0x3000046



Ketika masalah ini terjadi, pengguna tidak dapat menyambung ke desktop virtual pribadi (dengan direct assignment) saat host pool dan session host dibuat dari portal baru untuk Azure Virtual Desktop (AVD) alias WVD v2.



Memperbaiki Error Code 0x3000046 Remote Desktop


Jika anda mendapatkan error code 0x3000046 Remote Desktop pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda dapat mencoba solusi yang saya rekomendasikan di bawah ini tanpa urutan tertentu dan melihat apakah itu membantu menyelesaikan masalah di komputer anda.


Satu-satunya solusi untuk memperbaiki masalah koneksi Remote Desktop ini adalah memulai VM secara manual dari portal Azure, yang akan baik-baik saja jika masalahnya tidak berulang atau hanya mempengaruhi 1 atau 2 pengguna. Jika itu yang terjadi pada anda, lanjutkan dengan solusi di bawah ini.



1. Konfigurasikan UPN Agar Sama di On-prem DC dan Azure AD


Solusi untuk error code 0x3000046 Remote Desktop ini mengharuskan anda memastikan UPN sama di  On-prem Domain Controllers dan Azure AD. Dan pastikan juga UPN O365 sama dengan User Logon Name di Active Directory local.


Untuk mengonfigurasi UPN agar sama di On-prem DC dan Azure AD, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka Active Directory Domains and Trusts.
  • Di panel kiri jendela baru, klik kanan pada Active Directory Domains and Trusts dan pilih Properties dari menu konteks.
  • Di bidang Alternative UPN suffixes, ketik sufiks domain dari pengguna yang diizinkan untuk menggunakan WVD dan klik Add.


  • Selanjutnya, ubah properties untuk user logon name di bawah tab Account dari masing-masing pengguna dari (misalnya) username@contoso.local menjadi username@domain.tld  (seperti yang dimiliki pengguna di pemilik O365/AAD).


  • Simpan perubahan dan keluar.


Setelah selesai, coba kembali remote desktop connection. Masalahnya harus diselesaikan sekarang.



2. Tambahkan Pengguna ke Group Remote Desktop Users


Solusi ini mengharuskan anda untuk menambahkan pengguna yang mengalami masalah ini ke group Remote Desktop Users. Untuk menambahkan pengguna sebagai anggota Remote Desktop Users di komputer WVD, lakukan hal berikut ini.

  • Gunakan Search Windows di taskbar untuk membuka Administrative Tools.
  • Kemudian klik dobel pada Computer Management untuk membukanya.
  • Di jendela Computer Management, perluas System tools, kemudian perluas Local Users and Groups dan klik Groups.
  • Selanjutnya, klik dobel pada Remote Desktop Users.
  • Di jendela properties, klik Add.
  • Di kotak Select Users, klik Locations untuk menentukan lokasi pencarian.


  • Setelah itu, klik Object Types untuk menentukan tipe objek yang ingin anda cari.
  • Kemudian di kotak Enter the object names to select (examples), ketikkan nama yang ingin anda tambahkan dan klik Check Names.


  • Setelah nama pengguna muncul, klik OK untuk menyimpannya.



3. Tetapkan Pengguna ke Personal Desktop Menggunakan PowerShell


Untuk menetapkan pengguna ke personal desktop menggunakan PowerShell, ikuti langkah-langkah berikut ini.


Download dan Install Visual Studio Code for AVD Management.


Setelah menginstalanya, anda perlu mengonfigurasi PowerShell di Visual Studio Code for AVD. Ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukannya.

  • Tekan tombol Ctrl + P (Quick-Open) untuk meluncurkan opsi Search.
  • Di Quick-Open, ketik ext install powershell dan tekan Enter.
  • Pilih Powershell Extension for Visual Studio Code (Skrip PowerShell dalam kode Visual Studio).
  • Kemudian klik Install untuk melanjutkan.
  • Setelah itu, jalankan perintah berikut satu per satu di PowerShell atau Terminal Windows.


Install-Module -Name Microsoft.RDInfra.RDPowerShell

Install-Module -Name Az.DesktopVirtualization -RequiredVersion 2.1.0

Import-Module -Name Microsoft.RDInfra.RDPowerShell

  • Selanjutnya, jalankan perintah berikut satu per satu untuk memilih subscription yang sesuai.

Connect-AzAccount

Get-AzSubscription | Out-GridView -PassThru | Select-AzSubscription

Update-AzWvdHostPool -ResourceGroupName WVD-Resource-Group -Name HostPool -StartVMOnConnect:$True

  • Setelah selesai, anda sekarang dapat menjalankan perintah PowerShell di bawah ini untuk menetapkan pengguna ke personal desktop. Ganti semua variabel berikut dengan hostpoolname, sessionhostname, resourcegroupname dan userupn dengan yang sebenarnya.

Update-AzWvdSessionHost -HostPoolName $hostpoolname -Name $sessionhostname -ResourceGroupName $resourcegroupname -AssignedUser $userupn

  • Setelah menjalankan semua perintah, tutup PowerShell.


4. Tetapkan Personal Desktop untuk Pengguna dari Portal Baru AVD

Alternatif untuk Solusi 3 di atas adalah anda dapat menetapkan personal desktop ke pengguna dari portal baru AVD. Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk melakukannya.
  • Cari Azure Virtual Desktop menggunakan kotak Search dan klik pada Azure Virtual Desktop yang muncul.
  • Di halaman berikutnya pilih Personal Host Pool.
  • Pilih Session Hosts personal desktop.
  • Arahkan ke kanan hingga anda melihat kolom Assigned user.
  • Klik link (Assign) dan pilih pengguna (direct assignment).

Sekarang, pengguna dapat mencoba remote desktop connection kembali dan kali ini, koneksi harus berhasil.


Semoga membantu anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang 4 cara menggunakan Remote Desktop Windows dengan baik atau 5 aplikasi Screen Sharing terbaik untuk Windows.

Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error code 0x3000046 Remote Desktop di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error Code 0x3000046 Remote Desktop di Windows 10/11"